Diperbaharui pada Jumat, 29 Desember 2023 | 15:40

10 Aplikasi Podcast Terbaik untuk Hp Android dan iOS

rekomendasi aplikasi podcastFoto: Pexels

Belakangan ini podcast menjadi cukup populer di kalangan anak muda, terutama dalam konteks konten online. Wajar bila saat ini banyak bermunculan kanal-kanal podcast yang membahas berbagai hal mulai dari hiburan, horor, hingga politik.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan siaran podcast, dan kenapa banyak orang ingin membuat podcast, serta aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk mendengarkan konten tersebut?

Podcast adalah konten dengan format audio yang biasanya terdiri dari beberapa epiosode dengan tema tertentu, di mana pendengar bisa mendengarkannya secara langsung, atau mengunduhnya untuk didengarkan kemudian melalui hp , laptop, atau gawai lainnya.

Sederhananya, podcast seperti sebuah blog dan siaran radio, namun pembuat podcast bisa membuat berbagai macam konten seperti misalnya episode-episode cerita horor, tutorial, audio book, ulasan-ulasan produk maupun film, dan berbagai macam jenis konten lainnya termasuk konten edukasi.

Rekomendasi Aplikasi Podcast Terbaik

rekomendasi aplikasi podcastFoto: Pexels

Daftar rekomendasi aplikasi podcast berikut kami pilih berdasarkan tingkat kepopulerannya di Google Play Store. Selain itu, juga karena cara menggunakannya yang cukup mudah, terutama bagi pemula.

Kalau kamu tertarik untuk membuat siaran podcast sendiri, daftar rekomendasi aplikasi podcast terbaik ini dapat menjadi acuan awal bagimu untuk berkreasi. Pilihlah mana yang paling cocok dengan kebutuhanmu.

Berikut 10 rekomendasi aplikasi podcast terbaik yang bisa kamu pilih.

1. Spotify for Podcasters

Salah satu aplikasi podcast gratis yang bisa kamu gunakan adalah Spotify for Podcasters yang sebelumnya bernama Anchor. Aplikasi ini terpisah dari aplikasi utama Spotify, dan memiliki cukup banyak fitur untuk membantumu membuat siaran podcast dengan cara yang mudah.

Salah satunya fitur unggulannya adalah fitur editing, di mana kamu bisa meng-edit rekaman suara yang telah direkam. Setelah kamu edit, rekamannya bisa langsung di-share pada platform Google Podcast maupun Apple Podcast.

Cara membuat podcast di Spotifu for Podcasters cukup mudah, kamu hanya perlu mengunduh aplikasinya dan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buat akun baru dengan cara daftar menggunakan metode yang tersedia.
  • Bila kamu sudah memiliki rekaman podcast, maka pilih opsi 'I have podcast I want to import' pada aplikasi.
  • Untuk membuat siaran podcast baru langsung dari aplikasi, pilih 'I want to make new podcast' lalu mulai rekaman dengan memilih 'Record'.
  • Mulailah berbicara dan rekam suara kamu di aplikasi.
  • Bila terjadi kesalahan, kamu bisa menggunakan tanda 'Flag' dengan cara memilih 'Add Flag' pada bagian yang ingin diperbaiki.
  • Pilih 'Stop' bila rekaman telah selesai dan dengarkan hasilnya pada preview.
  • Kamu bisa menambahkan mood pada rekaman podcast dengan memilih 'Add background music' dan mendengarkan musiknya dengan memilih 'Play' sebelum menambahkan pada hasil rekamanmu.
  • Pilih 'Save' dan beri judul pada podcast tersebut, lalu pilih 'Add recording to episode' dan pilih 'Publish'.
  • Isi informasi dan deskripsi podcast, lalu pilih 'Publish Now' untuk menyiarkannya.

2. CastBox

Castbox adalah aplikasi untuk mendengarkan podcast yang telah diunduh di lebih dari 10 juta perangkat. Aplikasi ini juga mendapatkan beberapa penghargaan sebagai ‘Most Entertaining App’ dan ‘Top Trending Apps’ dari Google Play.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa mendengarkan secara online maupun offline lebih dari 95 juta siaran podcast. Selain mendengarkan siaran podcast, kamu juga bisa membuat kanalmu sendiri.

3. Google Podcasts

Google Podcasts adalah aplikasi untuk mendengarkan siaran podcast dari hp Android. Aplikasi podcast ini pun bisa kamu dapatkan secara gratis di Google Play Store.

Karena ini merupakan aplikasi dari Google, maka pastinya aplikasi ini bersinergi dengan Google Assistant, jadi kamu bisa dengan mudah mendengarkan podcast melalui berbagai macam device.

