Motor Terbaik untuk Mudik di Tahun 2020

Oleh Imam Ali updated Senin, 30 Des 2019 | 10:36

Motor Mudik
Sepeda motor masih menjadi salah satu alternatif kendaraan yang dipilih oleh pemudik untuk menuju kampung halaman, khususnya buat mereka yang menempuh perjalanan di rute perjalanan pendek.
 
Murahnya biaya menjadi faktor pemudik menggunakan motor daripada mobil atau pemudik yang tidak mendapatkan tiket transportasi umum. Meskipun demikia, mudik dengan motor memiliki tingkat resiko kecelakaan yang tinggi.

Persiapan Mudik dengan Motor 

Mudik Motor

Untuk mudik dengan sepeda motor, Anda harus mempersiapkan kondisi fisik supaya prima. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan motor dengan dengan baik. Berikut beberapa tips dan apa saja yang harus Anda perhatikan dan lakukan.

Cek Kondisi Motor

pemudik motor

Sebelum mudik, Anda harus mencek secara menyeluruh kondisi motor yang akan digunakan supaya Anda dapat melakukan adaptasi dengan kondisi kendaraan yang baru. Jangan lupa untuk memperhatikan beberapa bagian penting seperti kaca spion, sistem kelistrikan, lampu-lampu, rem, dan penggerak berfungsi dengan baik.

Periksa Perlengkapan Berkendara

Siapkan perlengkapan berkendara agar perjalanan aman dan nyaman seperti helm, sarung tangan, jaket, masker, celana panjang, sepatu. Siapkan pula jas hujan dengan warna yang mencolok.

Hati-hati Berkendara

Waspada saat berkendara, perhatikan keadaan depan, belakang, kanan, dan kiri. Anda harus memperhatikan jarak motor antara kendaraan baik di depan maupun belakang, keep safe dan lebih berhati-hati dalam berkendara. 

Persiapkan Jalur Alternatif

Anda pun harus menyiapkan jalur alternatif jika jalan yang Anda tempuh macet. Sebaiknya Anda tidak membawa barang berlebih supaya keseimbangan kendaraan tetap terjaga.

Perhatikan Kondisi Tubuh

Jika pengemudi sudah merasa lelah atau mengantuk sebaiknya berhenti di rest area untuk beristirahat. Sembari beristirahat lakukan pengecekan terhadap beberapa bagian penting di motor. Jangan lupa kelengkapan alat untuk saat-saat emergency, serta peralatan P3K agar selalu siap sedia di perjalanan mudik

Persiapkan Surat-surat Penting

Jangan lupa siapkan surat-surat penting yang dibutuhkan, seperti STNK, SIM, hingga kartu BPJS Anda sehingga mudik berjalan lancar dan menjadi momen membahagiakan bersama orang tersayang saat Lebaran.
 
Rute-rute mudik yang bisa Anda lalui dengan motor yaitu Cawang Jakarta Timur, menyusuri Jalan Inspeksi Saluran Tarum Barat atau dikenal Jalan Kalimalang melintasi Kota Bekasi, lalu ke arah Teluk Jambe dan Cilamaya Kabupaten Karawang, hingga ke jalan nasional, tepatnya segmen Cikampek-Pamanukan, Kabupaten Subang.

Barang yang wajib dibawa ketika mudik dengan motor

barang mudik

Beberapa hal berikut wajib Anda bawa dan gunakan saat mudik berkendara dengan motor.

Rompi Dada

Tidak hanya jaket yang berbahan tebal rompi dada perlu digunakan fungsinya untuk menahan angin dan pelindung paru-paru mengingat perjalanan yang ditempuh cukup jauh. Dengan bahannya yang tebilang cukup tebal dan memiliki pelindung sehingga bisa menjaga badan dari benturan.

Obat-obatan

Obat-obatan perlu dibawa saat mudik mengingat perubahan cuaca dan untuk menjaga daya tahan fisik karena menempuh jarak yang jauh. Untuk mengantisipasi pemudik perlu membawa minyak kayu putih, balsem untuk masuk angin.

