Panasonic Eluga Tapp, Smartphone 4G LTE Murah dengan Layar 5 Inch

Oleh Ardiansyah Hana updated Kamis, 20 Okt 2016 | 12:43

Panasonic Eluga Tapp

Mengikuti produsen lain yang mengekspansi pasar negara berkembang, kini giliran merek asal Jepang, Panasonic, yang ikut bermain di pasar tersebut dengan mengeluarkan smartphone 4G LTE murah.

Memilih India sebagai negara pertama yang dituju terkait peluncuran smartphone 4G LTE murah, produk ini dinamakan Panasonic Eluga Tapp yang tidak hanya dijual dengan banderol terjangkau namun tetap mementingkan spesifikasi dan fitur. 

Ingin bermain di pasar mid-range negara-negara berkembang, Panasonic Eluga Tapp mengusung fitur pemindai sidik jari yang ditempatkan pada bagian depan di tombol Home. Fitur ini sejatinya juga bisa ditemukan pada smartphone mid-range lain seperti Xiaomi Redmi 3 Pro, ZTE Blade A711 dan Lenovo Vibe P1 Turbo.

Masih  mengenai sensor sidik jari, Panasonic mengklaim bahwa hape barunya ini memiliki modul scanner yang bekerja akurat, mampu mengenali ruas jari pengguna secara detil dalam waktu kurang dari 1 detik.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE 850 / 1800 / 2300
Ukuran Layar 5 inch
Chipset -
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU Quad-core 1.25 GHz
GPU -
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Resolusi Kamera 8 MP
Kamera Depan 5MP
Baterai Li-Ion 2800mAh

Mempunyai dimensi bodi berukuran 143 × 71 × 8.15 mm dan berat 138 gram, Panasonic Eluga Tapp dijalankan pada sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. Sementara soal layar, smartphone ini menawarkan panel IPS seluas 5 inch beresolusi HD 1280 x 720 piksel dengan kerapatan 294 ppi.

Selain mengusung konektivitas dual SIM 4G LTE Cat4 150/50 Mbps, smartphone ini mengandalkan dukungan prosesor Quad Core dengan clock speed  1.25 GHz. Sayangnya, Panasonic belum mengumumkan terkait penggunaan seri dan model prosesornya.

Menemani prosesor empat inti tersebut,  Panasonic Eluga juga dilengkapi dengan dukungan RAM 2 GB yang siap memenuhi kebutuhan multitasking. Kemudian, tersedia pula dukungan memori internal berkapasitas 16 GB yang bisa diekspansi melalui slot microSD hingga 32 GB. 

Untuk sektor fotografi, Panasonic Eluga dilengkapi sensor utama 8 MP yang disertai fitur LED flash dan autofocus. Sedangkan di sisi depannya terdapat kamera 5 MP. Sayangnya, dukungan baterai pada smartphone ini kurang  menjanjikan karena hanya berkapasitas 2800 mAh saja.

Disamping memiliki fitur keamanan melalui adanya sensor sidik jari, Panasonic Eluga juga sudah terintegrasi dengan layanan Android for Work. Layanan ini memungkinkan para pelaku bisnis dapat dengan mudah untuk mengatur aplikasi personal dan pekerjaan.

Tersedia dalam tiga varian warna, Black, Silver dan Rose Gold, Panasonic  Eluga Tapp dijual dengan harga Rs 8,990 atau setara Rp. 1,75 jutaan. Dengan segmen market pengguna mid-range di pasar negara berkembang, tidak menutup kemungkinan bahwa smartphone 4G LTE murah ini akan mampir ke Indonesia!

Baca juga artikel
Panasonic Rilis Ponsel Eluga Mark dengan Layanan Android for Work
Panasonic Eluga Icon, Kembaran Alcatel One Touch Flash Plus
Panasonic Melepas Trio Smartphone 4G Baru 

Artikel Lainnya

Komentar