Diperbaharui pada Kamis, 11 November 2021 | 19:57

Cara Bongkar dan Jumper Aki Mobil di Rumah

cara melepas aki

Aki merupakan sumber tenaga sebuah mobil yang perlu perhatian khusus, maka dari itu sangat penting untuk melakukan perawatan rutin. Jika aki ini soak, maka mobil tidak akan bisa dinyalakan.

Situasi seperti ini bisa terjadi di luar dugaan, mungkin saja terjadi saat Anda sedang berada jauh dari bengkel. Jika sudah seperti ini, Anda harus menguasai cara melepas dan memasang aki mobil sendiri.

Jika sudah menguasai cara memasang aki mobil, Anda juga bisa menghemat uang karena tidak memerlukan jasa montir untuk pemasangannya.  Memasang aki pada mobil memang susah-susah gampang, namun tidak semudah memasang aki motor.

Terlebih pada mobil keluaran sekarang, yang dilengkapi dengan ECU dan Imobilizer sebagai perangkat pelengkap aki.

Langkah-Langkah Cara Melepas dan Memasang Aki Mobil

melepas aki mobil

Aki sebagai sumber listrik utama sebuah mobil, yang membuat Anda bisa menyalakan lampu, menyetel musik, menonton film, dan mengisi daya ponsel dalam mobil.

Namun bagaimana jika aki tersebut rusak sedangkan posisi Anda jauh dari bengkel?

Tenang saja karena kami punya cara melepas dan memasang aki mobil sendiri tanpa bantuan montir, simak selengkapnya:

1. Siapkan Aki Baru

Sebelum melepas aki mobil yang lama, tentunya Anda harus menyiapkan aki baru. Perlu diketahui, bahwa ada dua jenis aki yaitu aki kering dan basah.

Berbeda dengan aki kering, jika menggunakan aki basah maka harus isi air zuur terlebih dahulu, setelah itu tunggu selama 10 menit. Harga aki mobil tersebut keduanya tidak jauh berbeda dan bervariatif.

2. Matikan Kunci Kontak

Demi keamanan selama proses pelepasan dan pemasangan aki, pastikan semua kontak dalam posisi off. Jika kontak masih dalam posisi on, dikhawatirkan akan menimbulkan percikan api bahkan ledakan yang membuat Anda celaka.

Barulah Anda boleh menghidupkan kontak kembali saat pemasangan sudah selesai secara total.

3. Buka Terminal Aki

cara melepas aki

Membuka terminal aki menjadi langkah utama yang cukup mudah, namun Anda harus tetap berhati-hati dan ikuti semua prosedur keamanannya.

Buka kabel, klem, dan baut kutub negatif terlebih dahulu, jika sudah terlepas maka lanjutkan dengan membuka bagian terminal yang positif. Hal ini merupakan prosedur aman saat pelepasan aki pada mobil.

Alasan kenapa harus membuka kabel dari kutub negatif terlebih dahulu, karena hal tersebut tidak akan menimbulkan arus pendek listrik. 

Sehingga jika terdapat benda logam disekitarnya, maka tidak akan terjadi masalah. Namun jika dimulai dengan kutub positif, maka akan terjadi arus listrik dan akan membahayakan komponen lainnya jika terjadi pergesekan.

4. Angkat Aki Mobil Lama

Jika aki sudah dilepas dan dibuka, langkah selanjutnya dari yaitu angkat aki dari tempatnya dengan hati-hati dan tegak lurus, agar isinya tidak tumpah.

Air aki sangat sensitif dan mudah berekasi dengan bahan lain, jika sampai tumpah dikhawatirkan akan merusak mobil bahkan membahayakan penggunanya.

5. Bersihkan Bagian yang Berkarat

cara merawat aki

Pembersihan bagian berkarat biasanya dilakukan pada kabel dan klem aki, gunakan cairan anti karat untuk membersihkannya, atau Anda juga bisa menggosoknya hingga bagian tersebut bersih dari karat.

Jika terlalu banyak karat yang menempel, hal itu bisa menjadi isolator sehingga arus listrik tidak dapat dialirkan, dan mobil tidak akan bisa menyala.

6. Pasang Aki Baru

Pasang aki dengan hati-hati dan pastikan isinya tidak tumpah. Berbanding terbalik dengan proses pelepasan aki, disini Anda harus mulai dengan memasang kabel terminal positif biasanya berwarna merah, kemudian lanjut dengan memasang kabel bagain negatifnya.

