Hp Dicas Tapi Baterai Tidak Mengisi, Ini Penyebabnya!

Hp Dicas Tapi Baterai Tidak Mengisi, Ini Penyebabnya!

Oleh Nur Abdillah updated Kamis, 23 Nov 2017 | 06:05

Baterai merupakan salah satu komponen utama dari sebuah hp. Tanpa baterai kita tidak mungkin dapat mengaktifkan dan menggunakan perangkat. Karena baterai menjadi sumber utama yang menyokong daya sebuah hp selama digunakan.

Daya tahan baterai ini tergantung dari jumlah kapasitas yang ditanam. Makin besar kapasitas baterai yang digunakan maka semakin lama daya tahan yang diberikan. Untuk hp keluaran terbaru biasanya sudah memasang baterai dengan kapasitas diatas 2000mAh. Bahkan sudah ada hp yang menanam baterai berkapasitas 10.000mAh.

Namun, yang patut menjadi perhatian dari sebuah baterai hp tidak hanya kapasitas saja, tapi juga seberapa lama komponen ini memiliki daya tahan maksimal. Daya tahan baterai memang bervariasi. Secara teknis, usia baterai hp memiliki siklus pengisian 300-500 kali dengan durasi antara enam bulan hingga dua tahun atau bahkan lebih. Tapi semua itu juga tergantung dari cara penggunaan. Jika kita 'ngasal' dalam penggunaan baterai, tentu akan berpengaruh pada daya tahannya.

Tidak hanya itu saja, penggunaan yang tidak teratur juga akan menimbulkan berbagai macam masalah. Salah satu yang paling sering ditemui adalah saat hp dicas atau diisi ulang tapi baterai tidak mau mengisi. Untuk itu, dalam pembahasan kali ini kami ingin coba mengulas mengenai masalah tersebut. Karena ada beberapa faktor yang menjadi penyebab yang mungkin bisa Anda tangani sejak dini.

Mengapa Baterai Tidak Mau Mengisi?

baterai tidak mau mengisi
Seiring dengan semakin cepat dan canggihnya sebuah hp, membuat daya tahan baterai terus terkuras. Apalagi dengan penggunaan yang terus menerus yang mengharuskan Anda mengisi ulang baterai lebih sering. Hanya saja masalah muncul ketika mengisi ulang daya tapi baterai tidak bertambah. Saat ini terjadi, kita tentu langsung mengambil kesimpulan bahwa baterai hp telah rusak. 

Sebelum menyimpulkan, Anda harus tahu bahwa ada beberapa masalah yang mungkin terjadi, yaitu baterai benar-benar tidak mengisi daya sama sekali atau mengisi tapi sangat lambat. Mengenai hal ini, sebenarnya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab baterai tidak mengisi saat hp dicas. Faktor-faktor tersebut mencakup:

Hardware :

  • komponen pendukung yang mengalami kerusakan seperti kabel, charger, sockets atau adaptor.
  • kerusakan pada port charger. Kegagalan atau tidak terisinya baterai saat dicas bisa juga karena terjadinya kerusakan pada port charger yang ada di hp.

Software :

  • eror pada software, karena proses pengisian ulang baterai tidak hanya masalah hardware saja, tapi juga terkadang melibatkan software. Karena sebuah hp membutuhkan software untuk mendeteksi ketika ada charger yang terpasang. Jadi, jika software mengalami kegagalan deteksi maka proses pengisian pun akan gagal.
  • aplikasi pihak ketiga yang diinstal. Tidak ada yang menjamin jika aplikasi yang tersedia di PlayStore cukup aman untuk hp Anda. Karena mungkin saja ada beberapa aplikasi boros baterai yang telah terinstal justru menguras daya bahkan mengganggu proses pengisian daya perangkat Anda.
  • proses update OS yang tidak sempurna. Beberapa hp seri lama memang tidak banyak yang mendapat dukungan update OS terbaru. Faktor hardware yang kurang mendukung bisa menjadi penyebabnya. Jikapun beruntung mendapatkan update OS mungkin ada beberapa masalah yang bisa ditemui, salah satunya adalah pengisian ulang baterai yang berjalan lebih lambat.

Cara Deteksi Hp Dicas Tidak Mau Mengisi Daya

baterai tidak mau mengisi
Hp sudah menjadi perangkat yang tak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari–hari manusia saat ini. Maka tak heran, banyak orang yang akan melakukan segala upaya agar perangkat miliknya bertahan hidup. Namun, masalahnya, daya baterai sebuah hp tidaklah lama.

Apalagi bila terlalu sering dicas, hp akan rusak bahkan baterai tidak bisa mengisi daya baterai lagi. Bila hal tersebut terjadi pada Anda, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi baterai daya yang tidak bisa di isi ulang, yaitu :

1. Restart Hp

Cara pertama yang bisa dilakukan ialah mematikan hp agar semua sistem yang error kembali normal. Diamkan beberapa saat kemudian hidupkan kembali.

2. Periksa Kabel USB dan Power Adapter

Terkadang masalah pengisian ulang tak selalu pada perangkat. Masalah bisa juga timbul dari charger yang Anda punya. Bisa jadi kerena kabel USB mudah error karena sering terlipat. Bila kabel USB Anda yang rusak, sebaiknya beli Kabel USB bawaan hp yang asli agar dapat digunakan kembali tanpa resiko. Sekali lagi jangan gunakan kabel USB secara sembarangan.

Setelah kabel USB, Anda juga perlu memeriksa power adapter. Terkadang karena pemakaian yang salah, arus dari power Adapter berkurang sehingga baterai smartphone tidak terisi penuh. Cara mengeceknya, Anda bisa meminjam charger orang lain. Bila digunakan hp Anda terisi penuh, maka bisa dipastikan kabel USB atau power adapter Anda yang bermasalah

3. Periksa Port USB

Terkadang Anda sebagai pengguna hp yang memiliki mobilitas padat sering mencabut kabel charger yang sedang terhubung ke perangkat secara kasar tanpa disadari. Hal ini bisa membuat port USB Anda error. Untuk mengatasi hal ini, tentu Anda harus membawanya ke tempat service resmi agar bisa dicek lebih lengkap.

4. Periksa Kondisi Baterai

Jika semua hal di atas ternyata berjalan normal, maka penyebab baterai hp yang tidak bisa di isi ulang bisa saja karena kondisi baterai yang sudah rusak. Gantilah baterai sesuai dengan petunjuk dan ketentuan dari pabrik. 

Aplikasi untuk Mengecek Kesehatan Baterai

baterai tidak mau mengisi
Seperti yang sudah disebut, bahwa sebuah baterai memiliki batas hidup dengan siklus pengisian yang terbatas. Dan kita juga tidak mungkin menghitung sudah berapa banyak baterai diisi ulang. Namun tidak ada salahnya sekali-kali kita mengecek seberapa sehat baterai hp yang dimiliki. Dengan demikian, kita bisa mendeteksi lebih dini jika baterai perangkat sudah memasuki batas untuk dilakukan penggantian.

Untuk mendeteksi kesehatan baterai ini juga tidak sulit. Karena saat ini telah tersedia beberapa aplikasi untuk mengecek daya tahan baterai, berikut pilihannya : 

1. Ampere

Aplikasi ini bisa juga digunakan untuk mengetahui apakah hp Anda sedang diisi daya dan berapa banyak daya yang telah terisi. Ampere pada dasarnya mengidentifikasi berapa banyak arus yang ditarik dari perangkat saat sedang dicas. Sangat berguna untuk Anda yang mengalami masalah hp dicas tapi tidak mengisi sekaligus untuk melihat metode pengisian mana yang terbaik.

2. Repair Battery Life PRO

Dengan aplikasi ini Anda dimungkinkan untuk melakukan ‘perbaikan’ baterai agar kembali sehat. Anda juga bisa melakukan kalibrasi ulang baterai yang berguna untuk mengembalikan performa baterai. Dan yang terpenting, aplikasi ini memungkinkan Anda mengecek seputar baterai, mulai dari suhu, sisa daya, arus dan lainnya. 

3. Battery Life

Battery Life sudah tersedia untuk hp Android dan juga h berbasis iOS. Aplikasi ini mebawarkan penggunaan yang mudah untuk pengguna pemula. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengetahui persentase penurunan kinerja baterai. Tidak hanya itu, ada juga fitur yang memungkinkan Anda melihat berapa arus daya yang tersisa (dalam hal ini adalah mAh).

Sehingga bisa memperkirakan berapa lama lagi hp sudah harus diisi ulang. Battery Life juga memiliki fitur tambahan yang bisa digunakan untuk melakukan uji perangkat, clean memory dan lainnya.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa permasalahan hp dicas tapi tidak mau mengisi bukan semata-mata karena terjadi kerusakan pada baterai. Karena diluar itu masih ada beberapa faktor yang patut diketahui. Pastikan Anda melakukan deteksi awal sebelum memutuskan untuk membawa perangkat ke servis resmi yang bisa dipercaya. 

Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga artikel :

Baterai Laptop dan Aneka Permasalahan Serta Solusinya 

Nokia 2 Resmi Dirilis, HP Android Murah dengan Baterai 4100mAh 

Awas, Daftar Aplikasi Ini Bikin Baterai Ponsel Makin Boros! 

Artikel Lainnya

Komentar

Rizki Pratama 21 April 2015 - 21:55
maaf mau nanya.. kalo yang jadi penyebab android mati karena baterai terlalu drop bagaimana ya.... biskah di pancing dulu baterai tersebut dengan adaptor yang lebih tinggi amperenya.. terima kasih.... mampir ya www.motroad.com
Risky Wijaya Praba Saputra 22 April 2015 - 08:33
lebih baik jangan gan takutnya malah ngerusak batre itu sndiri, mending cas aja trus dibiarin selama beberapa jam, kalo bisa di copot dlu batrenya baru di cas
Leonardo Arma 14 Juni 2015 - 15:30
Ma401447746644300003SUNARTISDN 165/VIIIS1af gan,mau tanya nich. Android saya bermasalah bila di cas,bila di cas langsung ke listrik,daya nya terhubung,tp tidak mau bertambah. Misal waktu ngecas dengan daya baterai tinggal 7℅ya udah 7℅ aja terus.tp klo pakai powerbank bisa mengisi. Masalah timbul setelah saya menggunakan powerbank ini. Kira-kira apa ya gan kerusakanya ? Trims
Risky Wijaya Praba Saputra 15 Juni 2015 - 07:20
agan udah nyoba pake charger lain? soalnya ane pernah pake usb charger merk abal2 eh HH ane ngaco layarnya klo di maenin sambil ngecas -_- pas ganti charger lain normal2 aja....
Galih Poetra 11 November 2016 - 07:41
Maaf gan mau tanya Android saya bermasalah klo di cas malh gk mau nambh' tpi malh ngurangin misalh.a saya cas batre 15℅ nanti tau" tinggl 13℅ padahal carger.a terhubung ke HP itu knpa y
Bima Satria 11 November 2016 - 18:13
@Galih Poetra: Coba pake kabel charger lain, kalau masih ga bisa juga. Kemungkinan baterainy sudah rusak
Vtree queen 03 Desember 2016 - 20:13
Kalo hp d cas tpi batrenya ga mau nambah" itu knpa yah... Casan d cabut malah mati...
Bima Satria 05 Desember 2016 - 16:23
@Vtree queen: Baterainya bocor itu sist, ganti aja
Putri Adryan Syah 27 April 2017 - 07:52
Saya mau tanya..hp ku klo dicas selalu muncul tulisan pengisian batre dijeda karena suhu terlalu rendah..mksd nya ap ya..jd gk bs charger
Bima Satria 27 April 2017 - 15:39
@Putri Adryan Syah : Ganti pala chargernya, jgn pake yang kawe sist
Quinza 29 April 2017 - 23:58
Maap gan mau nanya hp we samsung a3 kalo dicas 14 % melulu kgk mau naik, cas udah we coba ganti pake hp yg satu tp kgk mau juga. Mau ganti batrai tp a3 pake batrai tanam! Solusinya donk
Nanda Eko Prastyo 07 Mei 2017 - 01:56
Quinza Msalah buat a3 2016 yang tidak maau nambah kalo di charger Buka kasing blkg panasin dengan blower atau jg bisa dengan hair dryer. Lbih lanjut buka youtube liat cara buka kasing blkg a3 2016 Terus cabut batre a3 2016nya diamkan 5mnt-10mnt kmudian pasang lagi.. insya allah bisa di charger lg.. kasus sama kayak yang saya perbaiki.
Bima Satria 08 Mei 2017 - 17:18
@Quinza Kalau ganti charger tetep ga naik2. Berarti emang baterainya. Coba bawa ke service center aja yoo.. Atau pake cara atas ane tuh :D
bennyberto 12 Mei 2017 - 22:26
tolong bos, hp saya asus z5, kmaren jatuh, pas di cas getar berarti masuk pas dihidup kan tpi di lambang batre nya nggak ada lambang listrik nya kalau cas nya masuk, tpi casnya itu masuk, kalo di matikan logo cas nya hidup samo lampu led nyo hidup, nggak nyampe setengah menit mati lampunya trus nggak ngisi lagi, pas di tkan tombol on off nya hidup lgi logo samo lampu nyo trus mati lagi, kira2 apa maslah nya??????
Bima Satria 15 Mei 2017 - 14:51
@bennyberto Mesinnya kena kayanya tuh bro. Bawa ketempat servis aja
agus 09 Juni 2017 - 20:03
om bro .....penyebab panas hape apibila di charger itu kenapa yaa......!!!!!! truss ada tulisan batre dijeda
Bima Satria 12 Juni 2017 - 16:11
@:agus Biasanya device yang fast charging pasti panas chargernya. Tapi kalau ga fast charging tapi panas karena memang internetnya sedang nyala gitu
Gus 23 Juni 2017 - 01:29
Ane punya HP Xiaomi resmi note 3 ,,klu di cas mau terus ngisi tapi kenapa klu udah sekitar 1/2 jam tidak mengisi lagi. Misalnya di charger pada saat baterai 2% tercharger 10% dan tidak tercharger lagi tapi setelah charger nya di cabut malah ada tanda "hubungan ke pengisi daya" ,,tolong bantuannya gan
Bima Satria 05 Juli 2017 - 17:38
@Gus: Kayanya baterai atau soket baterainya rusak
Lié 06 Juli 2017 - 12:40
Mo nanya ni... Aq punya SS grand duos,kalo d caz gambar voltase masih nampak,tapi yang bikin saya bingung hp saya di caz sehari semalam daya batre gk bisa nambah,charger awalnya pake punya asuz trus ganti ma punya'e lenovo juga gk bisa,konektor juga masih sehat Mohon pencerahan...
Bima Satria 06 Juli 2017 - 14:50
@Lié: Baterainya udah coba ganti? Mungkin soket colokan juga bermaslah itu
mamank olhyth 16 November 2017 - 08:20
Maaf mau tanya. hp saya samsung core2. Kalau ngecas tidak ada tanda apapun tp battery. Apa ada kerusakan atau emang bawaan hp nya kya gtu. mhon petunjuknya
Bima Satria 16 November 2017 - 16:09
@mamank olhythL Tapi tetep charger ga? kayanya kalau enggak berarti ada masalah dicharger atau diport charger
mamank olhyth 16 November 2017 - 21:26
@bima satria: ngisi om malah ampe penuh 100%. Tp saya bingung kok ga da tanda masuk nya. biasa nya kan ada tanda petir atau layar keadaan mati pas di colokin charger layar akan menyala. Ini engga. itu kenapa mas...????
Bima Satria 20 November 2017 - 16:46
@mamank olhyth: Harusnya sih ada yaa, kalau enggak ada problem sih gapapa deh jgn diapa2in takutnya malah error
Kampret Fidwid 14 Desember 2017 - 17:06
misi gan batre hp sy kok di cas cuma mentok di 22% ya hbis itu gak nambah lg mohon pencerahannya