Diperbaharui pada Jumat, 22 September 2023 | 10:07

Cara Cepat Menambah Widget di Android

Widget adalah salahsatu fitur bawaan dari Android. Fitur ini merupakan fitur andalan Android untuk mempermudah para pengguna Android memaksimalkan penggunaan perangkat mereka. Dengan widget maka pengguna tak harus selalu masuk ke menu dan menggeser-geser layar hanya untuk menemukan aplikasi yang mereka inginkan.

Dengan widget Anda bisa menambahkan aplikasi, fitur, dan shortcut lain yang paling sering Anda akses, jadi dengan sekali sentuh Anda akan langsung bisa mengakses aplikasi tersebut.

Cara Menambah Widget di Android

Bagi Anda yang ingin mengotak-atik widget, menambah dan mengurangi widget yang tampil di Home Screen Anda mungkin akan kesulitan karena memang caranya sedikit membingungkan, apalagi jika Anda ingin menghapus widget tersebut dari layar.

Bagi Anda yang masih bingung, ini sedikit bantuan untuk Anda.

Menambah Widgets

Untuk menambah widgets sebenarnya sangat mudah karena Anda hanya perlu menyentuh area kosong pada home screen Anda agak lama, lalu akan muncul daftar aplikasi, dan pilihlah mana saja yang akan Anda tambahkan. Jika telah selesai, klik tombol selesai. Ada cara lain lagi untuk menambahkan widget pada Home Screen yaitu dengan masuk ke Menu dan pilih Add, lanjutkan dengan step di atas.

Tidak ada batasan jumlah widgets yang boleh Anda tambahkan ke Home Screen, namun sebaiknya pilih aplikasi atau shortcut yang memang benar-benar sering Anda pergunakan atau akses, karena fungsi utama Widgets adalah membantu Anda mengakses aplikasi dengan cepat.

Menghapus Widgets

Untuk menghapus widget dari Home Screen sangat mudah, yaitu dengan menyentuh agak lama widget yang hendak Anda buang atau hapus. Setelah itu widget akan berwarna hijau dan biasanya muncul tanda silang (X) yang disertai tulisan Delete. Geser widget tersebut dengan tanpa melepaskan sentuhan Anda. Geser dan bawa ke arah tanda (X) dan kemudian lepaskan, Widget akan otomatis didelete.

Cara-cara menambah dan mengurangi Widget ini bisa juga Anda pergunakan untuk menambah dan mengurangi shortcut di layar smartphone Anda. Coba saja dan atur pengelolaan shortcut dan widget Anda secara lebih baik lagi.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1684 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.