Diperbaharui pada Senin, 15 Juni 2020 | 17:48

Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Kinclong

cat mobil rusak

Cat mobil sering mengalami kerusakan khususnya bagi beberapa orang yang memakai dengan cara yang salah atau tidak merawat dengan baik.

Faktor rusaknya cat mobil tidak hanya terjadi karena satu hal saja, ada beberapa penyebab yang membuat cat mobil menjadi rusak, pudar, atau lecet.

Jika cat mobil yang Anda gunakan saat ini sudah terlanjur mengalami kerusakan, hal yang harus dilakukan adalah menjalankan tips memperbaikinya dengan lebih baik. Cobalah untuk mempraktikan beberapa cara penyimpanan mobil yang baik.

Penyebab Cat Mobil Rusak

cara merawat cat mobil

Abu bekas pembakaran

Pengguna mobil harus berhati-hati dengan debu atau abu baik hasil pembakaran atau lainnya, kotoran ini dipercaya dapat merusak cat pada mobil Anda. Jika Anda menemukan tumpukan debu pada mobil, akan lebih baik jika tidak menyemprotnya menggunakan air bersih.

Ketika Anda menyemprotkan air pada debu tersebut akan menimbulkan dan menciptakan alkali yang sangat berbahaya. Cat mobil yang terkena zat alkali berlebih bisa mengalami kerusakan, hal ini bisa diatasi dengan mengelapnya terlebih dahulu menggunakan lap.

Jangan membasahi lap terlebih dahulu untuk memastikan debu sedikit hilang dari permukaan cat mobil. Jika sudah tekena basah disarankan untuk dibawa ke tempat pencucian mobil.

Terkena getah pohon

Getah pohon mengandung senyawa yang sangat berbahaya dan dapat merusak cat mobil. Ketika kendaraan Anda terkena getah jangan mengelap menggunakan lap basah, Anda bisa membersihkan menggunakan Bug dan tar remover.

Untuk getah yang sudah terlanjur kering maka Anda bisa membersihkan menggunakan tanah liat.

Terkena tumpahan bahan bakar

Perlu diperhatikan Ketika Anda mengisi bahan bakar di tempat pengisian tetesan minyak harus diperhatikan dengan baik. Anda harus memastikan jika bagian tetesan bensin tidak terkena cat mobil.

Senyawa yang ada di dalamnya akan menimbulkan noda dan akan membuat cat semakin rusak. Jika suatu saat minak tersebut terkena mobil, cobalah untuk mengelap menggunakan microfiber.

Angin laut

Garam yang menempel akibat angin laut bisa menimbulkan kerusakan pada cat, lebih parahnya mesin kendaraan juga bisa menjadi berkarat. Sebelum sampai di lokasi wisata pantai ada baiknya jika Anda melindungi cat dengan wax khusus agar permukaan cat mobil lebih terlindungi.

Tutorial Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Kinclong

cara membuat merawat cat mobil

Cara memarkirkan mobil

Ketika Anda akan memarkirkan mobil cobalah untuk mencari tempat yang tidak terbuka. Jika kendaraan terkena sinar ultraviolet ang berlebih, hal ini dapat menyebabkan cat mobil memudar.

Debu juga dapat merusak kendaraan baik mesin maupun catnya.

Gunakan sabun khusus mobil

Menggunakan sabun khusus untuk mencuci mobil merupakan hal yang penting. Jika Anda menggunakan sabun oplosan maka zat kimia di dalamnya akan merusak cat pada mobil, membuatnya memudar dan permukaannya kasar.

Anda bisa mencoba mencampurkannya dengan bahan lain yang aman.

Cuci mobil dengan kain halus

cara mencuci mobil agar cat tidak rusak

Untuk menjaga kualitas cat Anda perlu mencuci menggunakan bahan yang halus. Hal ini penting untuk diperhatikan khususnya pada bagian bodi mobil.

Serat kain yang halus akan membantu untuk menjaga keutuhan cat dan zat sabun yang digunakan. Penggunaan lap atau kain seperti serat kanebo asli bisa menjadi pilihan yang baik.

Pasang sarung mobil di malam hari

Jika Anda berniat untuk menyimpan kendaraan di luar rumah, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari lokasi yang aman dan teduh. Jika lokasi teduh maka mobil bisa terhindar dari sinar ultraviolet berlebih.

