Muncul Suara Aneh, Bug Baru Laptop Macbook Pro 2016?

Oleh Aris Wibowo updated Senin, 17 Apr 2017 | 10:00

image by macworld

Keluhan suara-suara aneh yang muncul dalam laptop Macbook Pro 2016 diduga berasal dari gesekan komponen akibat panas berlebih. Apalagi Apple juga belum melakukan penyidikan mendalam terhadap kasus tersebut.

Bagi pengguna laptop MacBook Pro keluaran tahun 2016, pasti sudah memahami berbagai keluhan dan bug yang terdapat dalam laptop premium Apple ini. Dimana banyak keluhan akibat adanya berbagai masalah seperti munculnya garis dalam layar hingga boros baterai. Dan kini masalah baru muncul dengan berbagai laporan pengguna yang mengeluhkan adanya suara-suara aneh sering muncul dalam laptop Macbook Pro 2016.

Namun masih belum jelas darimana sumber suara aneh tersebut berasal. Apalagi, suara aneh terus bermunculan tanpa ritme yang jelas. Tidak hanya itu, suara pun muncul dalam waktu yang acak. Walaupun demikian, sebagai catatan, suara-suara aneh dalam laptop MacBook Pro 2016 terus muncul saat perangkat digunakan dalam kerja berat. Sehingga banyak yang berasumsi asal suara aneh dalam laptop Apple ini berasal dari gesekan komponen akibat panas berlebih. Sehingga menyebabkan lem atau penahan plastik kehilangan daya cengkramnya.

Salah seorang pengguna Apple menuliskan dalam forum Apple bahwa suara-suara aneh dalam laptop Macbook pro 2016 berasal dari gesekan. Apalagi dalam layar 15 inci laptop MacBook Pro 2016 terdapat komponen aluminium. Kemungkinan akibat panas berlebih memberi efek pada lem dan beberapa penahan plastik dalam layar. Sedangkan konsumen lain mengatakan bahwa suara dalam laptop Apple miliknya terus muncul saat bagian kanan bawah layar ditekan.

Alhasil, hingga kini belum ada penjelasan asal muasal suara-suara aneh dalam laptop MacBook Pro 2016. Apple juga belum melakukan penyidikan mendalam akan kasus ini.

Sebelumnya, Laptop MacBook Pro 2016 hadir dengan sejumlah perubahan dibanding versi lama. Apple bahkan melakukan upgrade pada bagian keyboard, khususnya pada varian laptop Macbook 12 inci. Terdapat berbagai sistem mekanik baru pada keyboard yang diklaim Apple membuat keyboard lebih responsif.

Sayangnya, Februari lalu beberapa pengguna laptop MacBook Pro 2016 juga melaporkan ada beberapa tombol pada keyboard yang tidak berfungsi. Tidak hanya itu, muncul juga suara-suara aneh saat keyboard digunakan mengetik. Beberapa pengguna juga melaporkan keyboard yang kurang nyaman digunakan untuk mengetik dengan cepat.

Masalah keyboard pada laptop Macbook Pro 2016 ini sudah dilaporkan oleh berbagai pengguna di MacRumor Forus dan Apple Support Site. Bahkan untuk memperkuat laporan masalah keyboard ini, seorang pengguna dengan akun id Monstermac77 memposting video yang memperlihatkan adanya masalah serius pada keyboard. Dalam video tampak jelas keyboard mengeluarkan suara aneh saat tombol ditekan. Apple sendiri belum memberikan komentar apapun akan kasus keyboard pada laptop Macbook pro 2016 ini.

Baca juga artikel:
Lagi Apple Macbook Pro 2016 Bermasalah, Kini Giliran Keyboard yang Error
Apple Hadirkan Update Software Fix untuk MacBook Pro 2016
Apple Macbook Pro dan 4 Laptop Ini Harganya 'Sakit Jiwa' di Bukalapak Harbolnas

Artikel Lainnya

Komentar