Jas Hujan

Perubahan cuaca yang tidak menentu membuat pengendara bermotor wajib menyiapkan jas hujan saat melakukan mudik lebaran. Fungsi lain jas hujan saat mudik lebaran menggunakan sepeda motor untuk melindungi barang elektronik yang dibawa seperti handphone, laptop serta elektronik lainnya.

Helm Standar

Helm standar yang dimaskud yaitu memenuhi aturan standar nasional Indonesia (SNI). Untuk mudik lebaran pengendara motor dianjurkan menggunakan helm full face.
Helm full face dianjurkan karena bisa melindungi dari benturan hingga seluruh kepala. 

Bekal Yang Cukup

Untuk mempersingkat waktu tempuh biasanya pemudik membawa bekal saat melakukan perjalanan mudik lebaran. Untuk bekal yang dianjurkan meliputi sayur-sayuran dan buah-buahan untuk menjaga stamina untuk berkendara.

Jenis Motor untuk Mudik dan Berlibur

motor buat mudik

Pertanyaan tentang tipe motor apa yang cocok untuk dibawa mudik mungkin masih menjadi perdebatan sampai saat ini. Ada yang mengklaim bahwa motor jenis touring adalah motor yang cocok untuk dibawa mudik. 
 
Banyak juga yang mengklaim bahwa menggunakan motor matik lebih cocok untuk mudik. Motor touring dan motor matik memiliki kelebihannya masing-masing, itu pun juga tergantung kepada kondisi dan medan yang ditempuh pada arus mudik.

Motor Touring

Jika berdasarkan jarak, tentu saja motor touring menjadi juaranya karena ciri khas motor ini mampu menempuh jarak yang jauh, Motor touring menawarkan perpaduan tenaga yang besar dan stabil ketika dibawa pada kecepatan tinggi. 
 
Motor touring memiliki tenaga yang besar dan irit bahan bakar sehingga mampu bermanuver dalam kecepatan tinggi. Motor jenis ini juga lebih mudah melintasi tikungan, menghadapi tanjakan, jalan berkelok, hingga turunan tajam. 
 
Motor touring lebih aerodinamis dan mampu membelah angin serta melaju tanpa hambatan. Untuk memastikan kemampuan ini, Anda disarankan untuk melakukan test drive terlebih dulu. Daya tarik motor touring lainnya adalah desainnya yang gagah dan good looking serta bodinya yang kokoh dan kuat. 

Motor Matic

Sebaliknya, jika kondisi jalanan yang padat sepanjang arus mudik, maka motor matic lebih cocok. Kondisi jalanan yang padat mengharuskan pengendara untuk menarik gas dan melakukan pengereman sepanjang perjalanan. Hal itu tentu saja menjadi keunggulan motor matik yang memang lebih dikenal dengan motor kota. 
 
Sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu daya tarik motor matik adalah kemudahannya pada saat dikendarai. Tentu saja tidak perlu lagi memikirkan perpindahan transimisi, yang perlu diperhatikan adalah dalam hal mengontrol tarikan gas supaya motor berjalan dengan aman.
 
Faktor harga juga kemungkinanmembuat motor matik sangat laku di pasaran. Terakhir,  motor matik sudah menawarkan fitur helm-in artinya bagasinya dapat menampung helm yang berukurn besar.

Daftar Motor Matik untuk Mudik Lebaran

Motor Mudik Honda

Honda Vario 125 & 150

honda vario

Skutik premium pabrikan berlogo sayap alias Honda ini bisa menjadi salah satu motor yang cocok untuk perjalanan jauh atau pulang ke kampung halaman. Honda Vario 125cc dan vario 150cc sangat hemat bahan bakar.
 
