Tips Optimalkan Sistem Operasi Terbaru di Ponsel Android

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 29 Mar 2016 | 19:35

Beberapa waktu lalu, Google telah memperkenalkan sistem operasi terbarunya, Android Marshmallow. Kehadiran sistem ini tentu mengubah pandangan pengguna smartphone. Apalagi dalam sistem ini, Google menghadirkan banyak fitur baru.

Tips Android

Hal ini juga semakin menarik mengingat beberapa produsen juga terus mengembangkan perangkat mereka guna memaksimalkan gaya hidup pengguna gadget saat ini. Tidak heran, pengguna ponsel Android yang terkejut dengan smartphone Android terbaru mereka karena dibekali fitur-fitur yang sebelumnya tidak pernah ada.

Untuk itu, pihak Google menghadirkan beberapa tips sederhana tentang cara mengoptimalkan sistem Android pada ponsel Android. Berikut uraian tipsnya.

Jangan sampai kehabisan kuota data

Tips Android

Smartphone memang identik dengan internet. Bahkan sebagian besar aplikasi dan fitur dalam ponsel Android terhubung ke jaringan internet. Tak heran, kamu harus memiliki kuota data yang banyak agar smartphone semakin maksimal. Namun, kamu juga jangan selalu mengaktifkan internet sehingga kehabisan kuota data. Google menghadirkan pembatasan penggunaan data ponsel Android. Pengguna cukup masuk ke pengaturan, klik bagian data dan atur siklus penggunaan data agar data internet lebih hemat.

Bijaksana dalam menyebarkan sesuatu

Tips Android

Saat ini semakin banyak aplikasi yang menggunakan informasi pribadi pengguna. Maka Sebaiknya, kamu harus mengetahui aplikasi mana saja yang berhak mengambil informasi pribadi seperti foto dan alamat email kamu. Kamu bisa masuk ke menu – pengaturan aplikasi. Lalu pilih aplikasi yang hendak kamu cek. Untungnya dalam sistem Android terbaru, pengguna bisa mengatur informasi pribadi apa saja yang bisa digunakan aplikasi. Misal, kamu bisa membagi foto, tanpa ikut membagikan lokasi kamu berada.

Baca juga Tips Menyalakan Notifikasi Instagram Terkait Perubahan Algoritma

Gunakan baterry saving

Tips AndroidVia talkandroid

Beberapa ponsel Android terbaru memiliki mode hemat baterai. Kamu bisa mengaktifkannya secara otomatis saat baterai ponsel Android berada dikisaran rendah 15 persen atau 5 persen. Dengan mengaktifkan mode ini pada menu – baterai – baterai saving, akan membuat ponsel bisa lebih lama bertahan. Tentu ini sangat berguna bila kamu sedang tidak membawa charger.

Manfaatkan OK Google

Tips AndroidVia techcrunch

Kamu juga bisa mengaktifkan “OK Google!”. Voice assistant dari Google membuat pengoperasian smartphone menjadi jauh lebih mudah. Untuk mengaktifkannya kamu cukup mengatakan “Ok Google!”. Kemudian kamu bisa mengatakan sesuatu lewat mikrofon, misal membuka sms, mencari tempat, atau hal lainnya.

Mencari sesuatu dengan cepat

Tips AndroidVia techtimes

Dalam Android Marshmallow, Google menghadirkan penyempurnaan fitur Google Now On Tap. Kamu cukup mengetuk kata atau apapun yang sedang kamu browsing. Nantinya Google akan mencari lebih cepat.

Kalau ponsel Android kamu masih menggunakan sistem lama, Kamu bisa melakukan pencarian dengan maksimal menggunakan chrome. Cukup pilih kata yang kamu cari dan jendela kecil akan muncul dibagian bawah layar ponsel.

Bila fitur ini menganggu, kamu bisa mematikan fitur ini di menu – Private – search.

Baca juga Trik Nonton YouTube dengan Google Chrome

Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Tips AndroidVia ubergizmo

Seringkali ponsel Android kamu sudah terisi aplikasi bawaan yang miungkin tidak kamu perlukan. Sebagian aplikasi mungkin tidak bisa dihapus, namun kamu bisa menonaktifkan aplikasi tersebut atau menyembunyikannya.

Kamu bisa masuk ke setting – aplikasi, dan pilih aplikasi yang hendak disembunyikan.

Gunakan Mode Developer

Tips AndroidVia droidviews

Sistem Android memungkinkan penggunanya untuk menggunakan mode developer. Dalam mode ini kamu bisa mengatur fungsi dan kecepatan dari ponsel Android. Kamu cukup masuk ke pengaturan dan pilih bagian tentang ponsel dan ketuk bagian tersebut selama 7 kali hingga muncul menu developer.  

 
Baca juga artikel
Lakukan 6 Hal ini Maka Aplikasi Penambah Memori Internal Bisa Diabaikan
6 Aplikasi Alternatif Facebook Android Cepat dan Ringan
Handphone Terasa Lemot, Hapus Saja 5 Aplikasi Ini

Artikel Lainnya

Komentar