Diperbaharui pada Senin, 20 Juni 2022 | 09:52

Perhatikan 11 Hal Ini Ketika Memilih Asuransi Mobil Agar Klaim Lancar

cara memilih asuransi mobilFoto: Pexels

Selain sarana transportasi, mobil adalah aset berharga dan memiliki nilai yang tinggi. Karena itu, pemilik mobil harus melindungi aset berharga tersebut dengan cara membeli polis asuransi kendaraan yang akan menjamin berbagai risiko yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi pada mobil mereka.

Jadi bagaimana cara memilih asuransi mobil terbaik untuk Anda. Berikut Pricebook berikan beberapa tips memilih asuransi mobil yang tepat.

Tips Memilih Asuransi Mobil

tips memilih asuransi mobilFoto: Pixabay

Meski Anda sudah sudah cukup familiar dengan penggunaan layanan asuransi, Anda harus memilih dan menggunakan sebuah layanan asuransi yang terpercaya.

Apalagi, Saat ini banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi mobil di pasaran. Hampir setiap perusahaan asuransi dari skala kecil mau pun besar semua memiliki produk ini.

1. Sesuaikan Kebutuhan

Pertama-pertama, Anda harus melihat dan mengetahui mengenai kondisi kendaraan Anda seperti kondisi mesin, bodi, usia dan berbagai hal lainnya. Dengan mengetahui kondisi kendaraan, Anda bisa memilih jenis asuransi kendaraan yang paling tepat bagi kendaraan Anda tersebut.

Ada dua jenis asuransi mobil yaitu Asuransi All Risk atau Comprehensive Asuransi dan Asuransi Total Loss Only (TLO). Asuransi All Risk akan menjamin hampir semua risiko yang akan terjadi pada mobil Anda seperti kecelakaan kecil hingga besar.

Sedangkan, Asuransi Total Loss Only (TLO) menjamin kerusakan kendaraan yang terjadi di atas 75 persen saja sehingga kecelakaan atau kerusakan kecil mobil tidak akan dijamin olehnya.

2. Ketahui Keuntungan

Setiap Perusahaan asuransi mobil pasti akan memberikan manfaat dan keuntungan yang berbeda-beda, tergantung pada jenis dan juga fitur layanan yang Anda butuhkan.

Karena itu, Anda harus mengetahui berbagai keuntungan dan perlindungan yang akan diberikan oleh asuransi kendaraan sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian di masa yang akan datang.

3. Lakukan Perbandingan

Anda harus membandingkan produk-produk asuransi mobil yang beragam, karena mengetahui satu produk saja tidak akan efektif. Karena itu, Anda harus melakukan perbandingan terhadap produk yang sama yang berasal dari perusahaan asuransi yang berbeda.

Perbandingan itu bisa dilakukan dengan cara mendatangi perusahaan asuransi langsung, atau dengan mendatangi situs resmi mereka lewat jaringan Internet.

4. Pilih Produk yang Paling Tepat

Jangan cepat-cepat mengambil keputusan, karena penting bagi Anda untuk menemukan produk asuransi terbaik dan paling tepat bagi kendaraan Anda. Beberapa asuransi mungkin akan terlihat sama, namun setelah mencari berbagai informasi secara detail maka Anda bisa menentukan pilihan dan menemukan satu produk yang paling tepat.

5. Kemampuan Bayar

Tak ada salahnya untuk selalu mengingat pepatah, ada uang ada barang. Sangat mungkin bahwa berapa banyak budget yang Anda keluarkan, itulah yang akan mengukur kepuasan Anda kelak.

Tentunya, besaran premi yang Anda bayar akan mempengaruhi manfaat dan perlindungan yang akan Anda dapatkan. Namun, Anda harus mempertimbangkan kemampuan keuangan yang Anda miliki.

Janganlah, memaksakan diri untuk mengambil sejumlah premi yang terbilang besar tetapi berada di luar jangkauan keuangan Anda.

