Diperbaharui pada Senin, 30 Januari 2017 | 16:16

Adu Ponsel Android Murah RAM 3GB, Infinix Zero 3 vs Wiko Ridge 4G Fever

Masih banyak pengguna smartphone yang mengeluhkan kinerja perangkat yang lambat. Hal ini memacu beberapa produsen smartphone menghadirkan produk dengan RAM kian besar agar kinerjanya optimal dan cepat. Sayangnya, ponsel dengan RAM besar masih berharga mahal. Namun, jika kamu masih ingin mencari smartphone RAM besar, mungkin pilihan RAM 3GB lebih masuk akal dan terjangkau secara harga.

Diindonesia sendiri cukup banyak ponsel Android murah dengan RAM 3GB. sebut saja Infinix Zero 3 dan Wiko Ridge 4G Fever. Kedua ponsel selain mengusung RAM 3GB juga mengusung spesifikasi yang unggul termasuk kamera resolusi tinggi dan juga fitur 4G LTE. Lalu manakah yang lebih unggul antara kedua ponsel Android murah RAM 3GB ini? Berikut ulasannya oleh Pricebook.

Desain dan Layar

Infinix mengusung desain yang cukup elegan dan terkesan mewah. Ponsel Android 4G ini menggunakan bodi aluminium dengan sudut yang tegas. Dimensinya juga cukup solid namun tetap nyaman digenggam tangan. Infinix Zero 3 menggunakan dimensi tebal 7,1 mm dan berat 120 gram. Smartphone ini juga kian minimalis dengan penggunaan tombol on screen.

Wiko juga menghadirkan desain yang lebih ringkas. Ponsel Android RAM 3GB ini bahkan sudah menggunakan bodi aluminium yang cukup nyaman. Mengusung sudut bodi yang melengkung, ponsel ini tampak lebih cocok untuk penggunaan harian yang sibuk. Sayangnya untuk dimensi, meski ringkas,  smartphone ini lebih berat dengan tebal 8,3 mm dan berat 143 gram. Menariknya, Wiko menghadirkan zat phosphorescent yang membuat smartphone bisa menyala dalam gelap. Hal ini memudahkan pengguna mencari smartphone dalam kondisi gelap.

Pada bagian layar, Infinix Zero 3 menggunakan layar yang cukup bersar yakni 5,5 inci. Sementara, Wiko Ridge 4G Fever menggunakan layar berukuran 5,2 inci. Kedua ponsel sama – sama menggunakan panel layar IPS dan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels. Dengan layar yang lebih kecil, Ponsel Android Wiko mampu menampilkan visual yang lebih tajam dan jernih. Namun untuk kenyamanan, tampak jelas infinix lebih unggul karena mengusung layar yang lebih lebar. Pengguna bisa leluasa browsing, bermain game dan menonton video.

Mesin

Beranjak ke bagian mesin, Kedua smarthone 4G LTE baik Infinix Zero 3 maupun Wiko Ridge 4G Fever mengusung mesin yang sama-sama tangguh di pasar ponsel Android kelas menengah. Infinix  menggunakan Chipset Mediatek Helio X10. Prosesor berteknologi 64-bit ini disokong RAM 3GB dan GPU PowerVR.

 

Sedangkan Wiko menggunakan Chipset Mediatek MT6753. Prosesor ini akan disokong RAM 3GB dan GPU Mali. Performa kedua mesin ini sangat memadai untuk penggunaan harian dan multitasking. Pengguna bisa membuka aplikasi dan game dengan lebih lancar apalagi kedua smartphone menggunakan RAM 3GB.

Sementara itu, dibagian sistem operasi, kedua ponsel Android murah RAM 3GB menggunakan OS Android Lollipop 5.1. Kedua antarmuka ini hadirkan tampilan yang minimalis.

Memori

Pada bagian memori, Infinix Dan Wiko menggunakan memori internal yang cukup besar. keduanya menggunakan memori internal 16GB pada Zero 3 dan memori internal 32GB pada Ridge 4G Fever. Perbedaan terletak pada slot microSD. Infinix menghadirkan slot microSD berkapasitas 32 GB, sedangkan Wiko memilik slot microSD 64GB.

Kamera

Infinix memakai kamera yang lebih baik dibanding seri sebelumnya. Infinix memasang kamera utama 20,7 MP dengan f/2.0, LED Flash, touch focus, hingga autofocus. Sedangkan dikamera depan terpasang kamera 5 MP f/2.2 untuk selfie.

Wiko juga memasang kamera yang tidak jauh unggul. Ponsel Android 4G LTE ini memasang kamera utama 13 MP dengan f/2.0. LED Flash, Touch Focus, Face Detection. Pada bagian depan terpasang kamera 5 MP dengan f/2.2. Wiko bahkan menghadirkan LED untuk flash selfie.

Kedua kamera mumpuni untuk merekam video 4K hingga Full HD. Namun, mengingat Infinix Zero 3 hadir dengan keunggulan resolusi dan sensor Sony yang lebih baik sehingga mumpuni untuk kondisi low-light.

Baterai

Infinix meningkaykan baterai dengan memasang baterai 3030 mAh yang sayangnya tidak bisa dibongkar pasang. Wiko juga menggunakan baterai dengan kapasitas 2500 mAh. Keduanya memang menghadirkan performa yang signifikan.

Kesimpulan

Sejatinya, kedua ponsel Androd murah RAM 3GB ini mengusung performa yang sama seperti Layar, memori RAM dan Kamera. Dari sisi desain tentu Infinix Zero 3 yang unggul karena tampil lebih solid dan mewah. Tak hanya itu, ponsel ini hadir dengan kamera resolusi besar dan baterai yang lebih besar. Namun, Wiko Ridge 4G Fever unggul pada bagian desain yang ringkas dan layar yang lebih tajam.

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai
Infinix Zero 3 X552 RAM 3GB ROM 16GB belum ada harga 5.5 inch Helio X10 5.1 3 GB 16 GB PowerVR G6200 20.7 MP 3030 mAh
Wiko Ridge 4G Fever RAM 3GB ROM 16GB belum ada harga 5.2 inch MT6753 5.1 3 GB 16 GB Mali-T720MP3 13 MP 2500 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Komparasi Hape Samsung Galaxy A7 (2016) vs Samsung Galaxy A7 (2017)
Duel Ponsel Layar HD, Coolpad Fancy 3 VS OPPO A39
Adu Ponsel 1 Jutaan Samsung, Samsung Galaxy V2 VS Samsung Galaxy Z2
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts