Diperbaharui pada Rabu, 21 Juli 2021 | 11:00

5 Cara Membersihkan Busi Motor yang Benar

Foto: consatire.co.id

Salah satu komponen terpenting pada sepeda motor adalah busi, yang berfungsi untuk memantikkan api listrik ke dalam ruang pembakaran yang ada di dalam mesin, serta membuatnya hidup dan menyala.

Busi harus selalu dirawat dan jangan sampai terlalu kotor. Apabila busi Anda kotor, maka akan menyebakan mesin motor tidak bisa menyala alias mogok.

Terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan busi menjadi kotor seperti debu, hingga kotoran atau kerak yang dapat terjadi akibat umur busi yang sudah tua. Selain kotor, busi juga mudah rusak, berikut beberapa penyebabnya.

Penyebab Busi Motor Rusak:

  • Kebocoran kompresi mesin
  • Setelan bahan bakar tidak pas
  • Korsleting pada jalur pengapian
  • Pemasangan busi kurang tepat

Cara Membersihkan Busi Motor

Busi motor yang bersih dapat mencegah terjadinya permasalahan terhadap mesin motor, maupun busi itu sendiri. Cara membersihkan busi motor yang benar dan tepat sangatlah mudah.

Anda dapat membersihkan busi motor yang kotor sendiri, tanpa perlu pergi ke bengkel, yang tentunya akan membutuhkan biaya pelayanan. Berikut beberapa tips untuk membersihkan busi motor agar awet dan maksimal.

1. Jangan Gosok Kepala Busi dengan Amplas

Foto: Maricimande

Ketika membersihkan kepala busi, banyak orang melakukannya dengan amplas. Padahal, cara itu salah dan bisa membuat lapisan elektrode dan toraknya menjadi tipis sehingga jarak kepala busi dengan elektrodanya menjadi renggang.

Alih-alih menghilangkan kerak, justru malah akan menghilangkan sudut pada center electrode. Perlu diketahui bahwa sudut dalam busi tersebut merupakan bagian penting karena berfungsi sebagai pengantar listrik.

2. Jangan Rendam Busi ke Dalam Bensin atau Minyak Tanah

Banyak mekanik bengkel yang merendam busi ke dalam bensin dan minyak tanah supaya kotoran yang melekat pada busi tersebut bisa cepat terlepas.

Cara tersebut sebenarnya tidak tepat dan bisa merusak busi, karena zat yang ada di dalam bensin atau minyak tanah akan memicu munculnya kotoran pada busi.

Dengan melakukan cara itu, maka dapat merusak talc ring seal yang ada di dalam busi. Padahal, fungsi komponen ini sangat penting untuk menjaga kompresi dalam mesin agar tidak bocor melalui busi.

3. Gunakan Sikat Kawat dan Kain Halus

Foto: minorbiker@wordpress

Cara membersihkan busi motor dengan menggunakan sikat kawat yang sudah diberi sedikit bensin memang memakan waktu dan memerlukan kesabaran.

Namun, membersihkan busi dengan sikat kawat akan membuat hasilnya lebih maksimal dan membuat busi lebih awet. Selain sikat kawat, Anda bisa menggunakan kain halus dan menggosok busi secara perlahan sehingga tidak mengikis logam yang menjadi badan busi.

4. Test Pengapian Busi

Foto: Motovaganza.com

Jika sudah bersih, lakukanlah tes pengapian busi. Apabila bunga api maupun percikan yang dihasilkan normal yaitu percikannya berwarna biru maka cara membersihkan busi Anda sudah benar dan selesai.

5. Ganti Busi Baru Secara Berkala

Agar performa mesin maksimal, sebaiknya Anda mengganti busi dan kabel busi setiap 10.000 KM atau dapat disesuaikan dengan kondisi motor.

Hampir setiap orang yang memiliki sepeda motor pernah mengalami gangguan pada busi. Sayangnya, tidak sedikit cara membersihkan busi tersebut tidak tepat.

Kesimpulan

Itulah cara membersihkan busi motor yang benar dan bisa Anda terapkan sendiri. Selain rutin membersihkan kerak yang ada di bagian kepala busi, Anda juga wajib menyetel ulang kerenggangan antara elektoda dan kepala busi.

Hal tersebut dimaksudkan agar percikan atau letupan bunga api yang dihasilkan busi bisa ajek atau konstan. Nah, selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1205 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.