Diperbaharui pada Kamis, 28 Desember 2023 | 18:27

6 Tips Membeli Kamera Bekas Agar Tidak Zonk Saat Dipakai

panduan membeli kamera bekasFoto: Pexels

Kehadiran kamera digital cukup penting untuk mengabadikan berbagai momen seru, apalagi untuk keperluan vloging, kumpul-kumpul teman dan keluarga, hingga liburan. Sayangnya, kamera keluaran terbaru dengan teknologi paling mutakhir cenderung memiliki harga yang cukup mahal.

Bagi Anda yang mempunyai budget terbatas, tidak perlu risau, karena Anda tetap bisa memotret untuk berbagai keperluan dengan membeli kamera bekas atau kamera second.

Apalagi saat ini masih banyak kamera DSLR dan mirrorless bekas yang memiliki kualitas baik di pasaran. Asal kan cermat dan teliti ketika akan membeli, maka Anda bisa mendapatkan kamera bekas dengan kualitas yang bagus dan berkualitas.

Tips Membeli Kamera Bekas

panduan membeli kamera bekasFoto: Pexels

Membeli sebuah kamera digital bekas sangat membutuhkan ketelitian, agar perangkat yang dibeli benar-benar berkualitas. Untuk itu, disarankan kalau hendak membeli kamera bekas selalu dalam kondisi minimal 90% dan masih tampak bagus secara kasat mata.

Selain tampilan fisik yang perlu dilihat termasuk kondisi tombol, lensa dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk melakukan tes memotret selama beberapa kali pada tempat yang terang dan gelap.

Untuk lebih memudahkan Anda memilih kamera bekas berkualitas, berikut tips dari Pricebook.

1. Periksa Kondisi Tombol

Tips membeli kamera bekas yang pertama ialah selalu pastikan kamera yang hendak Anda beli memiliki tombol-tombol yang masih lengkap dan dapat berfungsi dengan baik. Perhatikan apakah ada cacat pada tombol-tombil tersebut.

2. Periksa Bagian Flash Kamera

Untuk mengecek kondisi flash pada kamera sebenarnya cukup mudah, Anda cukup menekan tombol flash pada kamera DSLR bekas, maka flash akan muncul. Cobalah untuk memotret dengan kondisi flash menyala dan lihat hasil fotonya.

3. Pastikan Bodi Masih Mulus

Periksa semua bagian bodi kamera dan kenal bekas-bekas penggunaan harian misal lecet pada bodi akibat terjatuh atau semacamnya. Periksa pula bagian LCD, Hotshoe flash atau flash eksternal.

Periksa juga bagian tempat tali kamera, apakah masih kuat atau tidak untuk menopang kamera saat digantungkan di leher. Lalu periksa juga baut dan mur secara teliti, apakah ada yang hilang atau ada tanda-tanda pernah dibongkar.

4. Periksa Autofocus Kamera

Untuk mengecek autofocus pada kamera bekas, maka dapat dilakukan dengan cara mencoba mengambil gambar pada objek tertentu, kemudian tekan sedikit tombol shutter atau tombol untuk memotret.

Jika AF pada kamera masih berfungsi dengan baik, maka secara otomatis motor pada lensa akan mendeteksi fokus pada objek yang dituju. Coba juga mengatur autofocus secara manual dengan menggeser lensa.

5. Kondisi Lensa Kamera

Tips membeli kamera bekas berikutnya cukup penting, yakni mengecek kondisi lensa. Pastikan kondisi fisik lensa dan kondisi karet yang ada pada lensa dalam kondisi baik. Gunakan kamera untuk memotret dan coba atur zoom, setelah itu cek hasil fotonya.

Pastikan tidak adanya jamur, kotoran atau debu pada lensa kamera. Ingat, kebersihan lensa akan sangat memengaruhi ketajaman pada gambar yang dihasilkan.

6. Pastikan Baterai Masih Normal

Untuk Anda yang akan membeli kamera digital bekas dengan baterai bawaan, sebaiknya pastikan kondisi baterai masih kondisi bagus dan memang bawaan kamera.

Bila belum yakin, minta perjanjian jaminan pada penjual untuk garansi bila baterai bocor dalam beberapa hari setelah pembelian.

Nah, semoga tips ini bisa membantu, ya. Selamat berburu kamera bekas yang berkualitas.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1491 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.