Xiaomi Buat Kamera Pesaing GoPro

Oleh Jingga Prasetya on Jumat, 11 Mar 2016 | 15:37

Xiaomi Yi Action merupakan kamera yang akan jadi andalan produk dari Xiaomi. Produk ini bukanlah produk kamera sembarangan. Produk ini hadir sebagai sebuah action camera yang sedang banyak digemari. Kehadiran produk ini sendiri memang akan membuat persaingan diranah action camera lebih menggeliat. Pasalnya, segmen ini masih dikuasai oleh GoPro, sebagai pihak yang mempopulerkan perangkat tersebut.

Seperti dikutip dari techcrunch.com, Xiaomi Yi Action ini dihadirkan untuk menyaingi GoPro Hero. Tapi, yang menarik harga produk ini sangat terjangkau. Jika GoPro Hero dibanderol $130 atau sekitar Rp1.690.000, maka Xiaomi Yi Action hanya dibanderol dengan harga $64 atau sekitar Rp830.000.

Xiaomi Yi Action memiliki resolusi 16 MP. Kameranya ini dapat merekam video berkualitas 1080p. Kemampuannya sama dengan GoPro Hero, tetapi Xiaomi Yi Action memiliki keunggulan dari jumlah frame per detik yang lebih banyak. Dengan kualitas video yang sama, Xiaomi Yi Action mampu mendapatkan 60 frame per detikm sedangkan GoPro Hero hanya 30 frame per detik. Kualitas gambar yang dihasilkan Yi Action diklaim lebih bagus karena dibekali dengan sensor Sony Exmor R BSI CMOS berkualitas tinggi.

Kelebihan lain dari Xiaomi Yi Action adalah memori penyimpanan yang besar. Di dalam Xiaomi Yi Action, terdapat memori 64 GB. Perlu diketahui, GoPro Hero hanya berkapasitas 32 GB saja. Belum cukup sampai disitu, Xiaomi Yi Action ternyata juga bisa digunakan sambil menyelam. Bagi yang suka menyelam bisa menggunakan kamera ini untuk menangkap situasi di bawah air dengan ke dalaman maksimal 40 meter.

Penyelam cukup menangkap kondisi di dalam air kemudian mengirimkan hasil rekamanya lewat fitur WiFi. Ada juga fitur Bluetooth untuk memindahkan pemindahan data ke perangkat lain. Smartphone ini ternyata memiliki kekurangan. Aspek kekurangan tersebut adalah tidak dilengkapinya Xiaomi Yi Action dengan aksesoris dasar. Padahal untuk sebuah kamera action, aksesoris ini sangat penting. Tujuannya tentu saja agar mudah dipasang dimana saja.

Poduk ini rencananya akan dijual terlebih dahulu di Tiongkok. Untuk sistem penjualannya menggunakan cara flash-sale di situs resminya, Mi.com. Belum ada kejelasan apakah produk ini akan dijual di luar Tiongkok atau tidak.

Baca juga artikel

Enam Smartphone Wiko, Warnai Pasar Indonesia

Berikut Perbandingan Harga Asus Zenfone Di Mega Bazaar 2015 Dan ITC Roxy Mas

Ini Harga Smartphone Oppo Dan Acer Di Mega Bazaar 2015

Artikel Lainnya

Komentar