Selain itu, mobil juga bisa terhindar dari debu jika Anda menutupinya dengan sarung mobil di malam hari Langkah ini menjadi cara merawat cat mobil yang terbaik.

Cara Memperbaiki Cat Mobil yang Terlanjur Rusak

perbaiki cat mobil

Bersihkan permukaan cat yang retak

Untuk memperbaiki cat mobil yang sudah terlanjur rusak sebelumnya, Anda perlu mebersihkan semua bagian yang sudah retak tersebut. Biasanya beberapa orang akan membersihkan dengan gerinda Ketika akan membersihkan panel body.

Jika Anda tidak memiliki cara lain, di bagian depan mata bisa diganti dengan sikat kawat. Beberapa orang menggunakan opsi lain Ketika membersihkan keretakan cat pada mobil, biasanya alat seperti scrub akan bermanfaat dengan baik.

Untuk jenis scrub yang digunakan biasanya adalah model kape yang bentuk dan pisaunya lebih tajam. Ketika Anda melakukan kerokan akan membuat cat yang retak semakin hilang. Hal ini menjadi cara termudah untuk memperbaikinya.

Menunggu cat sampai kering

cara memperbaiki cat rusak

Jika Anda sudah selesai dengan bagian yang pertama maka harus langsung mengecat bagian yang dibersihkan tadi. Tentu waktu yang dibutuhkan untuk bagian ini akan lebih lama, biasanya memakan waktu sampai 40 menit untuk menunggu cat kering.

Tips lain adalah jangan menjemur mobil Ketika sedang di cat, hal ini hanya akan membuat rusak cat yang mengering.

Memakai ampelas

Untuk membersihkan cat yang sudah rusak biasanya bisa menggunakan ampelas yang kasar. Jenis ampelas ini sangat membantu untuk membuat cat semakin terbuang, bahkan permukaannya menjadi lebih bersih dari cat yang tersisa.

Nomor ampelas yang biasanya memiliki bentuk yang lebih kasar adalah nomor 80 atau ampelas halus dengan nomor 1500.

Pendempulan

Setelah melakukan ampelas, hal yang selanjutnya adalah mendempul bagian mobil yang akan di cat. Jika pengikisan cat sebelumnya tidak rata, maka pendempulan ini bisa menjadi bantuan yang lebih baik.

Proses melakukannya memang lama namun akan membuat cat semakin rata Ketika dipasangkan. Jika pendempulan selesai, maka Anda bisa mencoba mengecet mobil dengan epoxy.

Pengecatan

merawat warna mobil kusam

Untuk Langkah selanjutnya adalah metode pengecatan, biasanya beberapa orang akan lebih memilih untuk menggunakan cat jenis semprot. Pengecatan tidak akan memakan waktu yang lama, Anda juga bisa mencoba untuk mencari spot yang lebih aman agar cat mobil tidak rusak Kembali.

Mengecat dengan cat piyu

Jenis cat yang biasanya digunakan untuk pengecatan mobil adalah cat piyu. jenis chat piyu ini memiliki kandungan yang lebih baik dan pengaplikasiannya lebih mudah, hindari penggunaan cat dengan komposisi NC.

Jangan melakukan proses pengecatan dengan terburu-buru sehingga hasilnya gagal. Untuk mendapatkan hasil yang baik diharuskan untuk menunggu kering di setiap baigian.

Biasanya antara setiap lapisan akan memakan waktu mulai dari 5 sampai 15 menit sampai dapat dilapisi Kembali. Pengecatan yang terakhir adalah penutup, biasanya akan menggunakan cat protection yang terbaik.

Hal ini dilakukan untuk memberikan hasil yang lebih maksimal dan cat menjadi tahan lama Ketika digunakan. Kebanyakan orang melakukan kesalahan Ketika mencari cara merawat cat mobil khususnya bagi yang tinggal di daerah tertentu.

Untuk Anda yang berada di daerah pantai, angin laut dirasa sangat berpengaruh bagi Kesehatan kendaraan Anda khususnya cat mobil. Untuk memastikan kesehatananya Anda perlu membersihkannya secara rutin seperti menyiram dengan air bersih.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1665 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.