8 Tips Memotret Dedaunan untuk Hasil yang Memukau (Part 2)

Oleh Muhammad Kamaluddin on Jumat, 06 Nov 2015 | 14:40

Pada artikel sebelumnya, kami telah mengulas mengenai empat Tips Memotret Dedaunan untuk Hasil yang Memukau. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas empat sisanya. Seperti apa? Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Tips Memotret Dedaunan untuk Hasil yang Memukau

Dapatkan View Terbaik dari Bawah Pohon dengan Pancaran Sinar Matahari

Via Techradar

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil bidikan sempurna untuk tema dedaunan di musim gugur. Tips yang satu ini nampaknya cukup perlu untuk kita lakukan. Berbirilah di bawah sebuah pohon rindang dengan warna daun yang terang, seperti kuning keemasan atau hijau muda.

Kemudian lihatlah ke atas dan temukan spot terbaik untuk mengambil gambar. Usahakan untuk memilih bagian dedaunan yang sedikit memperlihatkan keindahan langit biru dari sela-selanya. Pancaran sedikit sinar mentari akan berpadu dengan birunya langit serta keunikan dedaunan berwarna terang akan memberikan kesan istimewa dalam hasil jepretan kita.

Tonjolkan Objek Utama dalam Foto

Via Techradar

Jika pada tips sebelumnya kita mengambil gambar dari sisi bawah pohon, kini kita bisa mencoba cara lain yakni memotret dengan arah meluas kesekitaran kita. Untuk melakukannya cukup memilih objek yang tidak terlalu tinggi, kemudian ambillah sudut yang tepat untuk membidik objek tersebut tepat di depan kita. Agar objek dedaunan yang difoto terlihat menonjol, kaburkan bagian-bagian di sekitar objek. Dengan demikian hasil yang didapatkan akan terlihat begitu anggun.

Baca juga: 8 Tips Memotret Dedaunan untuk Hasil yang Memukau (Part 1)

Maksimalkan Objek Berserakan dengan Sedikit Pengkondisian

Via Techradar

Dedaunan yang telah jatuh dan berserakan di tanah merupakan salah satu objek yang sangat sayang dilewatkan. Pasalnya objek ini dapat menjadi hasil karya yang luar biasa di tangan kita. Cukup pilih sebuah daun berwarna mencolok diantara dedaunan kering yang berserakan. Alternatif terbaik kita bisa memilih daun berwarna kuning atau merah keemasan. Kemudian atur fokus kamera agar tertuju pada daun berwarna mencolok tersebut, sehingga menimbulkan kesan kontras.

Ambil dengan sudut yang tepat untuk hasil yang maksimal. Sebagai tambahan, hasil jepretan akan terlihat makin indah dengan alas berupa rerumputan rapi atau aspal hitam dengan tekstur khasnya.

Tempatkan Objek pada Benda-benda Menarik Dalam Rumah

Via Techradar

Selain memotretnya secara langsung di alam terbuka, pun bisa berkreasi dengan objek daun bertema musim gugur di dalam rumah. Cukup bawa masuk satu atau dua helai daun lengkap dengan tangkainya. Kemudian letakan di atas benda-benda menarik, seperti misalnya piano, gitar, atau benda-benda kuno yang unik. Selanjutnya ambil posisi yang tepat untuk memotret dengan memperhatikan pencahayaan dan sudut terbaik objek. Untuk kali ini, memotret dari sebelah samping nampaknya bisa menjadi alternatif yang perlu  dicoba.

Nah, itu tadi 8 tips memotret dedaunan yang bisa kita lakukan untuk hasil yang memukau. Selamat mencoba dan selamat berkarya dengan kamera Anda.

 

Baca juga artikel

10 Tips dan Trik Buat Wajah Lebih Fotogenik Seperti Model Profesional

Ketahui Efek ISO, Aperture dan Shutter Speed Pada Kamera DSLR

11 Cara Setting Kamera DSLR Untuk Pertama Kali Usai Beli

Artikel Lainnya

Komentar