Diperbaharui pada Jumat, 13 Januari 2023 | 17:16

Lensa Kamera Digital Macet? Jangan Langsung ke Bengkel, Cek Bagian Ini

Lensa kamera digital macel
Kamera digital memiliki desain yang mungil dan dianggap praktis. Hanya saja, lensa kamera digital yang macet menjadi salah satu masalah yang sering ditemui, terutama pada jenis kamera pocket atau kamera saku.

Kerusakan pada lensa kamera pada umumnya terjadi karena cara penggunaan kamera yang tidak baik. Padahal lensa merupakan bagian vital dan penting pada sebuah kamera digital.

Banyak pengguna kamera pemula yang mengabaikan hal tersebut, misalnya meletakkan dan menggunakan kamera secara asal-asalan. Hal ini tentu bisa menyebabkan kerusakan pada lensa.

Lensa kamera yang macet merupakan sebuah masalah yang serius. Lebih buruk lagi, lensa tidak bisa digerakkan sama sekali dan terus berapa pada posisi terbuka. Keadaan terbuka inilah yang berbahaya karena bisa membuat kaca lensa tergores atau pecah.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Lensa Kamera Macet

Sebelum membahas cara perbaiki lensa kamera pocket, Anda harus memahami dulu alasan rusaknya lensa kamera sehingga lensa macet.

Banyak hal yang menyebabkan lensa kamera digital macet. Yang paling umum tentu karena lensa kotor sehingga ada kerikil atau debu yang menyumbat lensa untuk kembali masuk ke bodi kamera.

Penyebab rusaknya lensa lainnya bisa karena kamera terjatuh sehingga lensa penyok atau miring. Ada juga penyebab karena lensa tertekan sehingga bentuk lensa berubah. Bisa juga karena lensa lembab sehingga bagian elektronik lensa rusak dan menyebabkan lensa macet.

Bila penyebab lensa rusak atau lensa macet karena terjatuh parah hingga karena rusaknya komponen elektronik, maka jalan terbaik untuk memperbaiki tentunya ke tempat servis kamera resmi. Karena bagian ini tidak bisa sembarangan untuk diperbaiki dan cukup rumit pengerjaannya.

Namun, bila penyebab lensa rusak dan macet hanya karena debu, tak ada salahnya mencoba memperbaikinya sendiri. Apalagi, cara perbaiki lensa kamera pocket bisa Anda kerjakan dengan sendiri namun tetap berhati-hati. Berikut langkah-langkahnya:

1. Cabut Baterai Ketika Kamera Masih Menyala

cabut baterai kamera
Jangan langsung mematikan kamera bila kondisi kamera hidup. Bila hendak mematikan sebaiknya cabut baterai saja. Hal ini memang tidak baik namun pas.

Pasalnya bila Anda mematikan kamera lewat tombol, maka otomatis kamera akan menarik ke dalam lensanya. Hal ini justru akan membuat parah kerusakan lensa bila memang lensa macet.

Bila dipaksa masuk maka akan ada bagian dari lensa yang rusak atau rontok bahkan patah. Maka cara mematikan dengan dengan mencabut baterai merupakan langkah paling aman.

Jangan lupa untuk melepas memory card untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan misalnya kartu memori terformat.

2. Goyang-goyangkan Lensa Kamera

memperbaiki lensa kamera digital
Langah berikutnya dalam cara perbaiki lensa kamera pocket ialah jangan memaksa lensa. Hal ini sering diabaikan oleh pengguna awam.

Banyak dari mereka yang memaksa keluar masuk lensa. Padahal ini sama saja memperparah kerusakan lensa yang macet. Sebaiknya diamkan kamera pocket beberapa saat.

Lalu coba goyang-goyangkan kamera agar kotoran atau debu yang menyangkut pada lensa keluar. Tapi ingat jangan terlalu keras. 

Setelah itu coba pasang kembali baterai dan nyalakan kamera. Bila lensa masih tetap macet. Berarti masih ada kotoran yang menyangkut atau memang lensa yang rusak.

3. Bersihkan Lensa dari Debu dan Kotoran

memperbaiki lensa kamera digital
Bila kamera Anda masih belum menunjukan tanda-tanda perubahan. Anda bisa menggunakan semacam semprotan bertekanan untuk membersihkan sela-sela lensa.

Anda harus melakukan ini secara perlahan agar kotoran bisa keluar dari sela lensa. Cabut kembali baterai dan usahakan semprot sela-sela lensa dengan merata.

Bila sudah, coba masukkan kembali baterai dan nyalakan kamera. Bila masih belum berhasil, ikuti cara perbaiki lensa kamera pocket berikutnya.

4. Tekan Bagian Lensa ke Arah Dalam

memperbaiki lensa kamera digital macet
Langkah ini mungkin sedikit berbahaya dan penuh resiko, sehingga harus dilakukan dengan hati-hati. Bila Anda ragu-ragu, maka sebaiknya bawa kamera ke tempat servis. Namun bila ingin melakukannya sendiri, Anda harus siap menanggung resikonya.

Pasalnya, bila lensa yang macet dibiarkan terlalu lama, maka akan merusak komponen-komponen lain pada kamera. Kemungkinan terburuknya, celah lensa yang terbuka akan menjadi tempat masuknya debu dan air.

Anda bisa mencoba untuk menggoyang-goyang lensa atau menggeser-geser lensa dengan tangan. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati. Bila sudah, coba kembali nyalakan kamera. Bila tidak berhasil, ikuti langkah berikutnya.

Cobalah untuk menaruh kamera di tempat yang datar dan beralas empuk untuk melindungi layar LCD. Setelah itu, dalam posisi kamera menyala, tekan perlahan menggunakan jari jempol lensa agar masuk ke dalam. Tekan tepat di tengah lensa.

Kesimpulan

Bila lensa macet atau rusak karena terjatuh, Anda bisa lakukan langkah-langkah di atas dengan tambahan memutar-mutar ring lensa. Biasanya lensa macet akibat kamera terjatuh, sehingga ada komponen lensa yang keluar jalur.

Diharapkan dengan memutar-mutar lensa akan membuat lensa kembali ke jalurnya. Biasanya bila ini masalahnya, maka Anda akan mendengar bunyi "klik" saat memutar lensa. Tandanya lensa sudah kembali ke posisi normal.

Saran kami, sebaiknya bila memang kerusakan lensa cukup parah dan cara memperbaiki lensa kamera pocket yang macet ini dirasa rumit, bawa kamera ke tempat service kamera terdekat saja.

Nah, semoga artikel ini bisa membantu Anda, ya.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1311 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.