4. Pocket Casts

Pocket Casts juga menjadi salah satu aplikasi podcast rekomendasi kami, di mana kamu akan memiliki pilihan tema yang bisa kamu pilih sesuai kenyamanan.

Terdapat juga pilihan dark mode atau light mode, dan bahkan jika kamu penggemar layar OLED, terdapat tema extra dark. Aplikasi podcast ini memiliki fitur sleep timer yang bisa digunakan agar tidak menggangu waktu tidurmu.

5. Podbean

Aplikasi Podbean selain bisa dipakai untuk mendengarkan podcast, juga memiliki fitur sebagai podcast studio. Pada aplikasi ini kamu bisa merekam siaran podcast menggunakan beragam fitur yang tersedia.

Selain itu, tersedia pula materi seperti musik latar, efek suara, dan bahkan kamu bisa memotong maupun menggabungkan rekaman suaramu.

rekomendasi aplikasi podcastFoto: Pexels

6. Podcast Addict

Podcast Addict memungkinkan kamu untuk mendengarkan berbagai siaran podcast dari seluruh dunia. Selain itu kamu bisa juga mengakses ribuan audio book, radio, live stream, YouTube, hingga Soundcloud dalam satu aplikasi.

7. Podcast Go

Podcast Go juga menjadi salah satu rekomendasi aplikasi podcast untuk mendengarkan siaran di hp Android. Aplikasi ini memiliki fitur download yang memungkinkan kamu untuk mendengarkan podcast secara offline.

Terdapat beragam kategori podcast yang bisa kamu dengarkan mulai dari komedi, musik, berita, permainan, hingga pendidikan.

8. Spotify

Spotify adalah aplikasi streaming musik yang sangat populer. Aplikasi ini telah menyentuh lebih dari 500,000,000 instal di seluruh dunia. 

Aplikasi Spotify dapat digunakan di berbagai device seperti smartphone, tablet maupun komputer atau laptop. Pada aplikasi ini, kamu bisa mendengarkan streaming musik terbaru hingga siaran podcast.

Aplikasi ini menyediakan pilihan premium atau berbayar untuk mendengarkan musik dan podcast tanpa iklan, dengan kualitas suara yang lebih baik. Kamu juga bisa memulai siaran podcast sendiri di Spotify dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Siapkan file MP3 podcast pada RSS feed yang telah kamu rekam.
  • Bukan website Spotify for Podcaster di https://podcasters.spotify.com/ dan login menggunakan akun Spotify kamu.
  • Pilih 'Get Started' lalu kirimkan hasil rekaman podcast pada pilihan 'Submit your podcast'.
  • Isi namamu dan dan pilih centang pada kotak 'Terms and Conditions', lalu pilih 'Continue'.
  • Isi link RSS feed pada kolom yang tersedia dan pilih kirim kode konfirmasi ke email. Tuliskan kode tersebut.
  • Lengkapi informasi podcast seperti negara, bahasa, kategori, dan sebagainya. Bila selesai, pilih 'Next'.
  • Review hasil rekaman podcast dan klik 'Submit'.

9. Soundcloud

Aplikasi Soundcloud dapat digunakan untuk mendengarkan musik dan audio. Pada aplikasi ini pun terdapat pula siaran podcast dengan berbagai tema yang beragam. Kamu bisa dengan mudah merekam audio untuk langsung di-share.

10. Noice

Noice adalah aplikasi podcast dari Indonesia yang menawarkan berbagai macam konten audio, mulai dari musik, hingga tema-tema bincang dengan berbagai tema. Kamu bisa mendengarkan semuanya dengan gratis.

Cara membuat podcast di Noice juga cukup mudah, karena kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Noice dan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Daftarkan dirimu pada aplikasi Noice dan gunakan nomor hp yang aktif.
  • Selanjutnya, lengkapi data-datamu mulai dari nama, jenis kelamin, dll.
  • Lakukan verifikasi nomor hp untuk memastikan akun kamu benar.
  • Untuk memulai podcast, pilih menu 'Koleksi' dan klik 'Mixtape'.
  • Pilih 'Buat Mixtape' dan pilih 'Tap untuk Upload' dan cari hasil rekaman podcast kamu.
  • Isi judul dan deskripsi, lalu pilih 'Simpan'.

Nah, itu dia 10 aplikasi podcast terbaik yang bisa kamu gunakan untuk memulai siaran podcast. Pastikan kamu sudah memiliki peralatan podcast yang baik sebelum memulai, ya. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.