Diperbaharui pada Senin, 21 Maret 2022 | 12:25

Cara Menggunakan Mesin Cuci Biar Tidak Cepat Rusak

Fungsi dan Arti Tombol Mesin CuciFoto: Samsung

Hampir tiap rumah tangga saat ini memiliki mesin cuci. Perangkat rumah tangga satu ini dianggap sangat membantu pekerjaan rumah tangga sehingga cukup banyak diminati oleh masyarakat.  

Fungsi mesin cuci memang untuk memudahkan masyarakat mencuci pakaian. Tidak hanya itu, kini fungsi mesin cuci juga bisa digunakan untuk mengeringkan pakaian. 

Jadi ibu-ibu rumah tangga tidak perlu memeras pakaian dan cukup menjemurnya saja. Selain lebih efesien, pakaian juga lebih cepat kering.

Fungsi Mesin Cuci
Lebih menghemat waktu, karena bisa langsung mengeringkan pakaian
Bisa mencuci banyak pakaian. karena mesin cuci memiliki kapasitas yang besar
Pakaian lebih awet, karena bisa menghilangkan noda tanpa perlu disikat

Cara menggunakan mesin cuci juga gampang, cukup memutar tombol (mesin cuci 2 tabung) atau menekan tombol (mesin cuci 1 tabung) yang tersedia seperti Rinse, Spin, Soak dan lainnya.

Meski terkesan mudah, namun banyak juga yang belum tahu cara menggunakan mesin cuci, terutama fungsi dan arti dari tombol-tombol yang ada.

Untuk memudahkan, Pricebook akan jelaskan bagaimana cara menggunakan mesin cuci yang benar agar tidak mudah rusak.

Cara Menggunakan Mesin Cuci

Tombol mesin cuci
Pada dasarnya, cara menggunakan mesin cuci hanya dengan menyentuh atau menekan tombol yang ada di bagian atas. Berikut cara menggunakannya :

1. Menyalakan Mesin Cuci

Untuk menyalakan mesin cuci, Anda bisa gunakan tombol power. Tombol ini juga berfugnsi untuk mematikan mesin cuci

2. Memulai Pencucian

Saat pakaian sudah dimasukkan ke dalam mesin cuci dan siap mencuci, pencet tombol Start. Jika ingin menghentikan cucian, misalnya jika ingin memasukkan pakaian lain atau memasukkan pewangi pakaian di akhir proses pencucian, Anda bisa tekan tombol Pause.

3. Seting Level Air

Meskipun bisa disetting otomatis, tapi jumlah air yang dimasukkan ke mesin cuci juga bisa diatur manual sehingga Anda bisa menyesuaikan jumlah pakaian dengan jumlah air yang dialirkan.

Untuk itu Anda bisa gunakan tombol water level, lalu lakukan setingan level air yang ingin digunakan.

4. Mengangkat Kotoran Membandel

Untuk mengangkat kotoran membandel di cucian, Anda bisa memilih tombol Soak yang pada mesin cuci. Dimana tombol ini biasanya terjadi di awal siklus cuci.

5. Membilas Pakaian

Untuk membilas pakaian gunakan tombol Rinse pada mesin cuci yang artinya adalah bilasan. Jadi rinse artinya dipilih jika di akhir siklus cuci Anda masih menemukan sisa buih deterjen atau cucian masih berbau kurang sedap.

6. Mengeringkan Pakaian

Di mesin ada tombol Spin yang berfungsi untuk memutar cucian. Jadi untuk memeras air keluar dari cucian Anda bisa gunakan tombol ini. Dimana prosesnya degan cara memutar sehingga Anda bisa langsung menjemur cucian.

Selain itu di beberapa mesin cuci, tombol-tombol kadang diganti dengan gambar-gambar yang sebaiknya Anda pahami. Gambar ini bisa berbeda antara merek mesin cuci satu dengan yang lainnya.

  • Bunga atau bulu : untuk pakaian berbahan lembut.
  • Kupu-kupu : untuk pakaian berbahan sutra.
  • Lingkaran spiral menyerupai obat nyamuk bakar : untuk memeras air keluar dari pakaian.
  • Tangan mencelup air : untuk siklus cuci yang menyerupai mencuci dengan tangan.
  • Bola benang : untuk cucian berbahan wol.
  • Bunga kapuk atau kaus oblong : untuk cucian berbahan katun.
  • Pakaian bayi : untuk pakaian berbahan sensitif.

Nah itulah cara menggunakan mesin cuci dengan memanfaatkan tombol-tombol yang tersedia. Semoga membantu.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

1932 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.