Diperbaharui pada Kamis, 28 Desember 2023 | 14:16

Cara Membersihkan Karburator Motor Sendiri Tanpa ke Bangkel

cara bersihkan karburator motor

Pernah mengalami motor tiba-tiba mogok? Jika iya, kamu pasti juga tahu bagaimana repotnya jika harus mendorong motor yang mogok, demi mendapatkan bengkel motor terdekat.

Masalah yang menyebabkan motor mogok ini rupanya tidak sesederhana mengisi bahan bakar, dan bisa langsung normal lagi. Ada banyak alasan yang menjadi penyebab motor mogok, bisa dari kehabisan bensin, busi yang bermasalah, hingga karburator yang tidak beres.

Pada artikel ini, kami membahas tentang bagaimana cara membersihkan karburator motor bagi para pemula. Sebelum membahas lebih jauh, kamu harus mengetahui dulu apa sebenarnya fungsi dari karburator tersebut, dan apa saja komponen yang menyusunnya.

Apa Itu Karburator Motor?

karburator adalah

Walaupun istilah karburator cukup sering didengar, ternyata masih banyak yang merasa awam dan asing dengan komponen motor yang satu ini. Karburator merupakan salah satu komponen dalam jeroan motor, yang berfungsi sebagai mesin penggerak.

Jadi, di dalam motor sendiri terdapat beberapa komponen utama, yang harus ada, agar mesin bisa bekerja. Yaitu adanya bahan bakar, lalu adanya udara, dan adanya api. Untuk menghasilkan api, merupakan tugas dari busi motor.

Karena itu apabila busi ini kotor ataupun basah, motor kerap jadi mogok juga. Nah, untuk bagian bahan bakar dan udara, harus disuplai secara bersamaan, dan inilah yang menjadi tugas dari karburator.

Yap, karburator berfungsi sebagai penytimui bahan bakar dan udara, untuk bisa mengaktifkan mesin motor. Walaupun karburator motor umumnya berukuran kecil, dan komponen penyusunnyapun tak sekompleks karburator milik mobil, namun tetap saja, ia memiliki fungsi penting dalam mengatur laju mesin motor.

Komponen dalam Karburator Motor

komponen karburator

Karburator motor tersusun atas beberapa komponen utama, antara lain jarum pelampung, lalu pelampung, needle, pilot dan main jet, katup gas, pegas untuk katup gas, air pilot, mangkuk karburator, choke valve, dan sekrup untuk menyetel.

Keseluruhan penyusun ini nantinya akan memunculkan sebuah fungsi simultas, yang bertugas untuk mengatur percampuran antara udara dan bahan bakar dalam mesin motor.

Persiapan Membersihkan Karburator Motor

cara bongkar karburator

Setelah mengetahui fungsi dan beberapa komponen karburator motor, selanjutnya adalah memahami mengenai bahan dan alat apa saja yang umumnya harus kamu persiapkan, dalam rangka belajar membersihkan karburator motormu, tanpa harus beranjak ke bengkel.

Alat Alat tersebut adalah obeng, kemudian kunci pas, lalu tang, diikuti dengan palu, dan kain pembersih.

Cara Membersihkan Karburator Motor

cara bersihkan karburator

Dalam membersihkan karburator, kamu harus memperhatikan beberapa hal, yaitu harus bisa membongkar karburator dengan baik, sebab hal ini akan memastikan karburator tidak patah dan berada dalam keadaan utuh.

Lalu harus membersihkan karburator, agar kinerjanya maksimal dan tak semakin mogok, dan yang terakhir adalah memperhatikan setiap komponen ketika melakukan pemasangan kembali, agar tak ada yang terlewat.

1. Membongkar Karburator Motor

Langkah pertama adalah mengeluarkan karburator dari posisinya yang semula. Biasanya proses ini disebut dengan mengeluarkan atau melepaskan karburator dari posisi dudukannya.

Hal ini berfungsi sebagai tahapan awal untuk mulai membersihkan. Pelepasan karburator ono biasanya membutuhkan kunci, sebab ada beberapa sekrup yang harus dilepaskan.

2. Melepaskan Mangkuk Karburator

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, karburator memiliki beberapa komponen, salah satunya adalah mangkuk karburator, yang berfungsi sekaligus sebagai pelindung karburator.