Berdasarkan situs resmi PT Astra Honda Motor, konsumsi bahan bakar Honda Vario 125 mencapai 51,7 km/l, sedangkan Honda Vario 150 46,9 km/l. Dengan tangki bensin yang mampu memuat 5,5 liter, setidaknya bisa digunakan untuk menempuh jarak sejauh 200 km dalam kondisi penuh. Selain itu, keduanya memiliki bagasi luas sebesar 18 liter.
 
Desain Vario 125 hampir sama dengan Vario 150. Keduanya sama-sama memiliki headlamp Full LED dengan desain modern dan futuristik. Sedangkan untuk jantung pacunya memiliki kapasitas 125cc dengan tenaga 8,2 kW dan torsi 10,8 Nm. 
 
Vario 150 menjadi salah satu motor matic terlaris di Indonesia. Penjualan motor ini terus meroket meski dihadang oleh motor matic terbaik Yamaha, seperti Aerox 155. Banyak orang yang lebih memilih Vario 150 dikarenakan konsumsi bahan bakarnya sangat irit. Selain itu, Honda Vario 150 memiliki desain modern dan sudah menggunakan lampu Full LED. Tak ketinggalan fitur Keyless juga disematkan pada Vario 150.
 
Nama Produk Kategori Brand Tipe Mesin Kapasitas Mesin Tipe Bahan Bakar Tipe Transmisi Kekuatan Maksimal Daya Putar Maksimal Dimension
Vario 125 ESP CBS Sepeda Motor Honda 4-Stroke, SOHC 0.12 L Bensin Automatic 11.12 hp 10.8 Nm 2040 x 735 x 1120 mm
Vario 150 ESP Standard Sepeda Motor Honda 4-Stroke, SOHC 0.15 L Bensin Automatic 12.4 hp 12.8 Nm 2040 x 735 x 1120 mm
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Honda PCX

honda pcx

Di kelas skutik premium, Honda menghadirkan Honda PCX yang baru dirilis pada awal tahun 2018 kemarin. Mudik dengan Honda PCX akan sangat nyaman dengan adanya bagasi sebesar 28,8 liter. 

 
Selain itu, tangki bensin Honda PCX bisa memuat 8 liter bahan bakar yang siap menempuh lebih dari 300 km dalam sekali pengisian penuh. Tak lupa fitur socket charger untuk mengisi daya smartphone, ruang kaki luas, ban tubeless tapak lebar, dan jok lebar yang empuk. Tak hanya itu, masih ada alarm yang membuat pengendara khawatir saat Honda PCX ditinggal beristirahat di berbagai lokasi.
 
Honda PCX 150 menjadi pilihan motor matic yang cocok untuk touring jarak jauh saat mudik lebaran. Motor matik itu juga memiliki DC socket untuk power charger yang disematkan di konsol box sisi depan. Sistem pengereman combi brake hidrolis dengan 3 caliper yang memberikan kestabilan saat pengereman.
 
Motor matik itu mempunyai Answer Back System yang terintegrasi dengan remote control alarm anti pencurian yang mampu mendeteksi getaran dan gerakan pada saat alarm diaktifkan serta mempermudah mencari posisi parkir.
 
Riding position All New Honda PCX 150 terbilang nyaman, saat kaki terasa capek, posisi kaki bisa selonjoran di dek yang sudah disediakan, sehingga kaki bisa bergerak bebas karena dek PCX 150 cukup lega.
 
Selain nyaman untuk riding sendiri, Honda PCX juga nyaman untuk berboncengan, karena memiliki jok yang panjang dan busa joknya empuk.
 
Kriteria Spesifikasi
Nama Produk PCX 150 ABS 2018
Kategori Motor
Brand Honda
Tipe Mesin 4-Stroke, SOHC
Kapasitas Mesin 0.15 L
Tipe Bahan Bakar Bensin
Tipe Transmisi Automatic
Kekuatan Maksimal 10.8 hp
Daya Putar Maksimal 13.2 Nm
Dimension 1923 x 745 x 1107 mm

Motor Mudik Yamaha

Yamaha Lexi

yamaha lexy

Body gambot Yamaha Lexi juga mantap untuk diajak touring, mudik dan juga berlibur. Apalagi dengan penggunaan ban tubeless tapak lebar sehingga pengendara tidak perlu khawatir ban akan bocor atau pun kehabisan udara.

