Diperbaharui pada Rabu, 5 April 2017 | 17:37

Bawa Baterai Jumbo, Ini Dia Ulasan Lengkap Xiaomi Redmi 4X

Di gelaran Mi Fan Festival Indonesia, para fans Xiaomi tanah air tidak hanya menyaksikan meluncurkan hape Xiaomi Redmi Note 4, melainkan Redmi 4X. Xiaomi Redmi 4X diluncurkan pertama kali di negara Tiongkok dan memilih Indonesia sebagai persinggahan pertama dari hape mid-range ini.

Nah, apa saja kehebatan yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi 4X ini? Yuk kita simak preview berikut!

Desain

Jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 4 series lainnya, seri 4X ini hadir dengan desain yang nyaris sama. Hape dengan dimensi bodi berukuran 139.2 x 70 x 8.65 mm dan berat 150 gram ini dibalut material aluminium alloy yang diklaim bisa memberikan nuansa genggam yang nyaman saat digunakan.

Hadir dalam dua varian warna yakni black dan gold, hape ini memiliki speaker grille yang disimpan di bagian bawah untuk dispersi suara yang lebih baik. Sementara itu, bagian depannya sendiri disertai dengan kaca lengkung 2.5D yang memberikan peningkatan visual jika dibandingkan dengan pendahulunya Xiaomi Redmi 3S.

Selain desain premium yang nyaman digenggam, hape Xiaomi Redmi 4X juga menawarkan keunggulan lain berkat adanya fitur sensor sidik jari yang ditempatkan di bagian belakang. Dengan fitur ini, kamu pun bisa unlock Redmi Phone kamu dalam waktu 0.3 detik saja hanya dengan menempelkan jari di sensor tersebut.

Layar

Sama halnya dengan hape Xiaomi Redmi 4 series lainnya, hape terbaru ini juga masih menawarkan panel dengan layar berukuran 5 inch. Layar tersebut tampil cukup menarik berkat penggunaan resolusi HD 1280 x 720 piksel yang mampu menghasilkan kerapatan 294 ppi dan penggunaan panel IPS yang terkenal mampu menghasilkan viewing angle yang luas.

Sementara itu, tampilan pada Xiaomi Redmi 4X adalah MIUI 8 yang selain atraktif juga sangat mudah untuk di kostumisasi, misalnya mengganti theme, wallpaper, ringtone ataupun lockscreen, serta memiliki banyak fitur salah satunya Dual Apps yang memungkinkan kamu memasang dua aplikasi secara bersamaan dalam satu hape misalnya LINE atau WhatsApp.

Hardware

Dijalankan pada sistem operasi Android 6.0.1 (Marshmallow), Xiaomi Redmi 4X mengandalkan chipset Qualcomm MSM8940 Snapdragon 435 dengan prosesor Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53 yang dipadukan dengan GPU Adreno 505. Dengan konfigurasi tersebut, hape Xiaomi terbaru ini pun bisa melibas berbagai jenis game berat dengan cukup smooth.

Selain prosesor yang cukup bisa diandalkan, hape ini juga memasang konfigurasi RAM berukuran 3GB dan memori internal 32GB. Selain andal untuk menjalankan multitasking, Xiaomi Redmi 4X juga diklaim lebih unggul ketimbang hape Android yang ditawarkan dengan harga sama misalnya ASUS ZenFone Max dan Samsung Galaxy J5.

Kamera

Tidak hanya unggul di sektor performa, Xiaomi Redmi 4X juga mempunyai fitur kamera yang prima. Pada bagian belakangnya, hape ini menyediakan sensor berkekuatan 13 MP yang dilengkapi dengan fitur seperti aperture f/2.0, phase detection autofocus, LED flash, HDR, 5 elemen lensa, burst mode dan live filter.

Berpindah ke bagian depan hape ini, kamu bisa menemukan kamera berkekuatan 5 MP yang bisa dipakai untuk berfoto selfie ataupun menjalankan panggilan video. Di kamera depan ini terdapat fitur Beautify dengan mode Smart dan Pro, aperture f/2.2 dan countdown timer.

Selain memiliki sensor besar dan fitur canggih pada kedua kameranya, Xiaomi pun menyematkan dukungan software editing foto yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik gambar sebelum diunggah ke media sosial. Di tools editing ini, kamu bisa menambahkan filter, cropping maupun mengatur warna sesuai dengan keinginan.

Konektivitas dan Fitur Pendukung

Hape ini menyediakan dual slot hybrid yang memungkinkan kamu memasang dua kartu SIM secara bersamaan atau memasang satu SIM card dan satu microSD hingga 128GB. Menariknya lagi, Xiaomi yang kini sudah menjalankan regulasi pemerintah soal TKDN membuat produk-produk terbarunya termasuk Redmi 4X sehingga bisa menangkap jaringan 4G LTE dari semua operator di Indonesia.

Sementara itu, fitur-fitur standar lain yang disematkan pada hape ini diantaranya adalah Wi-Fi 802.11 b/g/n, Radio FM, A-GPS, GLONASS, BDS, Bluetooth 4.2, serta sensor-sensor yang biasanya terdapat pada hape mahal seperti sensor accelerometer, gyro, proximity dan compass.

Baterai

Kinerja dari baterai merupakan hal utama yang ditawarkan Xiaomi Redmi 4X. Hape satu ini hadir dengan dukungan baterai berkapasitas 4100 mAh yang mempunyai waktu standby hingga 18 hari lamanya.

Jika dibandingkan dengan hape merek lain yang memiliki luas layar 5.2 inch, maka Xiaomi Redmi 4X memiliki kapasitas baterai 32% lebih besar. Dengan adanya baterai besar tersebut, Redmi 4X pun juga bisa memutar musik selama 87 jam dan menjalankan game selama 13 jam lamanya.

Ketimbang pendahulunya seperti Xiaomi Redmi 3X, hape terbaru ini membawa sejumlah peningkatan terutama di sektor performa yang diklaim jauh lebih cepat, serta menawarkan kemampuan multitasking lebih prima ketimbang hape merek lain yang dijual dengan harga sama.

Berbeda dengan Xiaomi Redmi Note 4 yang sudah bisa kamu beli, Xiaomi Redmi 4X baru dilempar ke pasaran pada akhir bulan April mendatang. Dijual seharga Rp2.099.000, nantinya kamu bisa membelinya lewat gerai Erafone dan TAM yang ada di seluruh Indonesia.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5 inch
Detail Prosesor Snapdragon 435
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.4 GHz
GPU Adreno 505
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera Belakang 13 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
Kapasitas Baterai 4100 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

 

Baca juga artikel:
Xiaomi Redmi Note 4 Akan Dirilis Resmi di Indonesia Awal April
Xiaomi Redmi 4A Turun Harga, Xiaomi Redmi Note 4 Paling Laris
Hape Xiaomi Mi 5C Dirilis dengan Prosesor Surge S1
Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts