Diperbaharui pada Kamis, 31 Mei 2018 | 17:17

Selain Mi 8, Xiaomi Juga Luncurkan Mi 8 SE dan Mi 8 Explorer

xiaomi mi 8
via gsmarena.com

Hari ini Xiaomi akhirnya resmi meluncurkan smartphone flagship terbarunya yaitu Xiaomi Mi 8. Bertempat di China, peluncuran Xiaomi Mi 8 berlangsung meriah bersamaan dengan perayaan ulang tahun Xiaomi yang ke 8.

Selain meluncurkan Mi 8, Xiaomi juga meluncurkan versi lite dari hp ini yaitu Xiaomi Mi 8 SE. Peluncuran Mi 8 SE sendiri sudah diperkirakan setelah adanya bocoran hp ini menjelang peluncuran Mi 8.

Selain Mi 8 SE, ternyata Xiaomi juga masih meluncurkan Mi 8 Explorer. Apa saja keunggulan dari Mi 8 SE dan Mi 8 Explorer yang baru diluncurkan ini? Berikut diantaranya:

Xiaomi Mi 8 SE

xiaomi mi 8 se
via theverge.com

1. Gunakan Layar AMOLED

Xiaomi Mi 8 SE menggunakan layar yang sama dengan milik Mi 8, yaitu menggunakan panel AMOLED display beresolusi full HD+ 2248 x 1080 pixels dengan tingkat kecerahan mencapai 600nit. Desainnya sudah dibuat ala smartphone masa kini dengan aspek rasio 18.7:9 atau 88.5% rasio layar dan bodi.

Meskipun begitu, ukuran layar Mi 8 SE lebih kecil dari Mi 8 karena hanya mengusung ukuran 5.88 inch. Walau begitu, layar ini sudah cukup besar dan luas sehingga nyaman dipakai dalam penggunaan sehari-hari ataupun untuk bermain game.

Sesuai perkiraan, Xiaomi Mi 8 dibuat dengan bodi yang slim dan mempunyai notch ala iPhone X di bagian atas layar, hal yang sama juga berlaku pada Mi 8 SE. Bedanya, di sudut-sudut Mi 8 SE telihat lebih lancip dari Mi 8.

2. Snapdragon 710

Xiaomi Mi 8 SE menjadi hp pertama yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 710. Untuk mendukung kinerjanya, terbenam GPU Adreno 616 dengan RAM 4GB atau RAM 6GB dan ROM 64GB.

3. Kamera Berkualitas

Resolusi kamera yang dimiliki Mi 8 SE juga tidak jauh berbeda dari Mi 8. Di mana di bagian belakang terdapat dual kamera 12 MP (f/1.9, 1.4µm, dual-pixel PDAF) + 5 MP (f/2.0, 1.12µm). Sementara di bagian depan terdapat kamera 20 MP (f/2.0, 2.0µm).

4. Fitur Lainnya

Xiaomi Mi 8 SE dilengkapi OS berbasis Android 8.1 Oreo, belum diketahui MIUI versi mana yang akan digunakan pada hp ini, tapi ada kemungkinan hp ini masih akan menggunakan versi 9.5 sebelum naik menjadi versi MIUI 10.

Untuk baterai, Xiaomi Mi 8 dilengkapi baterai berkapasitas 3120 mAh. Hp ini juga memiliki sensor sidik jari di belakang badannya.

5. Harga

Untuk masalah harga, Xiaomi Mi 8 SE dijual seharga USD 280 atau sekitar Rp3.9 juta.

Xiaomi Mi 8 Explorer Edition

xiaomi mi 8 explorer
via theverge.com

1. Desain Transparan

Secara keseluruhan, spesifikasi dari Mi 8 Explore sama dengan Mi 8. Tapi Xiaomi memberikan sejumlah keunggulan tambahan pada hp ini dibanding dengan saudaranya itu. Salah satunya dari sisi desain.

Berbeda dengan Mi 8 yang menampilkan desain kaca dan metal berwarna saja. Mi 8 Explore menghadirkan desain yang kece melalui warna hitamnya. Selain itu, yang menarik adalah bagian panel belakang hp dibuat transparan sehingga kita bisa melihat isi jeroan dari Mi 8 Explore dengan mata telanjang.

2. RAM Lebih Besar

Dibanding Mi 8 yang semuanya menggunakan RAM ukuran 6GB, Xiaomi Mi 8 Explore hadir dengan RAM lebih besar ukuran 8GB yang dikombinasikan dengan ROM 128GB. Dengan RAM yang besar, tentu performa yang ditawarkan juga sangat baik.

3. Sensor Sidik Jari di Dalam Layar

Berbeda dengan bocoran yang ada sebelumnya, Xiaomi memang batal menyematkan fitur sensor sidik jari di dalam layar pada Mi 8. Namun ternyata fitur ini disematkan pada Mi 8 Explore. Xiaomi mengklaim fitur ini lebih baik dari yang dimiliki Vivo karena memiliki kemampuan membaca sidik jari lebih cepat.

4. Harga

Untuk masalah harga, Xiaomi Mi 8 Explore dijual seharga USD 590 atau sekitar Rp8.2 juta. Sejauh ini, belum diketahui kapan Xiaomi akan mulai memasarkan hp kedua ini begitu juga dengan rencana penjualannya. Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts