Diperbaharui pada Rabu, 15 Mei 2024 | 10:09

10 Tips Memilih Hp untuk Kebutuhan Bisnis dan Jualan Online

hp untuk kebutuhan bisnisFoto: Pexels

Menentukan gawai yang dapat mendukung aktivitas bisnis dan usaha itu gampang-gampang susah, apalagi jika kriteria gawai yang dibutuhkan cukup spesifik. Salah satu jenis gawai yang paling sering dipakai dalam mengelola usaha adalah smartphone dan tablet.

Dewasa ini, smartphone bukan hanya sebuah gawai untuk digunakan menelepon atau bertukar pesan saja. Banyak fungsi pada smartphone yang dibuat secara khusus untuk multitasking, termasuk untuk membantu mengelola bisnis dan usaha secara real time.

Jenis Hp yang Cocok untuk Bisnis dan Usaha

Secara umum, jenis hp yang cocok untuk digunakan dalam dunia bisnis adalah smartphone yang mendukung multitasking. karena kebutuhan untuk mengelola usaha berbeda antara satu dengan lainnya, misalnya usaha kafe memiliki kebutuhan yang berbeda dengan usaha pakaian, walau secara esensi, cara mengelolanya tidak jauh berbeda.

Keunggulan dari smartphone dengan fitur multitasking, akan sangat membantu dalam menjalankan usaha. Apalagi kalau usaha yang dijalani cukup populer dan ramai pembeli/pengunjung. Terlebih lagi bila usahanya melayani pembelian/pemesanan secara online juga.

Salah satu kebutuhan vital hp untuk bisnis adalah kapasitas baterai. Smartphone dengan baterai besar pada umumnya awet untuk digunakan selama seharian, sehingga penggunannya tidak perlu repot mengisi baterai berkali-kali, yang malah akan menghambat pekerjaan.

Hal ini menjadi salah satu penunjang bisnis yang penting, karena tentunya akan ada lebih banyak pelanggan yang membeli produk secara online bisa dilayani dengan baik. Selain baterai, apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut penjabarannya.

tips memilih hp untuk bisnisFoto: Pexels

Tips Memilih Hp untuk Bisnis dan Jualan Online

Menentukan hp yang akan digunakan untuk bisnis yang mengandalkan multitasking tidak bisa sembarangan, karena fitur-fitur yang ditawarkan harus bisa mendukung aktivitas pengelolaan usaha di dalam satu perangkat. Artinya, smartphone harus lengkap fiturnya.

Selayaknya memilih hp gaming atau hp untuk kebutuhan multimedia, hp yang akan dipakai untuk kebutuhan mengelola bisnis perlu memenuhi beberapa kriteria sbb.

1. Manajemen Aplikasi untuk Tugas Berat

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah ketersediaan dari berbagai aplikasi pendukung bisnis. Sebut saja email, kalender, kontak, dan lainnya. Memang tips pertama ini terdengar standar, karena ini adalah fitur umum pada semua smartphone yang ada di pasaran.

Tapi semua aplikasi tersebut menjadi lebih penting untuk keperluan bisnis, terutama bila bisa disinkronkan dengan aplikasi lain yang berhubungan dengan jenis pekerjaannya, secara lancar. Perlu diketahui, tidak semua hp memiliki kemampuan ini.

2. Kapasitas RAM Besar

RAM besar tidak hanya dibutuhkan untuk kebutuhan gaming, karena hp yang dipakai untuk bisnis dan usaha juga membutuhkan kapasitas RAM yang besar.

Katakanlah Anda harus mengunduh file desain pakaian atau pernak pernik toko berukuran besar. Selain itu, untuk menjaga kestabilan dalam menjalankan berbagai aplikasi dalam hp, tentunya kita membutuhkan hp dengan kapasitas RAM besar.

Kami merekomendasikan untuk memilih smartphone yang dibekali dengan RAM 4 GB ke atas. Agar kegiatan kerja lebih baik dan lancar, tidak ada salahnya juga memilih hp dengan RAM 12 GB.

3. Punya Prosesor Canggih

Selain RAM, faktor lain yang akan menentukan kelancaran dalam mengelola usaha adalah prosesor yang berfungsi untuk mendukung performa sebuah smartphone.

Semakin tinggi versi prosesor yang diusung oleh smartphone, maka semakin baik pula kinerjanya untuk digunakan bekerja dan melaksanakan tugas-tugas multitasking.

4. Fitur Kamera Berkualitas

Sebagian orang melihat kamera bukan sebagai kebutuhan utama dalam dunia kerja, namun dengan berkembangnya teknologi kamera yang dibekali dengan berbagai fitur, termasuk fitur yang dapat memindai gambar untuk translasi atau mencari lokasi, maka kahadirannya menjadi penting di dunia usaha.

Selain itu, katakanlah bisnis yang Anda jalani adalah toko online, atau Anda sering mempromosikan barang jualan melalui TikTok Live atau Instagram, maka kehadiran kamera yang baik dapat dimanfaatkan untuk memotret dan merekam produk-produk yang Anda jual tersebut, tanpa harus berinvestasi membeli kamera DSLR atau mirrorless.

5. Kapasitas Penyimpanan Besar

Dulu, kita kerap membawa flashdisk untuk menyimpan berbagai file, mulai dari dokumen, hingga file presentasi. Namun peran flashdisk kini sudah tergantikan dengan smartphone.

Untuk kebutuhan kerja, cari smartphone dengan memori internal yang besar. Di pasaran saat ini tersedia smartphone dengan kapasitas memori mulai dari 32 GB hingga 512 GB. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, kebutuhan penyimpanan data juga dapat dilakukan secara online. Jadi pastikan smartphone yang Anda beli sudah mendukung berbagai media penyimpanan seperti cloud, Google Drive, dan sebagainya.

hp untuk mengelola bisnisFoto: Pexels

6. Keamanan Data

Smartphone yang dipakai untuk bisnis dan usaha pada umumnya berisi berbagai data penting, terutama bagi Anda yang memiliki usaha kuliner, bisa saja resep rahasia Anda ada di dalam smartphone, atau berisi dokumen jual beli yang sensitif, sehingga perlu fitur keamanan yang baik.

Keamanan data ini berkaitan erat dengan fitur keamanan yang dimiliki smartphone. Pilih smartphone yang memiliki fitur keamanan tinggi dan lengkap, mulai dari password, pola, pemindai sidik jadi, hingga pemindai wajah.

Perlu diketahui, tidak semua produk smartphone di pasaran dibekali dengan semua fitur keamanan tersebut, biasanya hanya satu atau dua fitur saja. Dengan memilih smartphone yang memiliki semua fiturnya, maka keamanan hp juga meningkat.

7. Baterai Berkapasitas Besar

Tentu akan sangat mengganggu ketika kita sedang bekarja, tapi baterai hp sangat boros karena kapasitasnya yang kecil. Masalah ini umumnya terjadi ketika kita sering menggunakan hp untuk berjualan online.

Untuk itu, carilah smartphone dengan kapasitas baterai besar. Saran kami, cari smartphone dengan minimum kapasitas baterai 5000 mAh. Dengan begitu, aktivitas berujualan bisa berjalan dengan lancar.

Perlu diketahui, beberapa produsen hp telah juga merilis smartphone dengan baterai hingga 7000 mAh, yang sudah mendukung teknologi pengisian daya cepat (fast charging).

8. Konektivitas Hp

Masalah konektivitas selalu menjadi masalah klasik di Indonesia. Namun, bagi Anda yang ingin tetap lancar menjalankan bisnis tanpa harus terganggu dengan masalah konektivitas, pakai hp yang sudah mendukung jaringan 4G atau 5G.

Dengan jaringan yang cepat dan lancar, maka aktivitas bisnis dan kerja juga akan dapat dilakukan dengan lebih efisien. Kecepatan internet sangat mendukung aktivitas bisnis, terutama bisnis online.

9. Sistem Operasi Terbaru

Seperti produk-produk gawai pada umunnya, sistem atau program yang paling baru akan memastikan performa perangkat tersebut dapat berjalan dengan lebih baik. Begitu pula dengan smartphone.

Jadi pastikan untuk memilih smartphone dengan sistem operasi terbaru, Kami sarankan untuk memilih sistem operasi yang umurnya tidak lebih dari 2 tahun, dari sistem operasi terbaru yang rilis di tahun Anda membeli smartphone tersebut.

10. Ukuran Layar Hp Luas

Untuk kebutuhan bisnis dan mengelola usaha, terutama bagi pelaku bisnis UKM berbasi online, kehadiran layar besar adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan.

Dengan layar yang besar, tentu aktivitas mengetik akan semakin mudah. Untuk itu, kami menyarankan untuk menggunakan hp dengan layar berukuran 6 inci ke atas.

Smartphone Mumpuni, Usaha Lancar

Memilih smartphone yang tepat untuk mengelola bisnis dan usaha, akan membuat segalanya lancar dan mudah. Pekerjaan juga dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien.

Selain tips, Anda juga bisa mendapatkan beberapa rekomendasi hp untuk bisnis yang telah dikurasi oleh tim redaksi Pricebook. Semoga tips memilih hp untuk bisnis dan usaha yang kami sajikan ini bermanfaat, ya!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1525 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.