10 Cara Terbaik Pasang Kamera ke Tripod  Agar Tak Merusak Kamera

10 Cara Terbaik Pasang Kamera ke Tripod Agar Tak Merusak Kamera

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 20 Nov 2015 | 13:08

Tripod merupakan aksesoris wajib bagi para fotografer. Aksesoris kaki tiga ini membuat kamera bisa ditempatkan lebih stabil kala kamu memotret. Menggunakan tripod juga membuat hasil foto semakin jelas meski dikondisi kurang cahaya sekalipun.

Dipasaran sendiri sudah cukup banyak dijual tripod dengan berbagai merk dan model. Walaupun demikian, cara pasang kamera di tripod tetaplah sama. Bila kamu masih bingung memasang kamera pada tripod, berikut Pricebook sajikan beberapa cara terbaik pasang kamera ke tripod.

Cek kameramu, adakah tempat untuk memasang tripod

Hampir kebanyakan kamera modern saat ini hadir dengan tripod mount pada bagian bawah bodi. Namun, untuk beberapa kamera DSLR lama ataupun kamera pocket tidak memiliki bagian ini. Tripod Mount merupakan sebuah lubang kecil tempat untuk memasukkan semacam baut pada tripod. Biasanya lubang ini berukuran diameter ¼ inci. Bila kamera milikimu tidak memiliki tripod mount, kamu bisa menggunakan adapter khusus yang dijual dipasaran.

Lepaskan piringan kamera di tripod

Piringan kamera biasanya menjadi bagian untuk menempatkan kamera ke tripod. Bagian ini bisa kamu gunakan ataupun tidak. Karena, pada dasarnya, tanpa piringan kamera untuk menahan kamera, kamera yang terpasang di tripod sudah cukup stabil. Dengan dilepasnya piringan ini, kamu bisa memasang kamera ke tripod dengan lebih mudah. Bila kamu tetap menggunakan piringan ini, kamu harus memastikan piringan tidak goyang dan memiliki ukurang lubang yang sama.

Baca juga: Ingat Baik-baik 50 Tips Ini Agar Makin Jago Memotret- Part 1

Atur kaki tripod

Setelah memastikan kamera bisa dipasang di tripod. Kamu bisa mulai meletakkan tripod dan mengatur ketinggian kaki-kaki tripod. Atur ketinggian sesuai kebutuhanmu. Cara pasang kamera di tripod bisa kamu lakukan terlebih dahulu sebelum kamu mengatur kaki-kaki tripod. Namun, saran dari kami, sebaiknya, pasang kamera setelah posisi tripod pas dan sesuai. Hal ini untuk mencegah hal yang tidak diinginkan misalnya tripod yang tiba-tiba jatuh.

Pasang Kamera tripod dengan cara diputar

Cara pasang kamera di tripod sebetulnya cukup mudah. Kamu hanya perlu memutar kamera di baut yang ada di tripod. Putar hingga kamera benar-benar terkunci sempurna. Bila kamera DSLRmu memiliki mount tripod yang sama, tentu hal ini akan cukup mudah. Ingat hati-hati, jangan sampai terlalu keras memutar kamera dan merusak kamera atau tripodmu.

Selipkan kamera ke tripod

Selain metode baut, cara pasang kamera di tripod bisa menggunakan clamping mechanism dibanding sistem putar baut. Kamu harus memasang kamera dengan lebih mudah dan lebih kuat.

Baca juga: Ingat Baik-baik 50 Tips Ini Agar Makin Jago Memotret- Part II

Pasang kembali piringan kamera

Jika kamu melepas piringan kamera untuk memudahkan memasang kamera ke tripod. Kamu juga jangan lupa untuk memasang kembali piringan kamera ke tempatnya.

Coba gerakkan kepala tripod

Setelah semua terpasang, kamu bisa mulai untuk menggerakkan kamera di tripod. Kamu bisa mencoba menggerakkan kepala tripod ke kanan, ke kiri, ke atas dan ke bawah. Hal ini cukup penting untuk memposisikan kamera sebelum memotret. Pastikan posisi tripod selalu stabil kala memotret.

Baca juga: Mahir memotret Bisa Dimulai Dengan Memahami 10 Hal ini

Pastikan menggunakan piringan kamera yang pas

Bila kamu tetap menggunakan piringan kamera di bawah kepala tripod, kamu harus memakai piringan kamera yang pas. Pasalnya, piringan kamera ini berada antara tripod dan kamera. Bila piringan kamera tidak pas, ditakutkan kamera tidak stabil.

Tempatkan tas di tripod

Terkadang kamu menemukan permukaan yang tidak stabil dan membuat tripod selalu bergerak ke sisi lain. Kamu bisa mengakali hal tersebut dengan cara menempatkan tas kameramu di tripod sebagai pemberat. Cara pasang kamera di tripod ini sering digunakan para fotografer kala memotret di alam terbuka.

Jangan sembarang memasang kamera

Beberapa tripod kelas atas, hadir dengan desain kaki dan kepala tripod yang terpisah. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan potografer memilih kepala tripod sesuai kebutuhan. Maka jangan sembarangan memasang kamera. Pastikan antara kaki dan kepala tripod sudah sesuai.

 

Baca juga artikel

Mahir memotret Bisa Dimulai Dengan Memahami 10 Hal ini

Apa itu Histogram dan Bagaimana Cara Membacanya di Kamera DSLR

10 Teknik Mudah Menghasilkan Foto Bagus di Musim Hujan

Artikel Lainnya

Komentar