Diperbaharui pada Selasa, 1 Agustus 2023 | 11:54

10 Aplikasi Absensi Kerja dan Managemen Karyawan Terbaik 2023

aplikasi managemen karyawan terbaikFoto: Pexels

Pemakaian aplikasi HRIS (Human Resource Information System) pada banyak usaha dan perusahan dewasa ini semakin menguatkan pentingnya adaptasi teknologi dalam membangun sistem kerja yang baik, terutama dalam konteks managemen karyawan.

Sistem absensi dan managemen karyawan ini menjadi salah satu elemen penting, terutama bagi pemilik usaha, untuk memantau kinerja karyawan, dan memastikan kehadiran mereka, serta performa selama bekerja.

Aplikasi Absensi dan Managemen Kerja Terbaik

Pemilik usaha toko seperti mini market, atau restoran dan kafe, dapat menerapkan sistem ini. Melihat dari sisi fleksibilitas yang ditawarkannya, banyak manfaat yang bisa didapatkan, sehingga bisa menjadi salah satu solusi IT dalam membangun sistem jaringan kerja.

Aplikasi absensi membutuhkan sambungan internet untuk bisa digunakan, jadi dengan adanya smartphone yang pada umumnya selalu menjadi gawai harian setiap karyawan, maka proses absensi dapat dilakukan dengan mudah.

Kehadiran aplikasi absensi akan memudahkan staf HR dalam mengumpulkan data kehadiran secara akurat. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi absensi dan managemen kerja terbaik.

1. SleekrHR

10 Aplikasi Absensi Kerja dan Managemen Karyawan Terbaik 2023-1Foto: Google Play Store

SleekrHR adalah salah satu "tetua" di dunia aplikasi absensi online. Diluncurkan pada tahun 2015, SleekHR menyediakan fitur-fitur canggih seperti pengelolaan payroll beserta klaim, hingga facial recognition.

Berbagai fitur terintegrasi dan inovasi yang ditawarkan aplikasi ini pun membuatnya digemari oleh mayoritas staf HR, mulai dari usaha tingkat UKM, hingga perusahaan besar.

2. KaryaOne

10 Aplikasi Absensi Kerja dan Managemen Karyawan Terbaik 2023-2Foto: Google Play Store

KaryaOne adalah aplikasi HRIS yang mempunyai lebih dari 5000 karyawan terdaftar dan 50 manajer HR di berbagai perusahaan. Klien KaryaOne pun tidak sembarang perusahaan, mulai dari perbankan, hingga usaha restoran UKM.

Dengan memakai KaryaOne, maka pemilik usaha bisa menghemat biaya operasional dengan mengandalkan fitur seperti presensi lewat hp, manajemen absensi karyawan, hingga menyusun jadwal kerja shift yang praktis.

3. LinovHR ESS

10 Aplikasi Absensi Kerja dan Managemen Karyawan Terbaik 2023-3Foto: Google Play Store

Aplikasi satu ini cocok untuk kantor, perusahaan, atau usaha UKM seperti mini market, restoran dan kafe, yang tidak mau membebani pekerjaan divisi IT. LinovHR ESS sudah menggunakan sistem komputasi awan (cloud) untuk mengelola data karyawan, termasuk kehadiran dan penggajian.

Aplikasi absensi karyawan ini bahkan sudah bisa memantau lokasi para karyawan saat berada di luar tempat usaha. Beberapa perusahaan besar yang memakai LinovHR ESS di antaranya adalah Smartfren, ILOTTE, hingga Advan.

4. SmartPresence Dash

10 Aplikasi Absensi Kerja dan Managemen Karyawan Terbaik 2023-4Foto: Google Play Store

Selanjutnya, ada SmartPresence Dash yang sudah dibekali fitur face pattern recognition dan face validation. Dengan aplikasi ini, pemilik usaha bisa mengelola daftar kehadiran karyawan, menyusun jadwal kerja, sampai melakukan berbagai kebutuhan komputasi secara otomatis.

Informasi lain seperti durasi kerja per karyawan pun tercatat di sini. Karena sudah menggunakan sistem komputasi cloud, komputer atau laptop yang dipakai oleh tim HR untuk menginstal aplikasi SmartPresence Dash pun tidak bakal terbebani memori penyimpanannya.

