4 Aplikasi Untuk Mengetes Hardware Smartphone Android Milikmu

4 Aplikasi Untuk Mengetes Hardware Smartphone Android Milikmu

Oleh Aris Wibowo on Senin, 30 Nov 2015 | 19:02

Jika kamu memiliki smartphone Android, tentu kamu harus mengetahui tentang kinerja mesin smartphonemu, apakah bekerja dengan baik atau tidak? Apalagi bila kamu membeli smartphone dalam kondisi bekas. Terkadang kamu mungkin tidak peduli akan hal itu sehingga saat smartphonemu rusak, kamu kebingungan. Padahal saat ini sudah banyak aplikasi Android untuk mengetes kinerja hardware. Cara penggunaan aplikasi tersebut juga mudah dan mampu menampilkan spesifikasi dan data hardware lebih lengkap.

Berikut ini Pricebook sajikan 4 aplikasi untuk mengetes hardware smartphone.

AnTuTu Tester

Aplikasi ini hadir atau dikembangkan oleh beberapa tim dibalik AnTuTu Benchmark. Aplikasi ini akan menghadirkan beberapa tes untuk hardware. Seperti tes baterai untuk mengetahui kondisi baterai dan lama penggunaan baterai. Kamu juga bisa menemukan tes layar multitouch, tes LCD untuk mengetahui pixels dan resolusi layar lebih jelas, hingga tes – tes sensor yang ada di smartphone Android. Selain itu, aplikasi ini juga menampilkan informasi hardware lengkap.

 

Phone Doctor Plus

Aplikasi ini tersedia untuk Android dan iOS, Phone Doctor Plus hadir dengan 25 tes untuk mengetahui kinerja hardware smartphone. Kamu bisa melakukan tes konektivitas seperti Bluetooth, GPS, WiFi hingga 3G dan 4G. Kamu juga bisa mengetes bagian audio seperti phone speaker, earphone dan microphone. Bila penasaran akan dapur pacu, aplikasi ini juga bisa mengetes CPU, memori RAM dan memori internal. Aplikasi ini bahkan bisa mengetes kecepatan baca memori internal. Dengan user interface yang mudah dipahami, aplikasi ini cocok untuk kamu pasang di smartphone.

Baca juga: Belajar Sejarah Lewat Aplikasi eBook Android “Pahlawan-Pahlawan Bangsa”

Phone Tester

Dari namanya, aplikasi ini nampak sederhana. Namun, kalau kamu jelajahi lebih jauh, aplikasi ini hadir dengan tes yang cukup lengkap. Memang tidak berbeda dengan aplikasi sebelumnya, kamu masih akan menemukan tes sensor, tes WiFi, tes telephone, tes kamera, tes baterai dan banyak lagi. Bedanya aplikasi ini menganalisa hardware dengan lebih detail. Tak hanya itu, aplikasi ini juga satu-satunya aplikasi tes Android yang sudah support Android 6.0 Marshmallow.

 

Sensor Box

Jika kamu hanya ingin mengetes bagian sensor smartphone saja, mungkin aplikasi ini bisa kamu pilih. Aplikasi ini akan mendeteksi berbagai sensor yang ada dalam perangkatmu. Menariknya, Sensor Box juga akan menjelaskan kegunaan sensor-sensor yang ada dalam smartphone Android mu.

 

Baca juga artikel

Android Malware Terbaru Menginfeksi Ribuan Aplikasi dan Sulit Dihapus

Aplikasi Kamera Tema Zombie Terbaik Buat Bikin Wajah Seram

4 Aplikasi Kamera Android Untuk Foto RAW

Artikel Lainnya

Komentar