Yamaha Lexi pun memliki bagasi luas untuk menampung berbagai barang bawaan. Tak hanya itu, pabrikan berlogo garpu tala ini juga menyediakan power socket untuk mengisi daya smartphone. Joknya pun dibuat lebar dan ada ruang kaki dengan dua posisi untuk menambah kenyamanan selama perjalanan.
 
Yamaha Lexi dilengkapi dengan fitur modern. Motor seri ini sebagai pelengkap keluarga MAXI Yamaha. Mengandalkan mesin 125cc, Yamaha Lexi cocok buat perjalanan mudik, bodinya tidak terlalu besar. Memiliki bagasi besar yakni 12.8 liter.
 
Pakai Lexi saat mudik tidak perlu khawatir jika smartphone kamu kehabisan battery, karena skutik Yamaha ini dilengkapi dengan Electric Power Socket yang bisa buat ngecas handphone.
 
Sama seperti Nmax dan PCX, ketika kaki terasa lelah setelah riding jauh, posisi kaki bisa dibuat selonjoran, karena dek yang disediakan cukup luas. Yamaha Lexi juga nyaman untuk mudik berdua, karena memiliki jok yang panjang yang didesain seperti Nmax, sehingga pemboceng bisa duduk nyaman.
 
Kriteria Spesifikasi
Nama Produk Lexi 125
Kategori Motor
Brand Yamaha
Tipe Mesin 4-stroke, SOHC
Kapasitas Mesin -
Tipe Bahan Bakar Petrol
Tipe Transmisi CVT
Kekuatan Maksimal -
Daya Putar Maksimal 11.3 Nm
Dimension 1970 x 720 x 1135 mm

Yamaha Aerox

yamaha Aerox

Yamaha Aerox mempunyai ruang kompartemen atau laci di depan dan ruang penyimpanan di bagasi yang terletak di bawah jok. Dengan bodi yang besar dan posisi tangki diatur sedemikian rupa, bagasi Aerox jadi sangat lega. 

Kapasitas bagasi Yamaha Aerox adalah 25 liter. Yamaha Aerox 155 juga menawarkan desainnya yang sporty. Bodinya juga tak kalah bongsor dari NMAX 155, namun posisi berkendaranya jauh berbeda. 
 
Yamaha Aerox hadir dengan fitur ABS dan Smart Key System (Keyless). Motor matik itu juga mengusung mesin 155,1cc berteknlogi Blue Core serta VVA yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 11 kW dan torsi 13,8 Nm
 
Kriteria Spesifikasi
Nama Produk Aerox 155VVA R Version
Kategori Sepeda Motor
Brand Yamaha
Tipe Mesin 4-Stroke-SOHC
Kapasitas Mesin 0.155 L
Tipe Bahan Bakar -
Tipe Transmisi V-Belt Automatic
Kekuatan Maksimal 14.8 hp
Daya Putar Maksimal 13.8 Nm
Dimension 1990 x 700 x 1125 mm

Yamaha Nmax

yamaha Nmax

Terakhir, ada Yamaha Nmax yang sudah mengaspal sejak 2015 silam. Meski sudah berumur tiga tahun, skutik gambot ini tetap populer di Indonesia. Tak heran, Yamaha Nmax memiliki segudang fitur yang membuat pengendaranya nyaman.

Tengok saja joknya yang lebar dan menggunakan bahan berkualitas. Selain itu, Yamaha Nmax juga mempunyai ruang kakinya yang luas sehingga posisi berkendara bisa lebih rileks. 
 
