Daftar Harga Sound Card Termurah Desember 2020

Model Harga Termurah
ASUS Xonar DSX Rp 959.900
ASUS Xonar DG Rp 985.999

Deskripsi Sound Card

MEMAHAMI SOUND CARD BUKAN LAGI MAKANAN KAUM IT

Melihat penjabaran dari namanya – Sound Card – yang artinya kartu suara, tahukan user apa fungsi sebenarnya dari Sound Card ini sendiri? Sound Card ternyata merupakan sebuah perangkat keras yang biasanya diadaptasikan didalam computer kamu, dan fungsi utamanya adalah merekam dan mengeluarkan suara. Oke, buat kamu yang memang bukan penggemar utak-atik computer tentunya sedikit penjabaran penulis tadi pasti masih bikin bingung kamu? Tapi jika kamu pernah dengar nama Sound Blaster - yang merupakan SoundCard terbaik dikelasnya, maka penulis yakin sedikit banyak kamu bakal mulai paham.

Why Sound Card?

Hari gini siapa sih yang gak bakalan punya koleksi lagu super banyak yang bisa kamu simpan dengan mudah dalam smartphone kamu, untuk itulah penulis pun yakin semua diantara kamu pasti uda gak asing tentunya dengan format media, seperti mp3, mp4, dan wav. Tapi tahukah kamu, jika perangkat media player kamu ataupun smartphone kamu gak punya fasilitas Sound Card didalamnya maka ini artinya semua file kamu gak bakalan bisa kebaca? Penulis tahu tak semuanya dari kamu bakal menyadari hal tersebut, tapi inilah uniknya cara kerja Sound Card. Sound Card dengan sengaja mengolah semua data media kamu dengan bantuan DSP (Digital Signal Processing) dan DCA (Digital Analoq Converter) untuk mengubah sinyal digital dari file media kamu menjadi sinyal analog, sehingga nantinya speaker dengan mudah dapat menangkap sinyal tersebut. Singkatnya, speaker kamu gak bisa bekerja kalo gak pake sinyal analog dan smartphone kamu gak bisa baca yang bersifat analog. Paham?

Fungsinya Apa Sih Sound Card Itu?

Mengetahui bahwa Sound Card saat ini memang menjadi bagian penting dari kebutuhan semua perangkat digital, tentunya gak masuk akal banget kalo semua pengaplikasiannya masih didasarkan pada format PCI. Bukan apa-apa sih, cuma mengingat kebutuhan perangkat digital makin menggeliat dan vendor masih mengusung konsep offboard yang berbasis rakitan maka gimana dengan nasib laptop, tablet dan smartphone kamu? Wah, untuk yang satu ini kamu gak perlu khawatir. Sound Card ini ternyata juga ada kok yang formatnya uda onboard, dan sengaja disajikan khusus untuk mendukung perangkat-perangkat portable kamu yang tadi uda disebutkan. Namun berhubung memang segmentasi penempatannya juga berbeda, maka ukuran Sound Card inipun berbeda dan rata-rata telah terintegrasi dengan chipset utama. Lantas berarti karakter Sound Card ini hanya ada dua saja?

Kualitas Sound Card Bukan Dari Harganya

Tentu tidak. Sound Card External yang biasa dikemas dalam format USB masih ada disana untuk mendukung para user yang emang menggilai aktivitas rekam-merekam, dan terpaksa membutuhkan harga Sound Card yang cukup tinggi ini untuk mengelola hasil rekamannya ke dalam format digital tentunya. Lalu kalau kamu pingin banget punya Sound Card External, kira-kira apa yang perlu kita ketahui sebelum membeli Sound Card murah dan berkualitas? Kalau untuk kebutuhan pilih-pilih mana Sound Card yang bagus, ada baiknya kalo kamu lebih perhatikan budget yang harus kamu bayarkan untuk harga Sound Card External tersebut. Bukan karena gak ada pilihan lain, namun harga Sound Card External ini rata-rata cuma pengaruh di jumlah port input-outputnya saja. Jadi gak ada istilah SoundCard murah ato Sound Card External mahal.