Cara Menonaktifkan Instagram Sementara dengan Beberapa Klik

Oleh Nur Abdillah updated Selasa, 6 Agu 2019 | 13:55

Instagramimage via pexels

Instagram adalah salah satu platform sosial media yang menggunakan foto dan video sebagai alat sharing. Bagi sebagian orang, Instagram adalah hal yang sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sosial mereka. Mulai dari sharing tampilan makanan yang dikonsumsi sampai memori bersama orang-orang tersayang bisa disebarkan dengan aplikasi ini.

Tapi pernahkah Anda mengalami kejenuhan bermain Instagram? Jika hal ini terjadi, Anda bisa menonaktifkan akun IG untuk sementara waktu dan bisa mengaktifkannya kembali saat rasa bosan itu hilang.

Nah, sekarang mari bahas bersama bagaimana cara menonaktifkan dan mengaktifkan Instagram di bawah ini!

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara 

Cara Menonaktifkan Instagram Sementara
Akun Instagram tentu adalah salah satu sosial media platform yang terkenal dan sudah sering digunakan. Saking terkenal-nya, aplikasi Instagram yang ada di iOS bahkan tidak bisa di delete. Hal yang bisa Anda lakukan jika tidak bisa menghapus aplikasi ini adalah dengan menonaktifkannya sementara. 

Berikut langkah-langkahnya :

  • mengunjungi website www.instagram.com melalui PC ataupun MAC device
  • klik simbol orang pada pojok atas kanan lalu pilih Edit Profile
  • pilih Temporary Disable My Account, pada pilihan ini Anda akan dibawa ke menu baru yang harus diisi dengan lebih detail
  • menu ini akan menanyakan Anda mengapa ingin menonaktifkan Instagram
  • setelah memilih jawaban yang pas, masukan password untuk konfirmasi akun tersebut adalah milik Anda
  • klik tombol biru dengan tulisan Temporary Disable My Account
  • setelah proses berjalan, akun Anda akan mati dan tidak dapat diakses untuk sementara

Saat mematikan akun Instagram, semua orang tidak dapat melihat akun Anda. Jadi follower Anda-pun tidak bisa memutuskan untuk un-follow. Situasi akun yang tidak dimatikan tentu tidak akan memiliki data apapun. Tapi jangan takut, data yang dihapus saat proses nonaktif ini akan kembali lagi saat Anda melakukan proses pengaktifan. 

Hal yang perlu diingat adalah proses aktivasi ini ada jangka waktunya. Jika Anda baru beberapa jam mematikan akun Instagram Anda, biasanya proses aktivasi tidak akan diterima. Minimal Anda harus melewati waktu 24 jam sebelum pengaktifan.

Lupa mengaktifkan akun selama 90 hari akan menyebabkan semua data Anda hilang. Jadi walaupun mengaktifkan akun Anda lagi, Anda hanya seperti membuat akun baru. Nah, jika ingin segera mengaktifkan akun ini, ikuti langkah aktivasinya berikut ini!

Cara Mengaktifkan Akun Instagram Kembali

mengaktifkan akun IG
Aktivasi akun instagram sebenarnya cukup mudah. Anda cukup mengunjungi website instagram seperti di link sebelumnya dan memasukan ID serta password. Anda juga bisa login menggunakan ID Facebook yang aktif pada saat itu. Jika proses login sudah selesai, biasanya Anda akan langsung masuk pada home menu Instagram pada halaman akun Anda. 

Proses aktivasi ini tentu mudah jika Anda tidak kena masalah, tapi jika akun Anda menjadi non-aktif karena ban ataupun pelanggaran aturan, ceritanya beda lagi. Proses aktivasi dari pelanggaran ini tentu lebih sulit. Tapi bagi Anda yang merasa tidak melakukan pelanggaran, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk keluar dari situasi ini. 

Berikut langkah-langkahnya :

  • mengirim appeal, dimulai dengan konfirmasi deaktivasi dari pihak Instagram
  • untuk konfirmasi cukup login seperti normal, jika akun memang kena masalah dan mati, indikator tulisan akan muncul
  • setelah konfirmasi, kunjungi help.instagram.com/contact
  • isi semua informasi yang diminta

Perlu diingat info yang dimasukan di sini harus benar dan sesuai dengan kenyataan. Rekayasa informasi saat appeal hanya akan membuat pihak Instagram makin tidak percaya pada Anda. Setelah memasukkan data seperti nama lengkap, username dalam Instagram, email, nomor hp, serta pernyataan appeal, Anda cukup klick tombol Send ataupun Kirim di bagian paling bawah page. 

Tapi selalu usahakan teks yang Anda kirim untuk appeal ini tidak asal-asalan. Di dalamnya Anda harus isi dengan info yang penting dan jelas. Contoh jika Anda merasa ban ini adalah kesalahan, terangkan sejarah penggunaan instagram Anda dengan detail. Jangan minta maaf jika Anda memang tidak punya kesalahan dan pastikan jangan gunakan kata kasar.

Bagi Anda pengguna Indonesia, ada baiknya Anda menulis appeal dengan bahasa Inggris untuk membuat proses appeal lebih meyakinkan. Setelah membahas semua ini, jangan lupa mengakhiri teks dengan ucapan dan ungkapan terima kasih.

Proses pengiriman appeal ini bisa Anda lakukan sekali setiap hari sampai pihak Instagram menentukan pilihan mereka. Biasanya proses appeal ini bisa memakan waktu seminggu, jadi Anda harus sabar menunggu sebelum akun Anda bisa diaktivasi lagi. 

Sayangnya jika akun Anda sudah di aktifkan lagi, pihak instagram bisa saja tidak memberitahu Anda. Karena hal ini, Anda harus coba login seminggu setelah appeal dikirim. Jika memang sudah bebas, Anda bisa login dengan normal menggunakan aplikasi seperti biasa.

Bagaimana, cukup mudah bukan proses menonaktifkan dan mengaktifkan akun Instagram untuk sementara? Anda cukup ikuti perintahnya dan melakukan beberapa kali klik saja. Semoga bahasan di atas dapat berguna.

Artikel Terkait

Komentar