Tak lupa, Yamaha Nmax mempunyai ban tubeless tapak lebar untuk membuat motor makin stabil dan tangki 6,6 liter yang mampu menempuh jarak sekitar 300 km dalam sekali pengisian penuh.
 
Yamaha Nmax bisa menjadi rekomendasi motor matic paling nyaman untuk jarak jauh, dengan kapasitas mesin 155cc, Nmax bisa diandalkan untuk riding hariang maupun touring.
 
Motor matic bongsor Yamaha ini memiliki riding position yang nyaman, karena saat perjalanan jauh, kaki tidak mudah capek. Karena mengendarai Nmax saat mudik jauh, posisi kaki bisa selonjoran, posisi stang juga pas, sehingga tangan tidak mudah lelah saat riding.
 
Skutik Yamaha ini juga memiliki bagasi di bawah jok yang cukup luas sehingga bisa menaruh barang bawaan banyak. Yamaha Nmax mengusung mesin 155cc Liquid cooled 4-stroke, SOHC tenaga maksimalnya 11.1 kw pada 8.000 rpm dan torsi yang dihasilkan sebesar 14.4 Nm pada 6.000 rpm.
 
Yamaha Nmax juga irit bahan bakar karena sudah menggunakan sistem bahan bakar fuel injection.Sehingga motor ini pas buat mudik.
 
Kriteria Spesifikasi
Nama Produk Nmax Standard
Kategori Sepeda Motor
Brand Yamaha
Tipe Mesin 4-Stroke, SOHC
Kapasitas Mesin 0.15 L
Tipe Bahan Bakar Bensin
Tipe Transmisi Automatic
Kekuatan Maksimal 14.4 hp
Daya Putar Maksimal 14.4 Nm
Dimension 2040 x 735 x 1120 mm

Motor Mudik Suzuki

Suzuki Nex II

suzuki Nex II

Dari sekian banyaknya motor matic di Indonesia, salah satu yang terbaik adalah Suzuki Nex II. Bisa dikatakan motor ini adalah motor matic termurah yang berasal dari Jepang. Kita bisa membelinya dengan harga 14 Jutaan sampai 15 Jutaan. 

Tak hanya murah, Suzuki Nex II juga menawarkan beragam fitur terkini yang membuatnya layak disebut sebagai salah satu motor matic terbaik di Indonesia, seperti headlamp LED, USB Charger, dan mesin 113cc berteknologi Injeksi.
 
Kriteria Spesifikasi
Nama Produk NEX II Standard
Kategori Sepeda Motor
Brand Suzuki
Tipe Mesin 4-Stroke, SOHC
Kapasitas Mesin 0.1 L
Tipe Bahan Bakar Bensin
Tipe Transmisi CVT
Kekuatan Maksimal -
Daya Putar Maksimal 8.7 Nm
Dimension -

Daftar Motor Touring Terbaik untuk Mudik Lebaran

Motor Touring Yamaha

Yamaha All New Vixion.

yamaha all new v-ixion

Yamaha All New Vixion memiliki posisi berkendara yang nyaman untuk berkendara pada waktu yang lama posisi berkendaranya dirancang tegak sehingga membuat Anda akan lebih nyaman untuk berkendara pada waktu yang lama. 

Motor itu juga mempunyai handling yang nyaman untuk melibas jalanan yang macet dan berbelok-belok pada jalur mudik. All New Vixion sendiri menggunakan mesin 150cc LC4V ditambah dengan fitur assist & slipper clutch untuk membuat pengoperasian kopling menjadi lebih ringan, perpindahan gigi lebih halus, dan akselerasi semakin cepat.
 
Yamaha All New Vixion juga memiliki ground clearence yang tinggi sehingga mampu melibas jalanan jalanan yang tidak rata, berbatu, bahkan rusak. Terakhir, motor ini menawarkan fitur-fitur penunjang seperti jalur kabel pendukung USB charger yang berguna membantu mengisi daya gawai pengendara, removable mud guard yang melindungi  pengendara dari cipratan air saat berkendara di jalan basah atau di kondisi hujan, sampai pass beam yang praktis memberi tanda lampu jauh kepada pengendara lain.
 