6. Rekomendasi Pihak Dealer

Jika Anda ingin membeli produk asuransi ketika sedang mengajukan kepemilikan mobil, Anda bisa mempertimbangkan rekomendasi yang diberikan oleh pihak dealer.

Biasanya, pihak dealer akan memberikan rekomendasi perusahaan asuransi yang bagus dan bisa dipercaya. Tentunya, rekomendasi dari dealer bukanlah harga mati yang harus Anda ikuti.

7. Kredibilitas Perusahaan

Pastikan Anda menggunakan layanan asuransi dari perusahaan yang memiliki kredibilitas baik dan bisa dipercaya. Pertimbangkan reputasi mereka di tengah-tengah masyarakat luas.

8. Rasio Keluhan Pelanggan

Selain itu, Anda pun bisa mendengar segala informasi mengenai rasio keluhan nasabah mereka. Anda bisa mencari informasi secara online dengan melihat situs resmi perusahaan asuransi dan meneliti berbagai forum online mengenai asuransi kendaraan yang terpercaya.

Anda harus perhatikan seberapa besar tingkat penyelesaian keluhan nasabah yang mereka lakukan, semakin tinggi tingkat penyelesaian tersebut maka akan semakin baik bagi Anda untuk memilih mereka.

9. Bengkel Rekanan Perusahaan

Anda bisa memperhitungkan bengkel rekanan yang dimiliki perusahaan asuransi mobil. Sebaiknya, Anda memilih perusahaan asuransi mobil yang memiliki banyak bengkel rekanan yang terpercaya dan akan memudahkan Anda dalam melakukan perbaikan.

Selain itu, pilihlah perusahaan asuransi mobil yang memiliki bengkel rekanan yang jaraknya dekat dengan rumah atau kantor. Jadi, Anda tidak akan membutuhkan waktu untuk pergi ke bengkel tersebut.

10. Fitur Layanan Perusahaan

Anda bisa memilih perusahaan asuransi mobil yang memiliki berbagai fitur pendukung dan lengkap. Hal itu akan membuat Anda nyaman dan tenang ketika mobil Anda mengalami kecelakaan.

Pilih perusahaan asuransi yang memiliki layanan call center 24 jam penuh dan cepat dalam menanggapi laporan kliennya, memiliki fasilitas ambulans dan mobil derek jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Alangkah baiknya, perusahaan asuransi Anda memiliki fasilitas mobil pengganti ketika mobil Anda berada di bengkel dan dalam masa perbaikan.

Semua fitur itu akan membuat Anda lebih nyaman dan tidak mengalami berbagai kesulitan dalam mengajukan perbaikan setelah adanya kecelakaan pada kendaraan Anda.

11. Prosedur Klaim

Tentunya, perusahaan asuransi yang baik akan menangani klaim nasabahnya dengan cepat. Janganlah pilih perusahaan asuransi mobil yang lambat dalam proses klaimnya karena perusahaan asuransi mobil itu akan membuat Anda rugi dan mengalami sejumlah masalah setelah mengalami kecelakaan dan juga kerusakan pada mobil Anda. 

Caranya, Anda bisa mencari tahu dan lihat seberapa banyak klaim yang diterima oleh perusahaan asuransi tersebut melalui layanan Internet pada forum atau website.

Jangan Salah Pilih Asuransi Mobil

cara pilih asuransi mobilFoto: Pexels

Anda bisa menggunakan beberapa tips di atas sebagai bahan pertimbangan dalam memilih sebuah perusahaan asuransi mobil yang tepat.

Jangan memilih perusahaan asuransi hanya karena memiliki nama besar sedangkan kinerja dan pelayanannya terhadap nasabah sangat buruk dan lambat.

Jangan lupa, sesuaikan dengan Kemampuan Keuangan Anda dan memaksakan membeli polis yang berada di luar jangkauan keuangan Anda karena ada banyak perusahaan asuransi yang bisa dijadikan pertimbangan.

Semoga artikel ini bisa menbantu, dan jangan lupa, pilihlah asuransi kendaraan mobil yang tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan yang Anda miliki.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1206 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.