Diperbaharui pada Rabu, 20 Januari 2021 | 09:02

7 Peralatan untuk Membuat Podcast, Apa Saja yang Diperlukan?

Oleh Restu Aji Siswanto

Foto: Pixabay

Menjamurnya channel podcast di Indonesia, membuat banyak orang memulai siaran podcast mereka sendiri, dengan tema dan topik bahasan yang beragam. Untuk bisa menghasilkan siaran berkualitas, tentunya juga perlu didukung dengan peralatan yang baik.

Selain memilih tema siaran podcast yang mencakup topik-topik bahasan mulai dari obrolan sehari-hari, musik, film, cerita horror, hingga hobi-hobi spesifik lainnya, dukungan peralatan teknis untuk membuat channel podcast sama pentingnya. Berikut ini yang perlu dipersiapkan.

Peralatan untuk Membuat Podcast

1. XLR Microphone

xlr microphoneFoto: Pixabay

Siaran podcast mengandalkan suara. Jadi, memiliki mikrofon yang baik menjadi kebutuhan utama yang harus dipenuhi. Jenis mikrofon yang direkomendasikan adalah XLR microphone, karena dapat menghasilkan suara yang lebih bersih.

XLR microphone mampu menghasilkan sinyal suara yang imbang, sehingga mengisolasi suara-suara yang diterimanya. Kalau pernah melihat kanal-kanal cover lagu di Youtube, mikrofon jenis ini kebanyakan yang menjadi pilihan para Youtuber tersebut.

2. Headphones Berkualitas

headphonesFoto: Pixabay

Memiliki headphones yang berkualitas juga menjadi penting ketika akan membuat siaran Podcast. Terkadang siaran dilakukan dari tempat yang berbeda, terutama ketika host harus menghubungi pembicara lain di luar studio. Disini peran headphones menjadi penting.

Gangguan pada jaringan terkadang membuat suara yang keluar dari headphones menjadi kurang jelas. Headphones yang bagus umumnya memiliki fungsi untuk meminimalisir isu ini, jadi suara yang terdengar di telinga tetap jelas, meski ada sedikit gangguan.

3. Pop Filter

pop filterFoto: Jolly Chic

Mikrofon yang bagus, terkadang terlalu sensitif. Apalagi bila penggunaannya terlalu dekat dengan mulut pembicara. Pop filter dapat membantu mengatasi permasalahan terkait perekaman suara ini. Harga pop filter cukup murah. Kita tidak akan rugi memiliki alat ajaib ini.

4. Mixer yang Bagus untuk Investasi

mixerFoto: Pixabay

Kalau mau serius dengan siaran podcast, maka memiliki mixer yang bagus bisa menjadi investasi yang baik. Apalagi kalau channel podcast kita sukses, tentunya waktu siaran akan semakin padat. Mixer akan membantu sekali untuk menghasilkan audio yang berkualitas.

5. Suspension Boom

suspension boomFoto: Ikonos

Untuk memberikan kenyamanan selama melakukan siaran, jangan lupa untuk menggunakan suspension boom yang fungsinya sebagai penyangga mikrofon. Alat ini dapat digerakkan dan diatur sesuai posisi duduk pembicara.

6. Audio Interface Agar Lebih Profesional

Audio InterfaceFoto: Pixabay

Bila belum paham fungsi dari audio interface, perangkat ini adalah alat yang menghubungkan antara mikrofon ke komputer, melalui sebuah mixer. Secara garis besar, fungsinya memang mirip dengan sound card, namun hasil kualitas rekamannya jauh lebih baik.

7. Komputer (PC/Laptop)

komputer pcFoto: Pixabay

Nah, ini yang juga tidak kalah pentingnya. Pastikan untuk memiliki perangkat komputer, atau laptop yang spesifikasinya cukup mumpuni. Seluruh hasil rekaman perlu diolah dulu dengan menggunakan software khusus podcast, dan komputer dengan spek tinggi akan mempermudah prosesnya.

Sebenarnya untuk komputer dengan spek sedang juga bisa digunakan, namun tidak kami sarankan karena mengolah file audio membutuhkan memori yang besar. Apalagi kalau podcast yang kamu buat dalam format video Youtube, bukan hanya audio saja.

Tips Memulai Siaran Podcast

Setelah semua peralatan yang penting sudah dimiliki, langkah selanjutnya adalah menentukan tema siaran podcast apa yang ingin dilakukan. Pastikan kalian fokus dan pokok pembahasannya tidak melenceng terlalu jauh.

Selain itu, pastikan juga kalian memilih lokasi siaran yang baik dan tidak menimbulkan kebocoran suara selama siaran berlangsung. Idealnya, dalam ruangan studio khusus yang dilengkapi dengan peredam.

Sebagai contoh, kamu bisa coba lihat channel Youtube podcast Deddy Corbuzeir dan contek set up peralatannya. Kalau kamu perhatikan, ruangan yang dipakai juga kecil dan sepertinya kedap suara.

Namun pada dasarnya, ruangan jenis apa pun juga bisa, asalkan tidak terlalu banyak suara di sekitar yang bisa mengganggu selama siaran podcast berlangsung. Bagaimana, sudah siap memulai channel podcast sendiri?

Like us!

Komentar