Diperbaharui pada Kamis, 20 Januari 2022 | 15:05

Cara Menggunakan Mode Incognito di Browser

cara menggunakan mode incognito di browserFoto: Pexels

Ketika melakukan browsing menggunakan laptop atau smartphone, salah satu hal yang paling menjadi perhatian adalah privasi. Untuk mendapatkan privasi tersebut, pengguna internet biasa berselancar menggunakan mode incognito pada browser.

Namun, masih ada orang yang menganggap bahwa browsing secara incognito juga akan menghilangkan identitas dan akses traffic internet kita.

Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena incognito mode sendiri adalah fitur dalam browser yang fungsinya hanya untuk menyembunyikan riwayat browsing dengan cara tidak akan menyimpan informasi riwayat di browser.

Jadi ketika Anda membuka website akun bank, sosial media, atau website lainnya, maka jejak Anda tidak akan muncul di history ataupun cookies, namun tidak menghapus data yang sudah terekam.

Pada artikel ini, kami akan membahas mode incognito dan cara menggunakannya.

Fungsi Utama Mode Incognito

cara menggunakan mode incognito di browserFoto: Pexels

Sekali lagi kami jelaskan, mode incognito pada browser adalah fitur yang berfungsi untuk membuat browser tidak mencatat histori browsing yang dilakukan selama mode ini aktif.

Biasanya, browsing dalam mode incognito dilakukan untuk aktivitas uji website atau debugging, menghindari iklan, atau sekadar menginginkan privasi lebih ketika melakukan browsing.

Dengan browsing secara incognito, itu tidak berarti akses traffic internet kita tidak terdeteksi oleh Firewall ataupun ISP. Sebagai contoh adalah saat kita membuka situs yang diblokir pemerintah secara incognito, maka kita tetap tidak bisa membuka situs tersebut.

Mode incognito ini berbeda dengan VPN yang fungsinya untuk mengakses situs dan aplikasi terblokir dengan menyembunyikan traffic dari perangkat yang kita gunakan, karena menggunakan server dari negara lain.

Cara Menggunakan Mode Incognito di Browser

Pada artikel ini, kami akan menjabarkan cara menggunakan mode incognito menggunakan browser-browser yang cukup populer di kalangan pengguna internet Indonesia yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera.

Secara umum, cara menggunakannya tidak jauh berbeda, hanya saja metode untuk mengantifkannya yang tidak sepenuhnya sama. Walau begitu, semua fungsinya masih sama, yaitu menyembunyikan privasi histori saat internetan.

Mode Incognito di Google Chrome

Browser pertama yang kita bahas adalah Google Chrome. Berikut ini adalah cara browsing menggunakan mode incognito di Google Chrome:

  1. Buka aplikasi Google Chrome.
  2. Klik icon tiga titik vertikal yang berada di pojok kanan atas.
  3. Pilih new incognito window.
  4. Anda sudah bisa browsing dalam mode incognito

Sisi menarik dari browsing secara incognito di Google Chrome adalah kita bisa membuka dua akun sosial media sekaligus di sini.

Contohnya, Anda bisa membuka akun Facebook di tab normal dan membuka Facebook dengan akun sama dalam mode incognito.

Mode Incognito di Mozilla Firefox

Berikutnya adalah cara browsing menggunakan mode incognito di Mozilla:

  1. Buka aplikasi Mozilla.
  2. Pilih icon 3 garis yang berada di pojok kanan atas browser.
  3. Pilih new private window (sama dengan fungsi incognito).
  4. Anda sudah bisa browsing dalam mode incognito di Mozilla.

Setelah mengaktifkan mode incognito pada Mozilla, Anda akan merasakan penambahan fitur pada mode ini yaitu mode aman.

CMode Incognito di Opera

Berikutnya adalah cara browsing menggunakan mode incognito di browser Opera:

  1. Buka aplikasi browser Opera.
  2. Klik kanan pada area tab.
  3. Pilih new private tab ((sama dengan fungsi incognito).
  4. Anda sudah bisa browsing dalam mode incognito di Opera.

Ketika mengaktifkan mode incognito di Opera, maka browser ini akan secara otomatis akan menghapus data cookies Anda yang berupa username atau password setelah kita menutup browser.

Tetap Lakukan Browsing Secara Aman

Seperti yang sudah disebutkan sebutkan sebelumnya, walau menggunakan fitur incognito, bukan berarti keamanan kita dalam melakukan browsing terjaga secara penuh.

Selain itu, jangan manfaatkan fitur incognito untuk membuka situs-situs yang dilarang seperti situs porno, situs radikal, dan lainnya, karena bisa jadi situs-situs tersebut menyimpan virus-virus berbahaya. Ya, perangkat Anda tetap bisa terkena virus dalam mode incognito.

Akhir kata, jadilah seorangnetizen yang bijak, dengan manfaatkan teknologi incognito untuk keperluan yang baik. Jadi, ayo lebih bijak internetan!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

999 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.