Duel Smartphone Kamera, Asus Zenfone Zoom VS Samsung Galaxy K Zoom

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 08 Jul 2015 | 13:35

Awal tahun ini Samsung memperkenalkan dua buah smartphone baru ke pasar dunia. Menariknya, salah satu diantara perangkat terbaru tersebut merupakan sebuah smartphone kamera dengan kualitas tinggi bernama Asus Zenfone Zoom. Smartphone kamera terbaru ini hadir dengan kamera beresolusi tinggi serta fitur optical zoom layaknya kamera digital.

Menariknya, Samsung juga memiliki smartphone kamera dengan spesifikasi yang hampir mirip bernama Samsung Galaxy K Zoom. Hadir pada pertengahan tahun 2014, ponsel ini mengusung fitur zoom dan juga kamera beresolusi tinggi. Lalu, manakah diantara kedua ponsel yang menjadi pilihan alternative untuk menggantikan kamera digital kamu? Berikut ulasan singkatnya.

Tabel spesifikasi Asus Zenfone Zoom dan Samsung Galaxy K Zoom

Asus Zenfone Zoom Spesifikasi Samsung Galaxy K Zoom
5.5inch Layar 4.8inch
Android v.5 Lollipop OS Android v.4 KitKat
Intel Atom Z3580 Chipset Exynos 5260
Quad-core 2.3 GHz/PowerVR G6430 CPU/GPU Quad-core 1.3 GHz Cortex A7/Mali T624
16/32/64/128GB-2/4GB Internal/ROM 8GB/2GB
13MP & 5MP Kamera 20.7MP & 2MP
Non-removable Li-Po 3000mAh Baterai Li-Ion 2430mAh battery

Perbandingan Desain Asus Zenfone Zoom dan Samsung Galaxy K Zoom

Dari sisi tampilan luar, kedua perangkat ini memang mengambil desain gabungan smartphone dan kamera digital. Dibagian depan tampak layar utama dan tombol fisik mirip varian smartphone, sedangkan dibagian belakang terdapat bagian menonjol untuk sensor kamera.

Baca juga: Samsung Luncurkan Galaxy K Zoom, Ini 10 Fitur Unggulannya

Asus Zenfone Zoom tampak hadir dengan dimensi yang lebih ramping, besar dan ringan. Ponsel ini hadir dengan dimensi 158,9 x 78,8 x 12 mm dengan berat 185 gram. Hal ini jauh dibanding Samsung K Zoom yang berukuran 137,5 x 70,8 x 16,6 mm dengan berat 200 gram.

Perbandingan Layar Asus Zenfone Zoom dan Samsung Galaxy K Zoom

Layar Asus Zenfone hadir dengan luas 5,5 cm serta teknologi IPS dan resolusi layar Full HD 1920 x 1080 pixels. Tentu dengan spesifikasi ini layar ponsel ini cukup cerah dan mudah digunakan melihat objek. Apalagi, layar ini sudah dilindungi anti gores Corning Gorilla Glass yang kuat.

Sedangkan Samsung Galaxy hanya menggunakan layar 4,8 inci. Layar ini sudah disokong teknologi Super AMOLED dan resolusi layar HD 1280 x 720 pixels. Layarnya cukup jernih dan detail untuk menampilkan hasil jepretan.

Baca juga: Himax Zoom, Smartphone Berprosesor Enam Inti Rp1,9 juta

Perbandingan Hardware Asus Zenfone Zoom dan Samsung Galaxy K Zoom

Pada bagian ini, Asus  Zenfone Zoom lebih unggul dari Samsung K Zoom. Asus menghadirkan prosesor Quad core dengan Intel Atom Z3580 berkecepatan 2,3 GHz dengan sokongan RAM 4 GB dan pengolah grafis PowerVR G6430. Dengan RAM besar ini, smartphone berjalan cukup cepat dan mulus di sistem operasi Android 5.0 Lollipop.

Samsung K Zoom menggunakan Quad core Exynos 5260 dengan kecepatan 1,3 GHz. Prosesor ini disokong RAM 2GB dan GPU mali T624. Prosesor ini akan dipadukan dengan OS Android 4.4 KitKat.

Perbandingan Kamera Asus Zenfone Zoom dan Samsung Galaxy K Zoom

Asus Zenfone Zoom hadir dengan dual kamera berkualitas tinggi. Untuk bagian kamera belakang terpasang kamera 13MP dengan resolusi gambar 4128 x 3096 pixels. Kamera utama ini hadir dengan sokongan Laser Autofocus, Optical Image Stabilization hingga dual LED flash. Kemampuan Zooming Asus Zenfone Zoom cukup baik dengan 3x optical zoom. Dibagian depan terpasang kamera 5MP dengan fitur pixelmaster.

Baca juga: Enam Penantang Himax Zoom Dengan Prosesor Hexa Core

Sementara itu, Samsung Galaxy K Zoom membawa kamera utama 20,7 MP dengan resolusi gambar 5248 x 3936 pixels. Kamera ini dibekali fitur 10x Optical zoom. Tak hanya itu, kamera Samsung Galaxy K Zoom juga hadir dengan Xenon dan LED Flash hingga optical stabilization. Sayangnya, untuk kamera depan ponsel Android ini hanya dibekali kamera 2 MP saja.

Kesimpulan

Meski unggul dari sisi layar dan prosesor, ternyata resolusi kamera utama Asus Zenfone Zoom masih kalah bila dibandingkan dengan Samsung Galaxy K Zoom. Walaupun demikian untuk kamera depan Asus lebih unggul dibanding Samsung. Dengan OS terbaru dan memori yang lebih besar, ponsel Android Asus Zenfone Zoom memang cukup menggoda. Akan tetapi semua kembali ke selera kamu. Asus Zenfone Zoom dilepas dengan harga Rp 5,9 juta,  sedangkan Samsung Galaxy K Zoom hanya Rp 4,9 juta saja.

 

Baca juga artikel

Asus Zenfone ZOOM, Smartphone dengan Laser Auto Fokus dan Foto Makro

Oppo U3, Jegal Zenfone Zoom dengan 4X Zoom dan Octa Core

Cara Menghilangkan dan Menambah Widget di Android

Artikel Lainnya

Komentar