Handphone Terasa Lemot, Hapus Saja 5 Aplikasi Ini

Handphone Terasa Lemot, Hapus Saja 5 Aplikasi Ini

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 18 Peb 2016 | 10:37

Jika RAM sudah penuh menampung aplikasi yang berjalan maka bisa dipastikan smartphone menjadi lag, lelet dan mungkin juga menjadi hang. Jika kamu mempunyai smartphone yang seperti ini, maka hapus beberapa aplikasi yang memang cenderung memberatkan sistem. Aplikasi apa sajakah?

Facebook

Aplikasi Facebook secara default terinstal di smartphone Android sejak pertama kali kamu membelinya. Aplikasi media sosial paling terkenal sejagad ini memang sangat memudahkan pengguna mengakses akun FB miliknya, namun perlu kamu tahu bahwa aplikasi FB ini sangat memberatkan kinerja RAM, memenuhi cache, serta membebani sistem. Selain itu karena aplikasi ini selalu hidup 24 jam, maka baterai juga ikut-ikutan boros. Oleh sebab jika ingin ponsel Android kamu ngebut dan sistem menjadi ringan, hapus saja aplikasi ini.

Kamu masih bisa mengakses FB melalui browser yang jauh lebih ringan dan lebih hemat. Bahkan ada browser yang bisa menghemat kuota dan bahkan menggratiskan akses ke FB, sangat hemat bukan?

Aplikasi Cuaca

Aplikasi cuaca sebaiknya juga dihapus dari ponsel Android kamu karena membebani kinerja ponsel. Aplikasi ini berguna mengetahui cuaca yang sedang berlangsung. Namun jika di Indonesia hanya ada dua musim dan kamu bisa memandang langit dengan bebas, maka aplikasi ini kurang berguna. Selain itu aplikasi cuaca memakan banyak baterai karena setiap saat mengupdate info cuaca. Setelah dihapus dan kamu ingin mengetahui keadaan cuaca, gunakan saja Google Now untuk menanyakannya.

Aplikasi Antivirus

Android tak 100% bebas dari virus, bahkan Android dianggap sebagai OS paling rentan terserang virus. Antivirus memang melindungi kamu dari serangan virus yang mungkin berasal dari aplikasi yang kamu buka atau web yang kamu akses. Namun sayangnya antivirus memakan data baterai dan juga membuat lelet kinerja smartphone karena antivirus bekerja realtime, atau 24 jam.

Jika ingin kinerja smartphone menjadi kencang lagi, hapus saja aplikasi antivirus ini dari ponsel Android kamu. Takut kena virus? Jangan khawatir, jika kamu selalu mendownload aplikasi dari Google Play maka kamu 100% terlindungi dari aplikasi yang terjangkit virus. Hindari juga membuka konten XXX atau web yang tak jelas agar terhindar dari virus.

Jika khawatir ada virus yang menjangkiti smartphone Android kamu, instal antivirus pilihan kamu dan lakukan scan. Setelah scan selesai dan virus telah dibersihkan atau tak terdeteksi adanya virus, segera hapus kembali antivirus tersebut dari smartphone kamu.

Baca juga: Baterai Smartphone Anti Boros sedang Dikembangkan

Aplikasi Clean Master

Ada kepercayaan bahwa membersihkan aplikasi di perangkat smartphone dapat meningkatkan kinerja ponsel kamu. Hal ini benar jika kamu membersihkan aplikasi satu-satu secara manual (cache, aplikasi tak berguna, aplikasi rusak), namun jika kamu tergantung pada aplikasi pihak ketiga seperti Clean Master, maka justru kinerja ponsel kamu semakin lelet. Kok bisa?

Ya, karena aplikasi pembersih seperti Clean Master, CCleaner, dan Speed Booster selain menghabiskan baterai juga menghabiskan space di RAM ponsel Android kamu. Aplikasi semacam itu biasanya gratis, namun menampilkan iklan online yang juga menghabiskan kuota internet kamu. Selain itu besar file aplikasi Clean Master dan sejenisnya biasanya berukuran besar. Jadi jika ingin mempercepat kinerja smartphone, maka masuk saja ke setting dan cari menu “Clean Cache”

Aplikasi Browser Bawaan

Browser bawaan biasanya tak hanya membutuhkan RAM yang besar, namun juga menghabiskan kuota internet. Hapus saja aplikasi browser bawaan dan ganti dengan browser yang lebih kecil seperti UCbrowser dan Opera Mini yang menawarkan kinerja lebih kencang dan fitur penghematan kuota.

Hapus Game-Game Berat

Jika ponsel Android kamu hanya punya RAM 512MB maka game-game berat akan membebani perangkat dan kinerjanya akan melambat. Tak hanya itu, space memori juga akan banyak tersita. Jika memang hobi main game, pilih game-game yang ringan dan jika ingin bermain game yang berat pergunakan saja laptop atau komputer yang punya layar lebih besar sehingga lebih asyik.

Baca juga artikel
Empat Aplikasi ini Bikin Handphone Android Kamu Lemot
Menghapus Aplikasi Facebook iOS Tingkatkan Daya Baterai iPhone
Baterai Android Boros? Coba 5 Smartphone ini!

Artikel Lainnya

Komentar