Hal ini dilakukan untuk menghindari percikan api dari kutub positif. Percikan api yang muncul saat proses pemasagan memang wajar, hal itu akan hilang saat semua kabel sudah terpasang.

Jika sudah selesai, cek kembali untuk memastikan semua klem dan kabel terkunci sempurna.

Selanjutnya cobalah menyalakan mesin mobil. Cara ganti aki mobil matic dan manual sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh.

Cara Jumper Aki Mobil yang Aman

cara jumper aki mobil

Mungkin Anda pernah mengalami dimana mobil tiba-tiba saja tidak bisa distarter, hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh aki yang soak.

Cara cepat untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan jumper aki mobil, agar mobil dapat kembali menyala. Sebelum melakukan proses ini, pastikan Anda punya seperangkat kabel jumper di dalam mobil.

Berikut ini beberapa langkah jumper mobil mogok:

1. Cari Sejenis yang Tidak Mogok

Sebelum melakukan jumper mobil, carilah mobil yang sama dengan jenis mobil Anda. Mengapa harus sejenis?

Karena mobil tersebut akan memiliki voltasi yang sama (biasanya 12 V), sesuai dengan apa yang mobil Anda butuhkan. Jika sudah menemukan mobil sejenis, parkirkan dengan jarak sekitar 1 meter diantara kedua mobil.

2. Persiapkan Kedua Mobil dengan Benar

Berikut ini beberapa persiapan yang harus Anda lakukan sebelum melakukan jumper aki mobil:

  • Jika mobil Anda memiliki transmisi otomatis, maka posisikan tuasnya di P, dan transmisi manual maka posisikan di netral.
  • Aktifkan rem tangan kedua mobil, agar tetap dalam posisi diam.
  • Kedua mobil harus ada dalam posisi mati dan cabut kuncinya.
  • Matikan seluruh perangkat listrik dan benda-benda sensitif yang ada.
  • Buka kedua kap mobil, dan perhatikan setiap posisi kutub dari kedua aki.
  • Pastikan Anda sudah mengetahui dengan baik letak kutub negatif dan positifnya.

3. Lakukan Proses Jumper

jumper aki mobil dengan mobil lain

Simak dengan teliti urutan dan langkah-langkah proses jumper aki mobil berikut:

  • Jepit klem kabel positif yang berwarna merah pada aki mobil yang mogok, kemudian jepit klem kabel positif pada mobil yang normal. Pastikan keduanya terpasang dengan baik dan tidak mudah lepas.
  • Selanjutnya, jepit kabel kutub negatif atau yang berwarna hitam pada aki mobil yang normal. Kemudian ujung klem lainnya dari kabel hitam tersebut dijepit ke bodi, sasis, atau bagian metal lain pada mobil yang mogok.
  • Jangan pernah menyambungkan klem kabel negatif ke baterai yang mati, karena akan berbahaya. Banyak orang yang melakukan ini karena dianggap lebih cepat, padahal akan menghasilkan gas yang mudah terbakar hingga meledak.
  • Tunggu selama kurang lebih satu menit, atau tergantung berapa lama aki soak.
  • Bila perlu, Anda bisa sambil menyalakan mobil yang mogok untuk beberapa menit untuk mengisi daya aki, dan tetap biarkan kedua kabel masih terpasang dan menyala.
  • Jika mesin masih tidak menyala, coba diamkan beberapa saat agar proses pengisian daya pada aki semakin maksimal.
  • Setelah mesin berhasil dihidupkan, lepaskan kedua kabel jumper tadi dengan urutan kabel negatif pada mobil yang mogok terlebih dahulu, kemudian kabel negatif mobil normal. Setelah itu lakukan hal yang sama pada kabel positif.

cara memasang aki mobil

Masalah yang berhubungan dengan aki mobil memang sangat mengganggu, karena bisa mengakibatkan mobil mati total. Maka dari itu, Anda perlu menguasai hal teknis mengenai aki salah satunya yaitu cara melepas dan memasang aki mobil.

Jika sudah menguasainya, dalam keadaan darurat pun Anda bisa menerapkan cara mengganti aki mobil ini sendiri tanpa bantuan bengkel.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1665 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.