Setelah karburator dilepaskan dari dudukannya, langkah selanjutnya adalah membuka bagian mangkuk ini. Setelah terbuka, kamu akan lebih jelas melihat keadaan dalam karburator.

Perhatikan mangkukan tersebut, adalah kotoran yang mengendap, atau mungkin adakah sumbatan yang terjadi.

Untuk memaksimalkan pembersihan, mangkukan karburator juga harus dibersihkan. Umumnya dilakukan dengan menggunakan kuas berukuran kecil, agar bisa masuk dan menjelajah sudut-sudut mangkuk karburator.

Sebagai tips tambahan, pembersihan ini biasanya dilakukan dengan tambahan cairan bensin, sebab akan sangat membantu meluruhkan kotoran dan membuat kondisi mesin jadi lebih kinclong.

3. Membersihkan Bagian Pilot Jet

Komponen lanjutan untuk dibersihkan adalah bagian pilot jet. Berbeda dengan mangkuk karburator yang bentuknya terbuka dan lear, maka pilot jet ini bentuknya seperti tabung.

Karena itu kamu tak bisa membersihkannya dengans embaranga dengan cara yang sama dengan mangkuk karburator tadi.

Biasanya pembersihkan ini dilakukan dengan meniup secara manual. Atau bisa juga menggunakan kompresor, yang berguna untuk meniupkan angin dengan keras, sehingga sisa-sisa kotoran yang terdapat di dalamnya bisa terdorong keluar.

Kamu harus teliti pada bagian ini ya, sebab memang keadaan bersih atau tidaknya tak bisa dengan mudah ditengok, diakibatkan posisi komponen yang berbentuk tertutup.

4. Bongkar Bagian Main Jet dan Bersihkan

Setelah bagian mangkuk dan pilot jet, kali ini giliran membersihkan komponen main jet. Untuk cara pembersihannya sama persis dengan cara membersihkan bagian pilot jet, yaitu dengan cara ditiup.

Untuk hasil yang lebih bersih kamu memang lebih baik menggunakan kompresor, sebab memang ada beberapa lubang yang harus dipastikan kotorannya telah keluar. Melepas needle jet dan dibersihkan Komponen selanjutnya untuk dibersihkan adalah needle jet.

Seperti namanya, needle jet ini berbentuk kecil dengan ujung runcing layaknya sebuah jarum. Untung membersihkannya kamu perlu membukanya terlebih dulu, kemudian dibersihkan menggunakan kuas, yang sebelumnya telah dicelupkan ke cairan bensin.

Setelahnya, kamu tiupkan angin ke dalam bagian bekas dudukan needle jet tadi, sehingga kotoran yang tersisa di dalamnya bisa didorong keluar.

Ketika melakukan proses pembersihan ini, jangan lupa untuk mengelap komponen-komponen karburator sampai bersih dan mengkilap.

Hal ini untuk memastikan kondisinya sudah bersih dan siap untuk dirakit kembali.

Cara Merakit Karburator

cara merakit karburator

Setelah selesai membersihkan semua komponen, tahapan selanjutnya adalah perakitan karburator kembali. Kamu bisa merakitnya dengan mengikuti alur pencopotan komponen ketika kegiatan pembersihan tadi.

Dalam prosesnya kamu akan membutuhkan semua kunci yang telah disiapkan. Pastikan pemasangan Sebelum kamu mengembalikan karburator pada dudukannya, di dalam motor, baiknya kamu lakukan pengecekan kembali, terhadap kondisi karburator.

Pastikan apakah kuncian dan pemasangan komponen yang kamu lakukan sudah cukup kuat atau belum. Sebab jika masih longgar, maka akan sangat memungkinkan kinerja mesin motormu akan jadi terganggu.

Itulah beberapa cara untuk membersihkan karburator motor. Sebenarnya prosesnya tidak terlalu sulit, hanya saja memang kamu harus mengetahui setiap komponen yang ada, agar bisa lebih terbantu ketika harus membongkar, membersihkan, dan merakit kembali karburator motor tersebut.

Jika kamu memang belum mempunyai alat yang memadai, layaknya kompresor, maka kamu bisa membersihkannya cukup dengan ditiup dengan sangat keras secara manual saja. Nah, selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.