Diperbaharui pada Selasa, 28 Februari 2023 | 18:10

4 Aplikasi Cek Jadwal Puasa 2023, Rajab Hingga Ramadhan

4 Aplikasi Cek Jadwal Puasa 2023, Rajab Hingga Ramadhan-0Foto: Pixabay

Dulu kita biasa mengecek jadwal puasa melalui tayangan TV, pemutar siaran radio, hingga selebaran yang biasanya dibagikan di masjid-masjid. Kini, dengan kemajuan teknologi, jadwal puasa Ramadhan bisa dilihat melalui aplikasi pada hp.

Melalui pengaturan yang mudah seperti lokasi tempat kita berdomisili, maka aplikasi akan secara otomatis menyesuaikan jadwal puasa, waktu Imsakiyah, waktu shalat, dan lain sebagainya.

Aplikasi Jadwal Puasa Ramadhan 2023

Bagi Anda yang masih belum bisa menentukan aplikasi jadwal puasa Ramadhan mana yang akan dipakai, berikut ini beberapa rekomendasi yang dihrapkan dapat membantu Anda menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan khusyuk.

1. Kalender Puasa

4 Aplikasi Cek Jadwal Puasa 2023, Rajab Hingga Ramadhan-1Foto: Google Play Store

Aplikasi jadwal puasa Ramadhan pertama yang kami rekomendasikan adalah Kalender Puasa yang memiliki tampilan antarmuka sederhana. Kesederhanaan ini yang membuat penggunannya menjadi sangat mudah.

Selain menampilkan jadwal puasa Ramadhan, Kalender Puasa juga menampilkan informasi jadwal puasa lainnya. Berikut ini jadwal-jadwal puasa yang ada di aplikasi tersebut.

  • Puasa Senin & Kamis
  • Puasa Rajab
  • Puasa Ramadhan
  • Puasa Syawal
  • Puasa Tarwiyah dan Arafah
  • Puasa Ayyamul Bidh
  • Puasa Asyura dan Tasu'a
  • Haram Berpuasa

Kalender Puasa juga dilengkapi dengan bacaan niat puasa dan informasi lainnya.

2. Sahabat Puasa

4 Aplikasi Cek Jadwal Puasa 2023, Rajab Hingga Ramadhan-2Foto: Google Play Store

Aplikasi jadwal puasa Ramadhan berikutnya ada Sahabat Puasa - Pengelola Jadwal Puasa Anda yang fokus untuk memberikan kemudahan bagi penggunannya dalam mengelola jadwal puasa Ramadhan, termasuk mengganti puasa bila terlewatkan.

Fitur pengingat waktu puasa akan selalu memberikan notifikasi untuk melakukan puasa di hari selanjutnya. Pengguna juga dapat membuat perencanaan ibadah puasa serta melihat progresnya dari hari ke hari.

Sahabat Puasa dilengkapi dengan tutorial yang mudah dipahami. Mengatur jadwal puasa dengan menggunakan aplikasi ini akan membantu penggunanya menjadi lebih disiplin.

3. Yuk Puasa

4 Aplikasi Cek Jadwal Puasa 2023, Rajab Hingga Ramadhan-3Foto: Google Play Store

Rekomendasi aplikasi jadwal puasa Ramadhan lainnya adalah Yuk Puasa yang dikembangkan oleh Rizal dan Kharis. Aplikasi ini menggunakan panduan kalender hijriah dari Umm Al-Qura Hijri Calendar. 

Beberapa fitur andalan dari aplikasi Yuk Puasa ini diantaranya adalah kalibrasi hari hujriah, widget yang menampilkan 2 puasa yang akan datang, kalender puasa, serta notifikasi pengingat puasa untuk keesokan harinya.

Selain fitur-fitur tersebut, yang menjadi sorotan dari aplikasi ini adalah desain antarmuka dengan pilihan warna yang sangat nyaman di mata. Pengguna juga bisa mengubah warna daftar puasa sesuai keinginan.

4. Jadwal Imsakiyah 2023

4 Aplikasi Cek Jadwal Puasa 2023, Rajab Hingga Ramadhan-4Foto: Google Play Store

Seperti namanya, aplikasi Jadwal Imsakiyah 2023 ini memiliki fungsi utama untuk mengetahui jadwal imsak di bulan puasa Ramadhan, yang tersedia untuk seluruh kota dan wilayah di Indonesia.

Penggunaannya cukup mudah dan praktis, karena hanya cukup dengan memilih kota sesuai dengan domisili pengguna, maka jadwal imsakiyah lengkap dengan waktu shalat dan informasi lainnya, akan muncul.

Selain itu, Jadwal Imsakiyah 2023 ini juga dilengkapi dengan buku saku yang berisi berbagai macam panduan Ramadhan seperti kumpulan doa, panduan shalat tarawih, shalat wajib, sunnah, dan niat-niat shalat lainnya.

Daftar aplikasi jadwal puasa Ramadhan yang telah kami sebutkan di atas, dipilih berdasarkan fungsi-fungsinya yang dapat membantu memudahkan dalam menjalani ibadah puasa Ramadhan.

Semoga dengan adanya daftar rekomendasi aplikasi diatas akan membantu Anda yang ingin mengecek jadwal puasa Ramadhan 2022.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.