Cara Deteksi Baterai Smartphone yang Tidak Bisa Mengisi daya

Cara Deteksi Baterai Smartphone yang Tidak Bisa Mengisi daya

Oleh Jingga Prasetya on Selasa, 06 Des 2016 | 15:32

Smartphone sudah menjadi perangkat yang tak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari–hari manusia saat ini. Maka tak heran, banyak orang yang akan melakukan segala upaya agar smartphone miliknya bertahan hidup. Namun, masalahnya, daya baterai sebuah smartphone tidaklah lama.

Alhasil, beberapa orang sering mengisi ulang smartphone milik mereka. Tentu bila terlalu sering dicas, smartphone akan rusak bahkan baterai smartphone tidak bisa mengisi daya baterai lagi. Bila hal tersebut terjadi pada Anda, Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi baterai smartphone yang tidak bisa di isi ulang.

1. Restart Smartphone

Cara pertama yang bisa dilakukan ialah mematikan smartphone agar semua sistem yang error kembali normal. Diamkan beberapa saat kemudian hidupkan kembali.

2. Periksa Kabel USB dan Power Adapter

Terkadang masalah pengisian ulang tak selalu pada perangkat smartphone. Masalah bisa juga timbul dari charger yang Anda punya. Bisa jadi kerena kabel USB mudah error karena sering terlipat.

Bila kabel USB Anda yang rusak, sebaiknya beli Kabel USB bawaan smartphone yang asli agar dapat digunakan kembali tanpa resiko. Sekali lagi jangan gunakan kabel USB secara sembarangan.

Setelah kabel USB, Anda juga perlu memeriksa power adapter. Terkadang karena pemakaian yang salah, arus dari power Adapter berkurang sehingga baterai smartphone tidak terisi penuh.

Cara mengeceknya, Anda bisa meminjam charger orang lain. Bila digunakan smartphone Anda terisi penuh, maka bisa dipastikan kabel USB atau power adapter Anda yang bermasalah

3. Periksa Port USB

Terkadang Anda sebagai pengguna smartphone yang memiliki mobilitas padat sering mencabut kabel charger yang sedang terhubung ke smartphone secara kasar tanpa disadari.

Hal ini bisa membuat port USB pada smartphone Anda error. Untuk mengatasi hal ini, tentu Anda harus membawa smartphone Anda ke tempat service smartphone yang resmi agar bisa dicek lebih lengkap.

4. Periksa Kondisi Baterai

Jika semua hal di atas ternyata berjalan normal, maka penyebab baterai smartphone yang tidak bisa di isi ulang bisa saja karena kondisi baterai yang sudah rusak. Gantilah baterai sesuai dengan petunjuk dan ketentuan dari pabrik. (Tedi)

Baca juga artikel:
Indosat Luncurkan ATM Dompetku QNB
“The Machine”, Komputer Jenis Baru Besutan HP
Jelang Natal, iPod Classic Kian Diburu

Artikel Lainnya

Komentar

Rizki Pratama 21 April 2015 - 21:55
maaf mau nanya.. kalo yang jadi penyebab android mati karena baterai terlalu drop bagaimana ya.... biskah di pancing dulu baterai tersebut dengan adaptor yang lebih tinggi amperenya.. terima kasih.... mampir ya www.motroad.com
Risky Wijaya Praba Saputra 22 April 2015 - 08:33
lebih baik jangan gan takutnya malah ngerusak batre itu sndiri, mending cas aja trus dibiarin selama beberapa jam, kalo bisa di copot dlu batrenya baru di cas
Leonardo Arma 14 Juni 2015 - 15:30
Ma401447746644300003SUNARTISDN 165/VIIIS1af gan,mau tanya nich. Android saya bermasalah bila di cas,bila di cas langsung ke listrik,daya nya terhubung,tp tidak mau bertambah. Misal waktu ngecas dengan daya baterai tinggal 7℅ya udah 7℅ aja terus.tp klo pakai powerbank bisa mengisi. Masalah timbul setelah saya menggunakan powerbank ini. Kira-kira apa ya gan kerusakanya ? Trims
Risky Wijaya Praba Saputra 15 Juni 2015 - 07:20
agan udah nyoba pake charger lain? soalnya ane pernah pake usb charger merk abal2 eh HH ane ngaco layarnya klo di maenin sambil ngecas -_- pas ganti charger lain normal2 aja....
Galih Poetra 11 November 2016 - 07:41
Maaf gan mau tanya Android saya bermasalah klo di cas malh gk mau nambh' tpi malh ngurangin misalh.a saya cas batre 15℅ nanti tau" tinggl 13℅ padahal carger.a terhubung ke HP itu knpa y
Bima Satria 11 November 2016 - 18:13
@Galih Poetra: Coba pake kabel charger lain, kalau masih ga bisa juga. Kemungkinan baterainy sudah rusak
Vtree queen 03 Desember 2016 - 20:13
Kalo hp d cas tpi batrenya ga mau nambah" itu knpa yah... Casan d cabut malah mati...
Bima Satria 05 Desember 2016 - 16:23
@Vtree queen: Baterainya bocor itu sist, ganti aja