Diperbaharui pada Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:35

Cara Hemat Bensin Mobil CC Besar Buat Harian

cara hemat bensin

Pengguna mobil cc besar pasti menyadari bahan bakar akan cepat habis saat mereka menggunakannya untuk keperluan harian. Meskipun saat ini pembuat kendaraan bermotor atau mobil sudah banyak yang memproduksi kendaraan yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan, namun Anda tetap perlu melakukan cara tersendiri untuk penghematan.

Terlebih mobil dengan cc besar biasanya diikuti dengan torsi yang juga besar, apalagi bagi pengguna bensin non subsidi maupun mesin diesel, biasanya cukup terasa di kantong dan dompet.

Di bawah ini terdapat tips dan trik untuk Anda yang ingin menghemat penggunaan dan pengeluaran BBM di mobil cc besar Anda, cara ini juga berlaku bagi Anda pengguna kendaraan motor maupun mobil dengan kapasitas mesin standar. Apa saja tipsnya?

Isi BBM Saat Pagi Hari

Semua SPBU di Indonesia mempunyai tangki penyimpanan BBM di bawah tanah. Mengenai penyimpanan tersebut diyakini bahwa saat kondisi tanah dingin maka bahan bakar semakin padat dan kental, sedangkan jika temperatur hangat atau panas, bahan bakar akan mengembang.

Saat pengisian bahan bakar, disarankan Anda melakukannya saat pagi hari ketka temperatur dingin. Jika Anda mengisi bahan bakar di siang hari, jumlah bahan bakar yang masuk ke tangki kendaraan Anda jumlahnya akan lebih sedikit dibandingkan jumlah liter yang dibeli.

Meskipun hal ini tidak terlalu signifikan, namun akan berdampak pada pengeluaran uang Anda.

Isi Bensin Saat Tangki Kendaraan Masih Setengah Penuh

Tips selanjutnya adalah mengisi bahan bakar saat tangki BBM kendaraan Anda setengah penuh. Semakin banyak bahan bakar di dalam tangki, maka semakin sedikit udara yang ada di tangki tersebut.

Perlu Anda ketahui, BBM akan menguap lebih cepat sehingga  bisa mengurangi jumlahnya.

Hindari Pengisian BBM Saat Ada Truk Pengisi Tangki

Saat truk pengisi mengisi tangki penyimpanan di SPBU, bahan bakar yang ada kemungkinan besar akan tercampur dan kotoran yang ada di dasar tangki akan ikut naik dan masuk ke dalam tangki motor atau mobil Anda.

Untuk itu, ada baiknya untuk menghindari pengisian BBM saat melihat terdapat truk pengisi tangki sedang melakukan pengisian di waktu yang sama.

Jalankan Kendaraan Sesuai Batas Kecepatan

Cara efektif meningkatkan efisiensi BBM adalah mempertahankan laju kendaraan dalam batas kecepatan yang sudah ditentukan. Efisiensi bahan bakar di kendaraan Anda akan menurun drastis bersamaan dengan penambahan kecepatan laju kendaraan Anda.

Atur Putaran Mesin

Laju putaran mesin yang terlalu rendah atau tinggi secara konstan berpotensi membuat konsumsi bahan bakar lebih boros. Untuk itu, aturlah putaran mesin yang idealnya berada di kisaran 3.000 rpm.

Jaga Jarak Kendaraan

Penghematan bahan bakar juga berlaku jika Anda bisa menjaga jarak dan tidak menempelkan kendaraan dengan yang ada di depan.

Perlu diketahui, saat Anda harus mengerem mendadak dan menekan gas untuk mengembalikan kendaraan ke kecepatan semula, hal ini akan membuat BBM boros.

Tambah Kecepatan Kendaraan Secara Bertahap

Pengeluaran konsumsi BBM juga akan lebih besar saat Anda menekan pedal gas dengan cepat setelah mengurangi kecepatan. Sebaiknya, tambahlah kecepatan kendaraan Anda secara bertahap.

Gunakan Gigi yang Tepat

Berkendara dengan gigi tinggi saat melintasi daerah menanjak dan berbukit atau gigi rendah secara terus menerus bisa memboroskan bahan bakar. Untuk itu, gunakanlah gigi yang tepat saat berkendara.

Hindari Berhenti Saat Mesin Menyala

Saat Anda berhenti dalam waktu lebih dari satu menit, biasakan untuk mematikan mesin untuk menghemat penggunaan bahan bakar. Hal ini juga berlaku untuk mobil baru yang hanya perlu dipanaskan dalam waktu beberapa detik saja sebelum digunakan.

Tetap Pakai AC

Untuk Anda pengguna mobil baru, penggunaan AC tidak berpengaruh pada bahan bakar. Malah, hembusan angin yang masuk akibat Anda membuka jendela karena mematikan AC bisa memperlambat laju mobil sehingga harus menekan pedal gas lebih dalam dan menguras penggunaan bensin.

Parkir di Tempat Sejuk 

Memilih untuk parkir di tempat sejuk dan teduh juga akan menghemat penggunaan bensin karena penguapan bahan bakar menjadi lebih sedikit.

Hindari Kemacetan

Kemacetan  membuat Anda harus menyetir secara stop and go sehingga membuat penggunaan bensin menjadi boros. Saat berangkat atau pulang kerja, sebaiknya pilih jalur jalan yang tidak mengalami kemacetan parah.

Angkut Beban Ringan

Beban berat bisa memperlambat laju kendaraan. Saat berkendara, singkirkan barang yang tidak diperlukan, sehingga mobil bisa melaju dengan kecepatan ideal dan tidak boros bahan bakar.

Maintenance Kendaraan Secara Berkala

Sebelum Anda berkendara, pastikan bahwa kendaraan Anda benar-benar prima. Anda bisa mengganti saringan udara yang kotor agar penggunaan bahan bakar lebih efisien, mengisi angin ban dengan tekanan yang sudah ditentukan.

Melakukan tune-up secara tepat waktu untuk memperlancar putaran mesin dan menggunakan oli sintensis karena lebih awet dan bisa menghemat bahan bakar sekitar 5%.

Nah, tips diatas bisa Anda lakukan untuk menghemat penggunaan bahan bakar minyak (BBM) di kendaraan Anda. Saat berkendara, pastikan untuk selalu bijak dan tertib, ya. 

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1151 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.