Kriteria Spesifikasi
Nama Produk V-Ixion Moto GP Livery
Kategori Sepeda Motor
Brand Yamaha
Tipe Mesin 4-Stroke, SOHC
Kapasitas Mesin 0.15 L
Tipe Bahan Bakar Bensin
Tipe Transmisi Manual
Kekuatan Maksimal 16.4 hp
Daya Putar Maksimal 14.5 Nm
Dimension 2040 x 735 x 1120 mm

Yamaha Byson Fi

yamaha byson fi

Yamaha Byson mengandalkan Mesin 149cc SOHC Single Cylinder, Byson FI ini mampu memuntahkan daya maksimal sebesar 8,61 kW pada putaran mesin 8.000 rpm serta torsi sebesar 12,98 Nm pada 6.000 rpm. 

Selain itu, Yamaha Byson Injeksi juga lebih irit konsumsi BBM karena teknologi injeksinya sudah bersertifikat Euro 3.  Kenyamanan yang diberikan Yamaha Byson posisi stangnya tidak terlalu nunduk seperti motor sport fairing, jadi bisa rileks saat touring atau pulang kampung pakai Byson.
 
Kriteria Spesifikasi
Nama Produk Byson FI Standard
Kategori Sepeda Motor
Brand Yamaha
Tipe Mesin 4-Stroke, SOHC
Kapasitas Mesin 0.15 L
Tipe Bahan Bakar Bensin
Tipe Transmisi Manual
Kekuatan Maksimal 12.9 hp
Daya Putar Maksimal 12.98 Nm
Dimension 2040 x 735 x 1120 mm

Motor Touring Suzuki

Suzuki GSX150 Bandit

suzuki GSX 150S

Suzuki GSX-S 150 Bandit memang didesain untuk motor touring baik untuk dalam kota maupun keluar kota seperti saat mudik. Posisi stang terbilang sangat nyaman, ditambah adanya windshield mampu membuat aura motor touring begitu kental. 

Motor ini mengusung mesin 150cc, motor sport terbaru Suzuki ini bisa diandalkan untuk perjalanan mudik kamu. 
 
Kriteria Spesifikasi
Nama Produk GSX-S 150
Kategori Sepeda Motor
Brand Suzuki
Tipe Mesin 4-stroke, DOHC 4-valve
Kapasitas Mesin 0.19 L
Tipe Bahan Bakar Petrol
Tipe Transmisi -
Kekuatan Maksimal -
Daya Putar Maksimal -
Dimension -

Motor Touring Honda

Honda CB150 Verza

honda cb 150 verza

Dari sisi desain, Honda CB150 Verza mempunyai lampu depan bulat yang modern, serta lampu belakang dengan smoke. Cover knalpot, shroud , dan tutup tangki bensin didesain untuk menampilkan kesan kekar.

 
New Honda CB150 Verza tetap mempunyai fitur menarik dan fungsional, seperti panelmeter full digital yang informatif serta secure key shutter.  Posisi duduk tegak dan ergonomis, menjadikannya tetap nyaman untuk berkendara sehari-hari.
 
Demikian sekilas info untuk mudik lebaran Anda, selamat sampe tujuan dan perhatikan kondisi kesehatan serta lalu lintas, pastikan berkendara dengan aman dan nyaman.
 
Kriteria Spesifikasi
Nama Produk CB 150R Street Fire Special Edition
Kategori Sepeda Motor
Brand Honda
Tipe Mesin 4-Stroke, DOHC
Kapasitas Mesin 0.15 L
Tipe Bahan Bakar Bensin
Tipe Transmisi Manual
Kekuatan Maksimal 16.2 hp
Daya Putar Maksimal 13.8 Nm
Dimension 2040 x 735 x 1120 mm

Artikel Terkait

Komentar