Diperbaharui pada Jumat, 22 Desember 2023 | 15:59

10 Tips Wajah Fotogenik di Kamera Saat Tahun Baru, Single Wajib Coba!

Cara Membuat Wajah fotogenik

Seseorang yang memiliki wajah fotogenik sungguh sangatlah beruntung. Mereka akan selalu tampak istimewa dan menarik kala difoto, meskipun Mereka bukanlah seorang model.

Buat fotografer bekerja dengan model yang punya wajah fotogenik tentu akan sangat memudahkannya dalam menciptakan foto berkualitas.

Namun bagi pemula, baik model dan fotografer tetap harus memahami teknik tampil fotogenik atau memotret wajah seseorang agar tampak menarik dan sedap dipandang. Berikut tips agar wajah terlihat fotogenik saat di foto.

Cara Membuat Wajah Terlihat Fotogenik

Cara Membuat Wajah fotogenik

Banyak hal yang dilakukan seorang model agar tampilannya menarik di depan kamera. Lalu bagaimana dengan mereka yang bukan model tapi tetap ingin memiliki hasil gambar yang menarik dan tampil fresh di depan kamera mereka?

Tips atau cara membuat wajah terlihat fotogenik ini kami rekomendasikan berdasarkan cara yang sudah kami coba di beberapa kesempatan termasuk kepada beberapa karyawan Pricebook.

Hindari Sudut Rendah

Cara Membuat Wajah fotogenik

Sebaiknya Anda tidak memotret wajah dari sudut yang rendah, kecuali hendak menghadirkan efek tertentu. Sebisa mungkin tempatkan lensa sejajar mata atau sedikit lebih tinggi. Tonjolkan sisi wajah kiri karena sisi ini jauh lebih menarik.

Perhatikan Focal Length dan Jarak

Cara Membuat Wajah fotogenik

Panjang focal length dan jarak antara lensa dengan wajah ternyata cukup mempengaruhi hasil foto wajah. Untuk foto wajah, idealnya Anda bisa menggunakan lensa 70 – 150 mm.

Hal ini menjadi alasan lensa prime dengan spesifikasi portrait selalu memiliki panjang 85 mm, 90 mm atau 135 mm.

Bila Anda terpaksa harus memotret dengan lensa lebih lebar, Anda harus memperhatikan sudut pandang dan jarak. Ingat lensa lebar bisa membuat distorsi gambar sehingga beberapa bagian wajah seperti hidung atau mata nampak lebih besar.

Maka dari itu, perlu adanya pengaturan jarak antara lensa ke wajah dengan sangat baik.

Perhatikan Mata Model

Cara Membuat Wajah fotogenik

Mata menjadi salah satu bagian penting dalam wajah. Mata merupakan jendela jiwa. Anda bisa membuat mata subjek yang hendak difoto lebih menarik. Anda harus bisa mengatur agar mata model lebih hidup dan atraktif.

Terkadang Anda juga sering memotret wajah dan menemukan model tengah berkedip sehingga foto menjadi tidak sempurna.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menyuruh model menutup mata dan membukanya perlahan sebelum tombol shutter ditekan penuh.

Atur Posisi Badan

Cara Membuat Wajah fotogenik

Memotret wajah dengan badan yang tegak lurus terasa membosankan dan kaku. Sebaiknya, Anda mencoba posisi badan yang berbeda.

Anda bisa menyuruh model memiringkan pundak ke arah kamera sebanyak 30 derajat. Selain membuat wajah terlihat lebih rileks.

Bahkan untuk model yang memiliki badan besar akan tampak lebih ramping bila menggunakan posisi badan ini. Perlu diperhatikan, setiap orang memiliki sisi yang berbeda.

Tidak semua model bagus miring ke kanan. Maka Anda, bisa mencoba juga memotret model yang miring ke kiri.

Ekpresi

Cara Membuat Wajah fotogenik

Tersenyum mungkin menjadi ekspresi yang paling sering digunakan dalam tips agar wajah lebih fotogenik. Namun, jangan terlalu lama tersenyum atau terpaksa senyum.

Karena nantinya hasil potret akan kurang maksimal dan natural. Sebaiknya potret wajah saat tersenyum secara spontan.

Beberapa fotografer professional sering mengatur dagu model agak condong ke depan. Hal ini dilakukan untuk menonjolkan garis dagu agar lebih kuat dan tegas, sehingga wajah tampak lebih cantik atau ganteng.

Perhatikan Make Up

Cara Membuat Wajah fotogenik

Setiap manusia memiliki karakter wajah yang berbeda-beda. Ada yang mempunyai kuping lebih besar, kuping lebih lebar dibanding orang lain.

Ada juga orang yang memiliki banyak jerawat atau bekas luka diwajahnya. Untuk itulah seorang fotografer harus bisa mengatur wajah khusus.

Pada bagian ini dibutuhkan sentuhan make up agar kekurangan pada wajah model bisa tertutupi. Anda bahkan bisa mengatur model rambut agar wajah model tampak lebih hidup dan berkarakter.

Hal yang Harus Diperhatikan Fotografer

Cara Membuat Wajah fotogenik

Selain model dengan wajah fotogenik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang fotografer untuk menghasilkan gambar terbaik dan indah.

Jangan Salah Pilih Background

Anda bisa menggunakan background yang tepat agar wajah lebih fotogenik ketika di foto. Background yang pas membuat kamera dapat dengan mudah mengatur keseimbangan warna dengan tepat.

Sebaiknya gunakan warna background yang netral seperti putih. Warna netral akan membuat kulit wajah lebih natural dan berimbang.

Cairkan Suasana

Cara Membuat Wajah fotogenik

Tips agar wajah lebih fotogenik ialah membuat model yang dipotret tetap rileks dan santai. Cobalah untuk berbincang dan berkomunikasi dengan orang yang hendak Anda foto.

Cari tahu situasi dan emosi yang sedang dirasakan model atau orang yang akan kita foto lebih dalam lewat percakapan. Hanya dengan rileks maka semua karakteristik di atas dapat terpenuhi secara alami.

Temukan Sisi Menarik dan Kekurangan Model

Perhatikan dengan seksama wajah model yang hendak dipotret. Temukan kekurangan-kekurangan dalam wajah tersebut misal alis atau lipstick yang kurang menarik. Anda harus bisa mengarahkan orang yang hendak Anda foto agar bisa menghadirkan pose maksimal.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.