Apple iPhone SE, Spesifikasi dan Harganya Siap Libas Ponsel Menengah

Apple iPhone SE, Spesifikasi dan Harganya Siap Libas Ponsel Menengah

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 22 Mar 2016 | 16:30

Tahun 2015 lalu, iPhone 5S menjadi salah satu smartphone terkecil yang dihadirkan Apple dalam jajaran keluarga iPhone. Namun, seiring perkembangannya iPhone dirumorkan akan menghadirkan smartphone mungil lainnya yang diklaim memiliki mesin lebih cepat, desain lebih kompak dan harga lebih terjangkau. Rumor ini semakin berkembang di tahun 2016 dengan munculnya beberapa bocoran produk iPhone dengan desain mungil. Dan tepat 21 maret kemarin, Apple akhirnya resmi memperkenalkan iPhone terbaru yang kabarnya disiapkan sebagai generasi penerus iPhone 5s yakni iPhone SE. Ini merupakan smartphone iOS dengan layar 4 inci yang dipersiapkan untuk pengguna pemula.

Greg Joswiak, VP Product marketing Apple mengungkapkan, beberapa orang memang lebih menyukai ponsel yang berdimensi kecil. Maka Apple mengembangkan iPhone pertama dengan layar 4 inci. Ponsel ini dirancang sesuai kebutuhan dan permintaan pengguna. Dan kami menyebutnya iPhone SE. Smartphone 4 inci powerful yang pernah ada di pasaran.

Nama iPhone SE sendiri diduga diambil dari nama komputer Macintosh SE yang dirilis 1987 dengan desain yang juga mungil kala itu. Lalu, seperti apa spesifikasi lengkap dari smartphone ini?

Desain

Apple iPhone SE

iPhone SE hadir dengan desain yang sekilas mirip dengan iPhone 5S. Smartphone ini hadir dengan bodi metal yang khas iPhone. Dibagian tombol home juga sudah melekat touch ID Fingerprint scanner. Smartphone ini bahkan hanya memiliki dimensi 123,8 x 58,6 x 7,6 mm dan berat 113 gram yang tentu saja membuat smartphone mungil ini nyaman digenggam dan disimpan. Untuk pilihan warna, Apple kabarnya hanya menyediakan pilihan warna hitam, putih, dan emas.

Layar

Apple iPhone SE

Dibagian layar, iPhone SE menggunakan layar berukuran 4 inci. Layar ini sudah disokong Resolusi 640 x 1136 pixels. Apple menghadirkan layar yang lebih kecil mengingat masih banyak pengguna iPhone lama yang belum beralih ke perangkat iPhone baru seperti iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Diharapkan, bila pengguna iPhone lama ini tidak suka memakai layar lebar, bisa memilih iPhone dengan layar lebih kecil.

Baca juga Harga Handphone Apple iPhone Terbaru

Tidak hanya itu, dengan layar yang lebih kecil, diharapkan iPhone terbaru ini bisa lebih tahan lama dan awet baterainya. Selain itu, masih jarang produsen kelas dunia yang menghadirkan smartphone berfitur premium dengan layar berukuran 4 inci-an. Tentu meski lebih kecil, layar ini tetap nyaman digunakan dan mampu menghasilkan gambar yang jernih dan detail.

Mesin

Apple iPhone SE

Pada sektor mesin, Apple menggunakan mesin khas iPhone 5s. Smartphone ini dibekali chipset Apple A9. Prosesor dual-core berkecepatan 1.8 Ghz ini disokong pula RAM 2 GB dan GPU PowerVR GT7600. Alhasil smartphone mungil Apple SE cukup mumpuni untuk multitasking dan bermain game. Spesifikasi ini bahkan diklaim lebih cepat 3x dibanding iPhone 5s. untuk sistem operasi, Apple menghadirkan sistem operasi iOS 9.3.

Memori

Smartphone Apple terbaru ini dibekali pilihan memori 16 dan 64 GB. Sayangnya tanpa slot micro SD.

Kamera

Apple iPhone SE

Apple SE menggunakan kamera mumpuni. Dibagian belakang terpasang kamera 12 MP iSight dengan teknoogi Dual LED, Phase Detection autofocus,  dan prosesor gambar terbaru. Tak heran, smartphone ini bisa digunakan untuk merekam video 4k. Kamera ini diklaim sama dengan kamera iPhone 6s dan 6s Plus.

Baca juga Apple Event Munculkan iPhone SE, iPad Pro 9,7’ dan Produk Anyar Lain

Dibagian depan, Apple masih mengandalkan kamera utama 1.2 MP yang dibekali kamampuan HDR, Face detection sehingga cocok untuk selfie.

Baterai

Apple iPhone SE hanya dibekali baterai 1642 mAh. Walaupun kecil, Apple menjamin produknya lebih awet mengingat layar yang digunakan lebih kecil.

Harga

Apple berencana melepas iPhone SE ini pada akhir bulan maret atau awal april mendatang dengan harga 399 USD untuk 16 GB dan 499 USD untuk 64 GB.

 

Baca juga artikel
Video Adu Daya Tahan Baterai Asus ZenFone Max vs iPhone 6s Plus
Bug iOS: Pengguna iPad dan iPhone Terima "Email Hantu" Dari Tahun 1970
Rumor: iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Hadir dengan Dual Lens Camera

Artikel Lainnya

Komentar