Diperbaharui pada Rabu, 12 Agustus 2020 | 16:01

Cara Cek Kecepatan Internet di PC dan Smartphone

tes kecepatan internet

Saat ini internet memang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan dan seolah menjadi kebutuhan penting. Apalagi kini internet bisa diakses secara mudah baik melalui PC maupun smartphone.

Sebagai pengguna internet, pasti Anda menginginkan jaringan internet berkecepatan tinggi untuk memudahkan akses ke berbagai situs yang diinginkan.

Anda perlu melakukan uji kecepatan internet untuk memudahkan Anda menentukan estimasi kemampuan mendownload pada kecepatan tersebut atau tidak.

Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa cara cek kecepatan internet di PC dan smartphone yang perlu Anda ketahui.

Cara Uji Kecepatan Internet di PC dan Smartphone

cara uji kecepatan internet

Bagi Anda yang gemar menggunakan internet untuk browsing baik melalui PC atau smartphone, mungkin pernah mengalami gangguan atau internet lemot secara mendadak.

Jika Anda mengalami hal tersebut jangan panik. Cobalah segera uji kecepatan internet perangkat yang Anda gunakan untuk mengetahui speednya.

Sehingga Anda bisa mencari solusi agar kecepatan internet kembali stabil dan tidak menggangu aktivitas Anda.

Supaya Anda lebih mudah saat mengecek speed internet di PC dan smartphone, berikut beberapa cara yang dapat Anda terapkan.

1. Speed Test Internet di PC/Laptop

speedtes internet di pc

Cara mengecek kecepatan internet untuk PC atau Laptop bisa Anda lakukan melalui beberapa berikut ini :

Fast Com

Cek speed internet PC/laptop melalui Fast com sangatlah mudah, sebab Anda tidak harus mengklik apapun untuk memberikan perintah uji kecepatan internet.

Cukup masuk ke situs fast.com, maka Anda akan terhubung secara otomatis dengan layanan cek speed internet PC/Laptop.

Kemudian tunggu beberapa saat hingga Fast com menampilkan informasi kecepatan internet Anda saat ini. Untuk pengecekan ulang, Anda bisa klik tombol “refresh” di bagian kanan.

Tetapi cara ini hanya menampilkan kecepatan download saja serta tidak menampilkan informasi lainna seperti kecepatan upload, PING maupun IP yang Anda pakai.

IPSAYA.OM

Layanan ini berfungsi untuk mengetahui alamat internet protocol atau IP saat memakai internet. Melalui IPSAYA.COM, Anda juga bisa melihat nama Hostname dari IP Address, IP LAN, proxy, nama ISP, ISP AS Number serta lokasi kota maupun negara.

Untuk mengecek kecepatan internet PC/Laptop melalui IPSAYA.COM. Kemudian pada halaman website tersebut silahkan cari tombol “Start Speed Test” untuk memulai pengecekan speed internet pada perangkat yang Anda gunakan saat ini.

Speedtest.net

Sesudah memasuki halaman speedtest.net, kemudian muncul kata “GO” di bagian tengah halaman. Silahkan klik satu kali tulisan “GO” tersebut untuk memulai pengecekan speed internet secara otomatis.

Supaya kecepatan internet lebih akurat, saat pengecekan sebaiknya jangan membuka web browser lainnya.

Informasi yang ditampilkan oleh speedtest.net berupa ukuran mendownload dan upload serta memberikan banyak ping untuk kecepatan internet Anda.

Meter Net

Meter.net memiliki alamat situsnya yang bisa langsung Anda kunjungi untuk mengecek kecepatan internet PC/Laptop.

Selanjutnya pada halaman utama meter.net silahkan klik “Start Test” maka website ini otomatis akan memulai mengecek kecepatan internet Anda.

Setelah beberapa saat proses pengecekan, layar akan menampilkan kecepatan download, ping dan upload.

Bandwidth Place

Cara memakai website ini untuk uji kecepatan internet sangatlah mudah. Silahkan kunjungi alamat situs Bandwith Place, kemudian silahkan klik “Start” untuk memulai pengecekan speed internet.

Jika proses pengecekan selesai, akan muncul informasi kecepatan upload, download dan ping.

