Diperbaharui pada Selasa, 24 Mei 2022 | 14:20

Cara Menggunakan VPN di Laptop Windows dan Hp

cara menggunakan vpn di pc dan laptopFoto: Pexels

Menggunakan VPN untuk mengakses situs atau membuka aplikasi yang diblokir tidak selalu berkonotasi negatif. Karna VPN juga bisa digunakan untuk tujuan-tujuan positif yang bermanfaat. Terutama untuk keperluan bekerja dan belajar.

Banyak sekali situs bermanfaat yang tidak bisa diakses di Indonesia, alias diblokir karena menggunakan server lokal di negara asalnya, atau karena alasan lainnya.

Akibatnya beberapa pengguna internet mengeluhkan kesulitan dalam mencari informasi, mengirim foto atau video. Ujung-ujungnya banyak yang mencoba memanfaatkan VPN pada hp mereka. Namun apakah VPN cukup aman?

Apa Itu VPN? 

Virtual Private Network atau VPN adalah teknologi yang memungkinkan koneksi antara satu jaringan publik untuk dapat terhubung dengan jaringan lokal atau pribadi. 

Jika diartikan dalam perkata dari Virtual Private Network. Virtual adalah sesuatu yang tidak berbentuk nyata dalam hal ini yang dimaksud adalah internet.

Private adalah sesuatu yang bersifat pribadi tidak untuk di bagikan. Network adalah sebuah jaringan atau koneksi yang terhubung. Dapat di simpulan jika VPN merupakan jaringan internet dengan koneksi yang bersifat pribadi. 

Jadi contohnya adalah ketika Anda ingin mengakses situs yang dibatasi oleh penyedia jaringan internet. Anda bisa menggunakan VPN untuk mengakses situs tersebut tanpa diketahui oleh penyedia jaringan yang dimaksud.

Fungsi VPN

Masih banyak pengguna internat yang belum paham tentang fungsi VPN. Mudahnya, VPN memungkinkan perangkat untuk membuat koneksi internet yang aman. Jadi semua data yang dikirim dan diterima, dilindungi oleh VPN.

Semua akses web yang Anda lakukan melalui browser akan melewati server VPN terlebih dahulu, sehingga IP komputer atau smartphone kita tidak di ketahui.

Fungsi VPN memungkinkan kita mengakses semua situs secara private, jadi tidak terlacak dengan penyedia jaringan internet. Selain VPN, sebenarnya ada cara lain untuk mengakses situs yang blok, yaitu dengan menggunakan metode DNS.

Pada artikel ini, kita hanya akan fokus pada cara menggunakan VPN di hp dan PC.

Cara Menggunakan VPN di Hp Android dan iOS

cara menggunakan vpn di hp iosFoto: Pexels

Pengguna smartphone dapat menggunakan VPN melalui dua cara, yaitu dengan mengakses situs penyedia layanan VPN, atau langsung menggunakan aplikasi VPN yang dapat diunduh di Google Play Store atau App Store.

Secara umum, cara menggunakan VPN di hp Android dan iOS tidak berbeda, karena aplikasi VPN memiliki sistem kerja dan cara pakai yang sama di mana pun. Perbedaan biasanya hanya bersifat minor, seperti kelengkapan fitur pada VPN gratis dan berbayar.

Bagi Anda yang ingin mencoba aplikasi VPN namun belum tahu cara menggunakannya, berikut cara meenggunakan aplikasi VPN di hp Android dan iOS.

1. Download Aplikasi VPN

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah download aplikasi VPN pada hp Anda. Anda tidak perlu khawatir sekarang banyak aplikasi VPN gratis yang tersedia di internet seperti Turbo VPN, VPN Proxy Master, dan banyak lainnya.

Tips untuk Anda yang ingin downlaod VPN, pastikan memilih aplikasi yang memiliki rating tinggi. Khusus bagi Anda yang ingin menggunakan VPN tanpa aplikasi, maka bisa mencoba browser Opera.

