Awas, WhatsApp Gold Ternyata Mengandung Malware

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 26 Mei 2016 | 12:04

Baru-baru ini dunia maya dihebohkan dengan penipuan yang bermodus pembaharuan baru versi WhatsApp yakni WhatsApp Gold.

Beberapa pengguna melaporkan menerima pesan untuk segera memperbaharui aplikasinya dengan aplikasi gold tersebut. Embel-embel gold yang menggiurkan juga dibumbui dengan layanan dan fitur khusus yang hanya bisa dimiliki pengguna tertentu saja.

Bunyi pesan yang disampaikan seperti ini “Hai, akhirnya versi rahasia dari WhatsApp Gold telah hadir. Versi ini hanya digunakan oleh selebriti papan atas. Sekarang kita bisa menggunakan versi ini” dan sudah tersebar ke beberapa pengguna WhatsApp.

Dalam versi gold ini, terdapat pula beberapa fitur menarik yang belum ada di WhatsApp versi biasa. Fitur-fitur tersebut diantaranya video calling, mampu menghapus pesan yang dikirimkan pengguna secara tak sengaja, dan kemampuan mengirimkan 100 gambar sekaligus. Tentu saja fitur-fitur ini sangat menggiurkan untuk dicoba.

Namun jika kamu menemukan tautan yang meminta kamu untuk mengunduk pembaharuan WhatsApp Gold, maka abaikan saja dan segera hapus tautan tersebut. Pasalnya, jika kamu mengklik tautan tersebut maka akan mengaktifkan program perangkat lunak berbahaya atau malware.

Bila perangkatmu terkena malware ini akan membuat data pribadi dalam ponselmu bisa dicuri. Tidak hanya itu, kegiatanmu selama menggunakan smartphone pun juga bisa terlacak. Kamu juga mesti waspada dengan jebakan update “WhatsApp Plus” yang juga mengandung virus berbahaya untuk ponsel kamu.

Sebelumnya juga sudah ada penipuan pembaharuan atas nama Apple yang juga berisi malware, maka dari itu berhati-hatilah jika muncul update pembaharuan yang tidak jelas. Pastikan selalu update di web resmi bersangkutan.

Baca juga artikel:
Awas! Situs ini Bisa Mencuri Foto dan Menginfeksi Komputer Kamu
Begini Tampilan WhatsApp Untuk PC Desktop
Kumpulan Cara Menggunakan WhatsApp yang Jarang Diketahui

Artikel Lainnya

Komentar