Speedof

Pengecekan uji kecepatan internet melalui Speedof sangat mudah. Klik “ Start Test” untuk memulai pengecekan kecepatan internet.

Tunggulah beberapa saat hingga website ini menampilkan informasi kecepatan internet pada perangkat PC/laptop Anda.

2. Cek Speed Internet di Smartphone

cek speed internet hp

Cara cek kecepatan internet di hp, biasanya dilakukan melalui aplikasi yang bisa Anda unduh secara gratis. 

Berikut referensi aplikasi yang bisa Anda pakai untuk test speed Android:

Speedtest by Ookla

Cara cek kecepatan internet di hp melalui Speedtest by Ookla, dilakukan dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasi.

Bukalah aplikasi dan klik “Begin Test” dan tunggu beberapa saat. Kemudian Anda bisa mengetahui kecepatan upload dan download internet pada smartphone secara real time melalui aplikasi ini.

Aplikasi Speedtest by Ookla juga menampilkan hasil banyaknya ping pada internet Anda.

SpeedSmart

Speedsmart membantu Anda mengecek kecepatan internet smartphone secara cepat kurang dari 30 detik. Nikmati layanan cek speed internet ini dengan link unduh aplikasi disini.

Ikuti petunjuk test speed Android sehingga Anda bisa mengetahui informasi kecepatan download, upload, ping, riwayat IP, data yang dipakai, lokasi dan lain sebagainya.

SpeedTest Master

Aplikasi pengecekan kecepatan internet ini dapat memberikan data akurat speed internet dalam bentuk 3G/4G/Wifi.

Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang menarik dan tetap ringan saat digunakan. Unduh aplikasi SpeedTest Master melalui link download disini.

Cukup satu kali sentuh, aplikasi ini dapat mengecek kecepatan internet pada smartphone Anda melalui grafik testing internet yang realtime.

Apabila Anda ingin melihat tes kecepatan yang sebelumnya, silahkan buka pada menu chace aplikasi.

FAST Speed Test

fast speed tes

Aplikasi ini merupakan besutan dari Netflix dan tidak berbeda jauh dari versi situsnya yaitu Fast Net. Bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi FAST Speed Test, silahkan unduh melalui link ini.

Dengan menginstall aplikasi FAST Speed Test ini, Anda harus melakukan klik apapun pada aplikasi ini.

Cukup menunggu hasil tes speed internet selama beberapa detik, maka secara otomatis aplikasi akan menampilkan informasi kecepatan download.

Nperf

Aplikasi satu ini merupakan aplikasi cek kecepatan internet smartphone yang terlengkap dan bisa mencapai speed 1Gb/s. Untuk menikmati layanan cek speed aplikasi ini, Anda bisa mengunduh aplikasi nperf melalui link ini.

Sesudah mengunduh aplikasi, silahkan buka kemudian lakukan pengujian penuh untuk mengetahui kecepatan browsing, bitrate dan kualitas streaming video, latency.

SPEEDCHECK

Aplikasi Speedcheck adalah satu-satunya aplikasi untuk uji kecepatan internet yang bisa digunakan untuk mengecek koneksi internet baik pada jaringan seluler maupun Wifi.

Tes kecepetan internet tersebut dilakukan pada jaringan 3G dan 4G LTE sehingga dapat meningkatkan cakupan sinyal internet.

Melalui aplikasi ini, Anda juga bisa menemukan Wifi secara gratis yang koneksinya cepat, seperti di Cafe, Hotel, Restoran atau tempat lainnya yang menyediakan jaringan Wifi.

Untuk menggunakan aplikasi ini Anda bisa mendowload melalui link ini.  Aplikasi ini juga sudah diunduh oleh hampir 5 juta pengguna dengan rating mencapai 4.6.

Untuk uji kecepatan internet internet di perangkat PC dan smartphone, Anda bisa menggunakan cara-cara di atas.

Pilih salah satu situs atau aplikasi yang paling terbaik menurut Anda sehingga dapat memberikan hasil pengecekan yang akurat.

Tetapi pastikan saat pengecekan kecepatan internet, perangkat Anda terhubung dengan jaringan internet yang stabil serta tidak sedang membuka browser lain agar pengecekan berjalan lebih optimal.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1662 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.