Diperbaharui pada Rabu, 13 Januari 2021 | 12:30

6 Aplikasi Kesehatan Terbaik, Konsultasi Dokter Gratis

Oleh Nur Abdillah

Foto: Pixabay

Di masa Pandemi seperti sekarang, sangat sulit untuk membedakan gejala flu biasa dengan gejala virus Corona. Jadi jangan ragu untuk mendatangi dokter untuk berkonsultasi.

Apalagi saat ini untuk konsultasi dokter juga bisa dilakukan dari rumah tanpa harus mendatangi rumah sakit atau klinik. Pasalnya, sudah tersedia aplikasi kesehatan yang memungkinkan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter melalui hp.

Anda bisa bertanya apa pun mengenai kesehatan, gejala yang sedang dialami atau lainnya. Sekaligus menambah pengetahuan dengan membaca konten-konten kesehatan yang ada didalamnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar aplikasi kesehatan yang bisa dimanfaatkan untuk konsultasi dokter secara online.

1. KlikDokter

aplikasi klikdokterFoto: Google Play

KlikDokter adalah salah satu aplikasi kesehatan yang bisa digunakan untuk konsultasi dokter yang betul-betul dijalankan oleh tim redaksi medis. Tim redaksi medis tersebut terdiri atas dokter-dokter yang kompeten.

Aplikasi ini menawarkan fitur utama berupa konten kesehatan. Berbagai konten tersebut  ditangani secara langsung oleh dokter sehingga bisa dipertanggungjawabkan. 

Untuk fitur lainnya ialah fitur telemedik yang terdiri atas e-consultation serta live chat baik dengan dokter umum maupun dokter spesialis. Ada juga fitur directories mengenai rumah sakit, obat-obatan serta penyakit.

Sementara mengenai pelayanan dan beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi satu ini ialah sebagai berikut:

  • Para pengguna bisa melakukan konsultasi secara gratis selama 24 jam.
  • Terdapat Health Tools yang mempermudah pengguna dalam memeriksa kondisi kesehatan termasuk kalender kehamilan serta kalender kesuburan.
  • Informasi tentang obat-obatan yang mencakup kegunaan berikut dengan efek samping serta dosis yang biasa digunakan.

2. Alodokter

aplikasi alodokterFoto: Google Play

Untuk aplikasi Alodokter, ada 5 fitur utama yang ditawarkan, yakni fitur chat dengan dokter, merekomendasikan rumah sakit serta dokter yang dibutuhkan.

Ada juga layanan rekam medis yang bisa ditambah atau disimpan, daftar obat serta penyakit terkini dan juga berbagai artikel kesehatan yang bisa dipertanggungjawabkan.

Selain menawarkan fitur-fitur unggulan, aplikasi Alodokter juga memberikan kelebihan yang terdiri atas:

  • Tim dokter yang kompeten dan termasuk dalam Ikatan Dokter Indonesia.
  • Dokter-dokter yang siap siaga dalam melayani pengguna.
  • Konsultasi terdiri atas 3 jenis yakni konsultasi gratis, konsultasi yang berbayar untuk dokter umum serta konsultasi yang berbayar untuk dokter spesialis.
  • Terdapat banyak dokter ahli.

3. Halodoc

aplikasi halodocFoto: Google Play

Aplikasi Halodoc juga memiliki fitur yang sangat mempermudah para pengguna dalam memperoleh layanan medis, di antaranya ialah panggilan suara, chat serta panggilan video yang terus standby selama 24 jam.

Termasuk layanan tes laboratorium dan penjadwalan dengan dokter di rumah sakit. Selain itu, Anda juga bisa membeli obat dengan mudah di Halodoc. 

Apabila Anda adalah seorang yang suka lupa dengan jadwal minum obat, aplikasi ini juga mempunyai fitur pengingat agar Anda tetap minum obat tepat waktu.

Aplikasi kesehatan Halodoc juga tersedia banyak artikel kesehatan yang bisa Anda akses dengan gratis. Sementara untuk beberapa kelebihan lain yang ditawarkan oleh aplikasi ini diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Praktisi kesehatan yang terdiri atas dokter spesialis serta dokter umum yang benar-benar sudah berpengalaman serta terdaftar dalam IDI.
  • Para pengguna bisa langsung terhubung dengan dokter dalam waktu yang cukup singkat, yakni kurang dari 3 menit.
  • Para pengguna bisa melakukan tanya jawab secara gratis dengan dokter.

4. Pakdok

aplikasi pakdokFoto: Google Play

Pakdok juga merupakan aplikasi yang menjanjikan dokter-dokter yang terus standby selama 24 jam. Aplikasi ini juga akan memberikan sejumlah kemudahan melalui fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Fitur-fitur tersebut seperti informasi kesehatan, layanan data medis elektronik serta layanan identifikasi gejala penyakit. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menikmati berbagai kelebihan yang dua diantaranya sebagai berikut:

  • Layanan kesehatan yang bisa diakses selama 24 jam penuh.
  • Menjanjikan layanan kesehatan yang tidak terbatas oleh jam operasional.

5. YesDok

aplikasi yesdokFoto: Google Play

Setiap pasien yang ada di Indonesia bisa terhubung secara langsung dengan dokter umum yang sudah berlisensi melalui aplikasi YesDok. Anda pun bisa menggunakan aplikasi ini untuk berkonsultasi via video call, SMS maupun telepon.

Melalui konsultasi ini, pasien akan mendapatkan saran terkait perawatan lebih lanjut bahkan obat yang dapat dibeli tanpa resep dari dokter.

Aplikasi YesDok selain terdiri atas fitur-fitur konsultasi di atas, juga mempunyai kelebihan seperti berikut:

  • Menghubungkan pasien dengan dokter yang tepat sesuai dengan kondisi medis pasien tersebut.
  • Pasien memperoleh keterangan mengenai obat, petunjuk penggunaan serta dosis yang sesuai dengan kondisinya.
  • Pasien akan lebih mudah mengerti melalui gambar serta instruksi yang diberikan oleh dokter selama konsultasi.

6. SehatQ

aplikasi sehatqFoto: Google Play

Aplikasi SehatQ juga menyediakan berbagai informasi kesehatan yang valid. Dari sejumlah fitur yang ada, dua diantaranya menjadi andalan yaitu fitur Booking Dokter dan juga fitur Chat Dokter.

Ada pula database penyakit serta obat dan juga forum kesehatan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tanya jawab. Anda butuh layanan kesehatan terdekat? Aplikasi ini juga bisa memberikan rekomendasinya.

Di sisi lain, aplikasi SehatQ juga menawarkan beberapa kelebihan berikut:

  • Menawarkan informasi seputar tempat pelayanan kesehatan.
  • Data percakapan yang dilakukan melalui fitur Chat Dokter akan terekam secara otomatis serta menjadi catatan medis dalam bentuk digital.
  • Konten kesehatan yang dipublikasikan dapat dipertanggungjawabkan.

Itu daftar aplikasi kesehatan terbaik yang ada saat ini. Anda bisa memanfaatkan aplikasi kesehatan di atas untuk mendapatkan informasi serta berkonsultasi dari ahlinya.

Like us!

Komentar