5. GadjianKu

10 Aplikasi Absensi Kerja dan Managemen Karyawan Terbaik 2023-5Foto: Google Play Store

Selain SleekHR, GadjianKu adalah aplikasi karyawan online populer lainnya yang tidak asing bagi staf HR. Berbagai fitur bisa didapatkan dalam satu platform, antara lain data kehadiran karyawan, shift kerja, penggajian, lembur, THR, PPh21, BPJS, hingga status karyawan kontrak.

Keunikan lain yang bisa dirasakan oleh pemilik usaha dari aplikasi GadjianKu adalah analisis untuk menentukan strategi bisnis sesuai penilaian produktivitas dari setiap karyawannya.

6. Hadirr

10 Aplikasi Absensi Kerja dan Managemen Karyawan Terbaik 2023-6Foto: Google Play Store

Usia aplikasi Hadirr memang jauh lebih muda bila dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi absensi dan managemen karyawan sebelumnya, tetapi fitur yang ditawarkan tidak kalah lengkap, kok!

Hadirr yang pertama kali dirilis pada 2017, memperkenalkan sejumlah fitur seperti face recognition, hingga mendata kehadiran karyawan berdasarkan lokasi, untuk memudahkan pemilik usaja dalam melakukan pemantauan kinerja karyawan.

Staf HRD yang memakai aplikasi Hadirr pun diberikan keleluasaan seperti akses check-in dan check-out karyawan. Bukan hanya itu, aplikasi HRIS ini juga bisa mencatat jam kerja karyawan secara real-time.

7. Boss Pintar for Employee

10 Aplikasi Absensi Kerja dan Managemen Karyawan Terbaik 2023-7Foto: Google Play Store

Selain dibekali fitur face recognition, aplikasi Boss Pintar for Employee menghadirkan validasi absensi lewat swafoto alias selfie. Fitur-fitur lainnya termasuk data kehadiran online, pencatatan lokasi, jejak trip mobilisasi karyawan, informasi jam kerja dan lembur, penggajian, sampai inventaris karyawan.

Boss Pintar for Employee punya target pasar perusahaan atau usaha UKM dengan mobilitas tinggi seperti toko atau restoran. Selain versi berbayar, platform ini menyediakan versi trial selama satu tahun untuk maksimum 3 orang karyawan.

8. Absenku Profesional

10 Aplikasi Absensi Kerja dan Managemen Karyawan Terbaik 2023-8Foto: Google Play Store

Absenku Profesional menawarkan performa yang bisa diandalkan dalam mengelola absensi karyawan. Selain itu, aplikasi ini mengklaim dapat mengatasi kerepotan tim HR dan finance dalam urusan slip gaji, laporan aktivitasi karyawan, hingga check-in dan check-out.

Pemilik usaha yang mau mencoba aplikasi absensi karyawan ini, bisa mengakses website-nya terlebih dulu untuk mencoba penawaran trial selama 30 hari. Lantas kalau ingin melanjutkan, paketnya tersedia mulai dari Rp 300.000 (15 karyawan) hingga Rp 1.600.000 (250 karyawan).

9. Talenta

10 Aplikasi Absensi Kerja dan Managemen Karyawan Terbaik 2023-9Foto: Google Play Store

Aplikasi Talenta punya jumlah unduh terbanyak dengan total instalasi hingga lebih dari 50.000 kali. Salah satu keunggulan yang ditawarkan Talenta adalah kemudahannya untuk mengelola pekerjaan di dalam 1 aplikasi, baik untuk karyawan maupun staf HR.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur live chat yang memungkinkan pengguna untuk bertanya pada customer service saat mengoperasikan aplikasi. Fitur lainnya yang ada di Talenta meliputi manajemen gaji dan database karyawan berbasis cloud.

10. Jojo Times

10 Aplikasi Absensi Kerja dan Managemen Karyawan Terbaik 2023-10Foto: Google Play Store

Aplikasi karyawan online terakhir yang menjadi rekomendasi kami adalah Jojo Times yang sudah eksis sejak tahun 2014. Aplikasi ini merupakan salah bagian dari Jojonomic, selain Jojo Expense (khusus untuk reimbursement) dan Jojo Payroll (khusus untuk penggajian).

Jojo Times dirancang khusus untuk mengatur kehadiran karyawan secara online. Untuk menggunakan aplikasi ini, pemilik usaha bisa mencoba dulu versi trial, sebelum memutuskan untuk memakan yang versi premium.

Itulah rekomendasi aplikasi absensi dan managemen karyawan terbaik yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik usaha untuk menamtau konerja dan performa karyawan secara online. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.