Rumor 6 Game Eksklusif PS5 dan Teknologi Scene Tagging

Oleh Restu Aji Siswanto updated Senin, 16 Mar 2020 | 15:38

ps5Image via LetsGo Digital

Game saat ini menjadi salah satu yang cukup dan bahkan diminati berbagai kalangan. Tak hanya anak kecil, namun remaja dan dewasa kini menyukainya. Hal ini pun juga berlaku tak hanya untuk game android namun juga game Sony PlayStation.

Apalagi dalam waktu dekat ini rumor terkait dengan kemunculan PS5 dan PS5 Pro kian gencar. Deretan game dan harga yang dibandrol bahkan nampaknya telah tersebar ke publik. Sudah pasti rumor ini seakan menjadi angin segar bagi para pecinta game, khususnya mereka yang hobi dengan game PS. 

Rumor peluncuran PS5 dan PS5 Pro 

playstation 5
Peluncuran dari PS5 dan PS5 Pro sangat dinantikan oleh para gamer. Banyak yang berharap jika konsol game ini nanti akan membawa banyak peningkatan ketimbang konsol game sebelumnya. Diharapkan pula untuk fitur yang ada juga bisa lebih baik dari yang saat ini. 

Rumor terkait dengan peluncuran konsol game ini diulas dalam laman DailyStar. Pada laman tersebut menyebutkan jika Sony pekan ini tengah menangani urusan terkait dengan peluncuran konsol. Dan rumor yang terdengar akhir-akhir ini juga menyebutkan jika Sony berencana untuk merilis model kembaran yang berbeda seperti rilisan konsol game sebelumnya, yakni PS4 dan PS4 Pro

Dalam rumor yang beredar, nantinya para gamer akan disajikan dengan 2 konsol game yang meluncur bersamaan. Rumor ini pun juga dikuatkan oleh Zenji Nishikawa, seorang jurnalis teknologi di Jepang. 

Dalam terjemahan, Nishikawa menyebutkan informasi yang didapatkannya ini ketika dia tengah streaming Assasin’s Creed Odyssey. Informasi dari Nishikawa ini memang perlu diperhitungkan mengingat dirinya memiliki rekam jejak yang cukup baik dalam urusan prediksi teknologi. 

Sebelumnya dirinya juga pernah memberikan prediksi teknologi dan prediksi tersebut tepat. Beberapa diantaranya yakni perkiraan bahwa di tahun 2019 para gamer akan melihat peluncuran Nintendo Switch Lite, dan pada tahun 2016 lalu dia memerkirakan akan kemunculan PS4 Pro. 

Lantas, pertanyaannya, apakah rumor peluncuran dua model ini benar? Dan kapan peluncurannya? Kita tunggu lagi informasi selanjutnya!

Daftar game yang akan rilis di PS5 

Selain rumor terkait dengan kapan peluncuran dari konsol game Play Station 5, banyak juga informasi terkait dengan game yang telah disiapkan disini. Beberapa jenis game tersebut diantaranya adalah:

Godfall 


Godfall ini bisa dibilang sebagai game pertama yang siap dimainkan di konsol game PS5. Game yang bergenre RPG atau Role Playing Game ini hadir dengan paduan mekanisme game slasher yang ditambah dengan paduan dunia gantasi. Selain itu game ini juga dimainkan dari sudut pandang orang ketiga. 

Dalam game ini para pemain nantinya bisa mengumpulkan berbagai macam item serta mereka bisa berpetualang bersama guna mengalahkan musuh. Salah satu contohnya yakni ketika para pemain saling bekerjasama melawan beragam monster yang muncul. 

Selama masa peluncurannya, yakni perkiaan 12 bulan, game Godfall ini dikabarkan juga bisa dimainkan di PC dengan menggunakan Epic Game Store. Dan kemungkinan peluncuran dari game ini yakni bersama dengan konsol game PS5.

Outriders


People Can Fly dikabarkan akan merilis game pertama mereka setelah perpisahan mereka dengan Epic Games. Game Outriders ini memiliki latar planet dengan alien yang sangat menyeramkan.

Game ini adalah sebuah gebrakan yang cukup mengagetkan mengingat konsep dari game ini yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan game besutan People Can Fly sebelumnya. 

Watch Dog Legion


Bagi Kamu, para gamers yang hobi dan gemar beroleplay, maka seri Watch Dog menjadi terbaru ini layak untuk dicoba. Dalam seri ini kamu bisa bermain menjadi siapa saja.

Jadi ini benar-benar game hacking yang sangat diidamkan. Selain itu, salah satu rumor dan kabar yang paling menyenangkan bagi para gamer yakni kehadiran game seri ini di konsol PS5.

