Diperbaharui pada Kamis, 29 April 2021 | 10:02

Cara Cek Nama Penerima Bansos Kemensos 2021

Oleh Restu Aji Siswanto

Cara Cek Nama Penerima Bansos Kemensos 2021-0Foto: iStock

Pemerintah melalui Kementrian Sosial (Kemensos), telah memperpanjang program Bantuan Sosial (Bansos) hingga tahun 2021, untuk membantu keluarga yang terkena dampak Covid 19. 

Mulai tahun 2021, pemerintah mengubah tata cara untuk melihat daftar nama penerima dana Bansos, dengan merilis tautan baru yang bisa diakses melalui https://cekbansos.kemensos.go.id/. Bagaimana cara cek daftar nama penerima Bansos?

Bantuan Sosial Tunai

Program Bantuan Sosial Tunai (BST), atau yang lebih umum dikenal dengan singkatan Bansos, merupakan sebuah program pemerintah yang diharapkan dapat tepat sasaran, untuk membantu pemulihan ekonomi secara nasional.

Besaran dana yang diberikan melalui program ini sejumlah, dalam bentuk tunai, dan langsung diberikan kepada penerima yang namanya telah terdaftar dalam situs Kemensos.

Tahun ini, ada 3 jenis Bansos yang dibagikan kepada peserta terdaftar sbb:

  1. Bansos Tunai (BST) sebesar Rp 200.000/bulan (total 4 bulan).
  2. Bantuan Sosial Pangan (BSP)/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebesar Rp 300.000/bulan (total 4 bulan)
  3. Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang jumlahnya disesuaikan dengan kriteria penerima anggota Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dana Bansos ini hanya diberikan kepada maksimum 4 orang per KPM.

Syarat Penerima Bansos

Untuk terdaftar sebagai penerima dana Bansos dari Kemensos, ada enam persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh calon penerima Bansos, sbb:

  1. Masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di Desa.
  2. Calon penerima adalah mereka yang kehilangan mata pencarian di tengah pandemi Covid 19.
  3. Tidak terdaftar sebagai penerima Bansos lain dari pemerintah pusat. Ini berarti calon penerima BLT dari Dana Desa tidak menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga Kartu Prakerja.
  4. Jika calon penerima tidak mendapatkan Bansos dari program lain, tetapi belum terdaftar oleh RT/RW, maka bisa langsung menginformasikannya ke aparat desa.
  5. Jika calon penerima memenuhi syarat, tetapi tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), tetap bisa mendapat bantuan dengan syarat, penerima harus berdomisili di desa tersebut dan menulis alamat lengkapnya.
  6. Penerima yang sudah terdaftar akan menerima Bansos tunai atau non tunai. Penerima tunai dapat menghubungi aparat desa, bank pemerintah, atau kantor pos. Sementara untuk non tunai, akan menerimanya melalui transfer ke rekening bank penerima.

Cara Cek Bansos Tunai

cara cek daftar oenerima bansosFoto: cekbansos.kemensos.go.id

Penduduk yang sudah memenuhi persyaratan dan mendaftar sebagai calon penerima Bansos Kemensos, dapat melakukan pengecekan pada situs resmi Kemensos yang dapat diakses melalui desktop atau smartphone.

Sebelumnya, informasi ini dapat diakses melalui situs https://cekbansos.siks.kemsos.go.id/ dan https://dtks.kemensos.go.id/, namun kini kedua website tersebut sudah tidak dapat diakses.

Selain alamat website yang berubah, cara untuk cek daftar nama penerima Bansos juga mengalami perubahan. Pengecekan dana Bansos kini dapat dilakukan di situs https://cekbansos.kemensos.go.id/.

Berikut ini cara untuk cek Bansos:

  1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Pilih propinsi, kabupaten, kecamatan, dan nama desa tempat domisili.
  3. Isi nama engkap sesuai KTP.
  4. Masukkan kode yang tertera pada kolom tersedia.
  5. Klik 'Cari' untuk melihat daftar nama penerima Bansos.

Bila nama calon penerima Bansos sudah terdaftar, maka sistem akan membandingkannya dengan database, dan akan muncul secara otomatis pada laman situs. Bila belum terlalu familiar dengan cara pengecekan, maka bisa klik ‘Petunjuk’.

Bagaimana, cukup mudah kan? Perlu diperhatikan, bahwa situs ini diakses oleh ratusan, bahkan lebih, calon penerima dana Bansos Kemensos, jadi memang agak susah untuk diakses pada jam-jam tertentu. Untuk mengatasinya, lakukan refresh beberapa kali.

Semoga berhasil.

Like us!

Komentar