4 Hape Adu Kuat Daya Baterai Saat Main Pokemon Go, Siapa Menang?

Oleh Aris Wibowo on Senin, 15 Agu 2016 | 15:37

Pokemon Go memang menjadi salah satu game fenomenal tersendiri saat ini. Pasalnya game ini menghadirkan teknologi Augmented Reality yang membuat pemain harus melihat kondisi sekitar mengandalkan kamera ponselnya.

Namun, dibalik fenomenalnya game ini, mulai banyak keluhan kalau game ini ternyata bisa membuat ponsel rusak akibat overheating dan hang. Pasalnya, untuk bermain game ini pengguna harus menyalakan internet hingga fitur GPS untuk mencari Pokemon. Bahkan pengguna harus selalu mencari Pokemon menggunakan kamera utama smartphone sehingga baterai pun tambah boros.

Menyadari hal tersebut, laman Androidpit.com melakukan tes baterai smartphone saat digunakan bermain Pokemon Go. Tes ini akan diikuti 3 buah ponsel Android premium yakni Samsung Galaxy S7 Edge, OnePlus 3 dan Sony Xperia X Performance, ditambah sebuah ponsel kelas menengah terbaik Moto G4 Plus.

Dalam tes ini, keempat ponsel akan digunakan bermain selama 1 jam untuk mencari Pokemon. Tes ini diharapkan bisa melihat kondisi baterai ponsel saat dipaksa memainkan game Pokemon Go.

Dalam tes ini, semua smartphone dikondisikan sama. Keempat ponsel Android tersebut diatus sedemikian rupa seperti kecerahan layar yang diatur hingga 100 persen, kondisi baterai yang juga 100 persen, tidak ada aplikasi lain yang terbuka, hanya game Pokemon Go saja, terpasang aplikasi Gsam Battery Monitor untuk melihat kondisi baterai hingga mengaktifkan teknologi Augmented reality sehingga game ini kian maksimal.

Dalam tes tersebut, game Pokemon Go dijalankan dengan lancar sehingga kondisi smartphone Android bisa terpantau maksimal. Setelah digunakan selama sejam, tes pun berakhir. Pemenang dalam tes ini ialah Samsung Galaxy S7 Edge. Ponsel Android premium ini hanya menyisakan baterai 81 persen saja dan temperature mesin 37 derajat saja setelah satu jam digunakan bermain,

Di posisi kedua, terdapat One plus 3 yang berhasil menyelesaikan satu jam Game Pokemon Go dengan sisa baterai 76 persen dan suhu 38 derajat. Diposisi ketiga, Sony Xperia X performance dengan sisi baterai 77 persen dan suhu baterai 41 derajat.

Dalam posisi terakhir terdapat Moto G4 Plus. Sayangnya, ponsel Android kelas menengah ini sempat mengalami masalah GPS saat digunakan bermain. Ponsel ini hanya menyisakan 76 persen baterai dan suhu 43 derajat.

Tes ini memang sederhana namun cukup membuat pemain Pokemon Go memahami bahwa smartphone yang mereka gunakan cukup bekerja keras saat digunakan bermain.

 

Baca juga artikel:
Tips Mengatasi Ponsel Android Overheat Akibat Bermain Pokemon Go
10 smartphone dengan Baterai Besar Untuk Menemani Kamu Bermain Pokemon Go
Waspada Pengguna Bot Pokemon Go Akan di Ban Permanen

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 15 Agustus 2016 - 16:18
hape gw iphone 5 boros abis maen pokemon go
marshell 07 September 2016 - 15:34
w pake s5 juga boros huehuehue