Gods and Monster


Game satu ini telah dikonfirmasi akan dirilis untuk konsol next gen dan current gen. Game yang berada dibawah naungan Ubisoft ini mengadopsi cerita terkait keotentikan Zelda Breath of The Wild. Dari tampilan dan ceritanya, nampaknya game ini memiliki misi untuk mengenalkan konsep secara meluas dari game ekslusif switch. 

Tom Clancy’s Rainbow Six

tom clancy's rainbow six
Game satu ini ingin mencoba mengambil sebuah pendekatan berbeda sebagai game FPS yang sangat taktikal. Seri ini dikabarkan akan hadir dalam konsol Next Gen dan disebut akan memberikan keseruan yang menegangkan jika dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Lengkap dengan bumbu-bumbu survival yang disukai para gamer, game yang berada dibawah naungan Ubisoft ini juga akan resmi hadir untuk PS5.

The Lord of The Rings: Gollum

The Lord of the Rings Gollum
Daedalic Entertainment saat ini dikabarkan tengah menggarap sebuah game yang diadopsi dari franchise Middle Earth, yakni The Lord of The Rings. Game ini ditargetkan akan rilis tahun 2021 mendatang dan kabarnya isi game ini sangat kuat dengan unsure choice matter yang sangat kental dari Gollum.

Nah, karena rumor yang beredar jika game ini akan rilis tahun 2021, maka kabar jika game ini akan hadir di konsol PS5 juga kian kencang. 

Teknologi Scene Tagging yang fokus ke user-generated content

game ps5Image via LetsGo Digital

Tak hanya rumor terkait dengan peluncuran dan informasi tentang game yang akan hadir di konsol game PS5, dikabarkan juga pihak Sony di awal Desember 2019 lalu sempat mendaftarkan teknologi baru untuk masuk dalam konsol terbarunya, teknologi atau fitur ini dinamai “scene tagging”.

Sudah tahukah kamu tentang scene tagging? Dari deskripsinya, fitur ini mampu mengkarakterisasi konten yang tengah dibuat pengguna yang berkaitan dengan informasi didalam gim tersebut. Meski sebenarnya fitur ini terdengar lebih cocok untuk konsol game saat ini, namun konsol ini hanya sebagian saja dari yang dijelaskan masuk dalam paten.

Scene tagging ini sendiri lebih mengacu pada kemampuan dari sistem yang otomatis mampu mengenali aspek substansif dari video atau screenshoot yang diambil dari para gamer.

Setelahnya, video atau gambar ini akan memiliki metadata sendiri mulai dari lokasi yang ada dalam gim yang berkaitan dengan objek utama atau karakter yang muncul didalam gim tersebut. 

Secara tidak langsung teknologi ini bisa membantu para gamer karena mereka mampu mencari metadata dari pemain lain yang telah berbagi konten serupa. Jadi intinya Sony saat ini tengah berencana agar para pemain game bisa lebih bersosialisasi ketimbang dengan konsol game PS4.

Salah satu hal yang menarik dalam fitur ini yakni para gamer yang bisa mendownload game atau menjalankan instruksi terkait sehingga game yang tengah dimainkan bisa sama dengan video yang direkam dari konten yang telah dibuat pengguna.

Rumor harga PS5 dan tanggal rilis

harga ps5Image via LetsGo Digital

Rumor peluncuran konsol game PlayStation 5 nampaknya hampir jadi kenyataan. Apalagi mengingat banyak sumber yang telah mengabarkannya. Jika sudah begini maka pertanyaan selanjutnya yang akan muncul yakni terkait dengan harga dan juga tanggal perilisannya. 

Dari berbagai sumber disebutkan jika ada kemungkinan jika konsol game PS5 akan rilis di bulan November tahun 2020 ini dengan harga kisaran $499 atau jika dirupiahkan harga PS5 ini sekitar 7 jutaan. 

Informasi ini didapat dari akun seorang pengguna Twitter PSErebus yang memosting informasi terkait konsol game tersebut. Ada cukup banyak informasi yang diposting terkait dengan spesifik dan juga kisaran bandrol harga yang sampai saat ini belum diumumkan oleh pihak Sony. 

Sony sendiri sebenarnya telah mengungkapkan jika konsol game ini akan dikeluarkan di masa liburan tahun 2020. Namun untuk urusan tanggal memang masih belum diungkap ke public. Jadi jika dilihat dari postingan PSErebus, tentunya peluncuran konsol game PS di tanggal 20 November 2020 ini masih sejalan sampai saat ini. 

Meski sebenarnya informasi yang bocor ini terbilang menarik, namun tetap saja harus diberlakukan dengan skeptisisme. Perlu diketahui juga sebelumnya PSErebus juga punya sejarah melaporkan rencana Sony, namun karena banyak hal membuat rumor ini sulit dipercayai sepenuhnya. 

Artikel Terkait

Komentar