Diperbaharui pada Rabu, 25 Januari 2023 | 18:45

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tak Berputar dan Bocor

mesin cuci rusak

Sebagai alat elektronik, mesin cuci juga sering mengalami masalah. Dari masalah ringan hingga berat bisa terjadi di mesin cuci. Jika masalahnya masih ringan, Anda mungkin masih bisa memperbaiki sendiri.

Namun jika masalahnya sudah berat, misalnya pada motor, sebaiknya Anda membawanya segera ke service centre resmi. Berikut beberapa masalah yang bisa ditemui pada mesin cuci.

Kerusakan pada Mesin Cuci

cara memperbaiki mesin cuci rusak

Kerusakan pada mesin cuci bisa disebabkan pada banyak hal, dan kerusakan pun biasanya terjadi pada beberapa sisi. Mulai dari mesin cuci tidak berputar, pengering mesin cuci tidak berfungsi, hingga mesin cuci bocor.

Untuk itu, kami akan memberikan beberapa cara untuk memperbaikinya berikut dengan penyebabnya agar Anda lebih paham tentang mesin cuci di rumah Anda.

1. Mesin Cuci Tidak Berputar

mesin cuci rusak

Masalah mesin cuci tidak berputar dapat disebabkan oleh mesin cuci yang tidak dapat menerima daya listrik, ketidakseimbangan beban atau kopling penggerak motor mesin cuci yang rusak.

Apabila penyebab mesin cuci tidak berputar adalah beban yang tidak seimbang, maka Anda bisa mengurangi pakaian yang dicuci dalam mesin cuci.

Namun, bila mesin cuci tidak mau berputar karena tidak mampu menerima daya listrik, periksa mesin cuci dengan cara berikut:

  • Periksa kabel mesin cuci yang terhubung pada listrik, cabut kabel terlebih dahulu
  • Bila ada kabel yang putus atau berjumbai, segera ganti kabel tersebut
  • Periksa pula stop kontaknya. Gunakan alat untuk mengetahui keberadaan daya listrik
  • Apabila mesin cuci masih tidak berputar, kerusakan mungkin terjadi pada motor penggerak atau tombol mesin, segera hubungi pihak servis untuk membetulkan mesin cuci

2. Mesin Cuci Tidak Dapat Membilas Hingga Bersih

mesin cuci rusak

Setelah membilas pakaian dengan mesin cuci, Anda mungkin menemukan residu deterjen masih melekat pada pakaian. Hal ini biasanya dikarenakan mesin tidak mampu membilas pakaian dengan baik.

Masalah ini bisa saja terjadi karena beban pakaian yang overload. Namun, masalah ini juga dapat terjadi karena mesin cuci tidak menerima pasokan air dengan baik.

Atasi masalah ini dengan cara perawatan mesin cuci berikut:

  • Periksa katup pasokan air yang bisa terhubung dengan selang pengisian air bersih
  • Jika selang tertekuk, maka luruskan selang tersebut hingga air dapat mengalir dengan lancar
  • Pastikan selang pembuangan air tidak tersumbat dan mampu membuang air hingga bersih
  • Isi mesin dengan air yang deras. Bila masih tersumbat, cobalah untuk mengganti selang yang baru atau segera hubungi pihak servis untuk mengatasi masalah ini

3. Kebocoran pada Mesin Cuci

mesin cuci rusak

Masalah mesin cuci bocor cukup umum terjadi dimana saat sedang mencuci pakaian, air menetes dari mesin cuci. Hal ini bisa diatasi dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Ganti selang pengisian atau pembuangan air dengan yang baru, pasang secara rapat
  • Tuangkan ½ cangkir cuka putih pada seliter air dan campurkan ke cucian untuk mengurangi residu busa yang meluap dan mengakibatkan kebocoran
  • Lihat segel pada bantalan mesin, dan ganti bila perlu
  • Untuk menghindari masalah yang terjadi pada mesin cuci, Anda dapat melakukan cara pemakaian mesin cuci yang tepat dan melakukan perawatan yang dibutuhkan oleh mesin cuci tersebut.

Cara Mencegah Kerusakan Pada Mesin Cuci

mesin cuci rusak

Mencegah kerusakan pada mesin cuci juga dapat dimulai dari hal-hal kecil, seperti menggunakan deterjen khusus untuk mesin cuci. Anda sebaiknya menggunakan jenis deterjen yang sesuai dengan jenis mesin cuci.

Penggunaan deterjen khusus mesin cuci juga merupakan salah satu langkah awal untuk mencegah mesin cuci rusak serta menjaga keawetan mesin cuci.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1665 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.