2. Pilih Server dan Hubungkan VPN

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalan mengoneksikan aplikasi VPN dengan hp Anda. Cara melakukannya cukup mudah. Seperti yang disebutkan sebelumnya, cara kerja aplikasi VPN pada dasarnya sama, siapapun pengembangnya.

Biasanya Anda hanya perlu memilih server dari negara mana yang ingin Anda gunakan. Sebagai contoh, jika Anda ingin menonton konten-konten yang hanya tersedia di Netflix Jepang, maka Anda bisa memilih server Jepang.

Setelah memilih server, langkah selanjutnya adalah menghubungkan hp dengan server tersebut. Ini biasanya dilakukan dengan menekan tombol 'Connect' atau 'Start', tergantung dari aplikasi server yang digunakan.

3. Mulai Berselancar dengan VPN

Setelah hp Anda terkoneksi dengan VPN, Anda bisa dengan bebas membuka situs yang Anda inginkan. Yang perlu diperhatikan ketika menggunakan VPN adalah akses dari masing-masing server yang masih memiliki keterbatasan.

Jadi misalnya Anda menggunakan server Amerika Serikat, lalu membuka situs dari Korea Selatan yang hanya tersedia untuk server lokal, maka Anda tidak dapat membukanya dan harus berganti ke server Korea Selatan.

Selama aplikasi VPN aktif di smartphone, Anda tetap dapat melakukan berbagai aktivitas lainnya mulai dari chat WA, hingga membuka aplikasi Instragram, TikTok, Facebook, dan sebagainya.

Cara Menggunakan VPN di Laptop Windows

cara menggunakan vpn di laptopFoto: Pexels

Selain melalui layanan aplikasi VPN di smartphone, Anda juga dapat menggunakan VPN di laptop dan PC. Salah satu cara yang paling udah adalah dengan Add-On dari browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, hingga Opera, yang menyediakan berbagai add-on VPN.

Sebagai contoh, Anda bisa masuk ke pengaturan pada browser yang digunakan, atau langsung ke Chrome Web Store untuk mendapatkan extension VPN bagi pengguna Google Chrome, atau ke Add-ons for Firefox untuk pengguna Mozilla Firefox.

Cara lain untuk menggunakan VPN di PC juga dapat dilakukan melalui pengaturan manual di komputer. Dalam artikel ini, kami akan fokus pada PC dengan sistem operasi Windows 10 yang digunakan oleh tim redaksi Pricebook.

  1. Pertama, buka Windows dan cari menu 'Network & Internet' lalu pilih 'VPN'.
  2. Aktifkan tombol 'On' pada pilihan 'Allow VPN over metered network' dan 'Allow VPN while roaming'.
  3. Selanjutnya klik ikon '+' pada ‘Add a VPN Connection’.
  4. Pada jendela baru yang muncul, ketik informasi "Windows (built-in)" pada kolom 'VPN provider'.
  5. Ketik informasi VPN pada kolom 'Connection name' berdasarkan aplikasi atau layanan VPN yang Anda gunakan.
  6. Lakukan hal yang sama pada kolom 'Server nama or address.
  7. Setelah selesai, isi informasi Anda pada kolom username dan password.
  8. Selanjutnya, klik ikon wi-fi pada taskbar PC atau laptop dan pilih koneksi VPN yang Anda buat dan pilih 'Connect'.

Tips Menggunakan VPN

Jika Anda menggunakan VPN pada hp dan PC, tentu Anda dapat mengakses situs-situs yang diblok oleh penyedia jaringan internet tanpa terkendala.

Namun Anda juga harus hati-hati karena walaupun VPN cukup aman, namun tetap ada akan bahaya dari virus malware hingga kebocoran data dari situs yang Anda akses.

Karena tidak mungkin pemerintah dan penyedia layanan internet membatasi Anda untuk mengakses situs tersebut tanpa alasan. Jadi perhatikan kembali dan selalu bijak saat menggunakan VPN, ya. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

999 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.