Monitor Gaming Mahal? Ini Daftar TV Gaming Terbaik, FPS Kencang

Oleh Imam Ali updated Selasa, 22 Okt 2019 | 12:50

image via digitaltrends

Memilih TV terbaik untuk gaming akan menambah keseruan dan kenyamanan Anda saat memainkan game favorit.

Jika Anda merupakan seorang gamer yang lebih sering bermain game di dalam konsol seperti Playstation atau Xbox, tentu membutuhkan monitor atau TV sebagai media tatap muka. Dan untuk menambah kenyamanan bermain kondisi layar atau TV harus memiliki kualitas yang baik.

Untuk itu kami akan membahas dan memberikan komparasi tentang bagaimana memilih TV gaming terbaik atau layar LED yang baik digunakan untuk bermain game. Berikut ulasannya :

Manakah yang lebih baik, LED atau LCD?

Pertanyaan ini sering muncul ketika Anda akan memumutuskan akan membeli sebuah TV terbaik untuk gaming. Untuk kenyamanan bermain, membeli tv terbaik untuk gaming harus memiliki kualitas layar yang mumpuni. Mempertimbangkan faktor tersebut tentunya TV gaming terbaik berlayar LED akan menjadi pilihan yang tepat. Dikarenakan LED hanya tweak yang menambahkan lampu LED langsung atau Edge pada TV LCD. Karena lampu LED, sebuah televisi LED memiliki kontras yang lebih baik daripada TV LCD. TV LED juga memiliki high-end fitur yang berguna untuk bermain video game seperti mode 100Hz. Selain itu TV LED juga memiliki kerapatan gambar serta fokus yang lebih baik dibandingkan TV LCD.

Motion Blur dan Ketajaman warna

Jika berencana menggunakan TV untuk gaming, maka TV Anda harus memiliki motion blur minimal dan ketajaman gambar yang baik. Di sinilah pencarian untuk TV terbaik untuk gaming mendapat sedikit rumit. LCD dan TV LED dapat menghasilkan gambar yang tajam yang membuat video game Anda terlihat lebih baik, tetapi mereka cenderung untuk menampilkan kabur selama bergerak cepat urutan dalam video game penuh aksi seperti Call of Duty.
  
Kualitas gambar pada TV Plasma tidak setajam yang dihasilkan oleh LCD dan TV LED, tetapi sel-sel dari TV Plasma bereaksi lebih cepat selama bergerak cepat urutan. Sebagai hasilnya, Anda tidak akan melihat blur ketika bermain di TV Plasma. Oleh karena itu, ketika mencari TV terbaik untuk gaming Anda harus memilih apakah ingin TV dengan gambar yang lebih tajam, atau TV tanpa blur. Jika ingin gambar yang lebih tajam, mendapatkan LCD TV atau LED. TV terbaik untuk gaming adalah salah satu yang menghasilkan gambar yang tajam dan hanya menghasilkan blur yang minimal saat bermain game.

Apa itu Resolusi?.
Resolusi adalah sebutan untuk jumlah dimensi dari kumpulan titik yang dimiliki sebuah televisi. Misal resolusi 1080p, maka televisi akan memiliki dimensi resolusi 1920 x 1080p yaitu 1920 titik horizontal dan 1080 titik vertikal. Resolusi yang lebih tinggi daripada SDTV (tv tabung biasa) membuat HDTV mampu menampilkan gambar dengan lebih detail.

Apa itu FULL HD?
Istilah FULL HD biasanya berarti bahwa display tersebut memiliki aspect ratio widescreen 16:9 dan memiliki resolusi 1920 x 1080p. Dan bisa Progressive maupun Interlaced. 
Jadi barang berlabel FULL HD bisa aja memiliki fitur lebih rendah daripada yang berlogo HD Ready 1080p.

Lebih Besar Lebih Baik?

Ini merupakan anggapan bahwa TV yang lebih besar akan lebih baik digunakan untuk bermain game. Faktanya tak selalu benar, karena kualitas dan spesifikasi TV anda lah yang akan menjadi faktor penentu kualitas tampilan game yang sedang dimainkan. Tak pengaruh jika TV yang anda gunakan hanya sekedar 32 inchi, namun jika TV tersebut memiliki spesifikasi yang mumpuni tentu akan menghasilkan gambar yang berkualitas pula.

image via geforce

Budget Yang Sesuai

Selain beberapa pertimbangan diatas soal masalah spesifikasi dan ukuran TV anda juga perlu menjadikan masalah budgeting sebagai pertimbangan. Sebab di jaman sekarang banyak sekali jenis TV ditawarkan dengan harga yang beragam. Oleh sebab itu anda harus memikirkan berapa kira-kira  budget yang tersedia untuk membeli TV gaming anda. Jika hanya memiliki budget kira-kira Rp 2-5 juta maka sebaiknya memilih TV LED yang berukuran standar antara 32-40 inchi. Akan lebih baik jika TV yang anda sasar sudah memilliki fitur 3D ataupun High Definition yang sudah pasti memiliki kualitas yang lebih baikUntuk itu anda perlu cermat dalam memilih TV yang akan anda beli.

Agar dapat lebih membantu anda, kami akan memberikan beberapa alternatif yang bisa anda beli di Pricebook.com di kisaran harga Rp 2-5 juta :

Nama Harga di Pasaran
Panasonic TH-32D305G belum ada harga
Panasonic TH-40C305G belum ada harga
Philips 40PFA4150S Rp 3.499.000
Samsung UA40J5100 Rp 3.799.000
LG 42LB550A Rp 5.250.000

 

Artikel Terkait

Komentar