Diperbaharui pada Jumat, 8 Oktober 2021 | 14:43

Mobil Mogok di Jalan? Jangan Panik, Ini Penyebabnya!

image via carrepairscork 

Salah satu dari sekian banyak penyakit mobil yang kerap terjadi adalah mogok atau berhenti tiba-tiba di tengah perjalanan dan sulit dinyalakan (starter). Apalagi jika insiden itu jauh dari bengkel sehingga membuat kita panik menghadapi situasi tersebut.

Umumnya, pengemudi tidak akan menyadari terserang gejala mobil mogok karena sangat mudah dinyalakan. Karena itu, Anda harus mengetahui penyebab dan cara mengatasi mobil tidak bisa di starter.

Selain itu, Anda juga harus mengerti seperti apa mobil itu secara umum, mulai dari perawatan, kendala, hingga solusinya.

Berikut Pricebook beberkan solusi mobil mogok di jalan agar Anda tidak panik serta penyebab mobil mogok dan cara mengatasinya.

Tips Ketika Mobil Mogok di Jalan

penyebab mobil mogok

Ketika tiba-tiba mobil mengalami mogok di jalan, beberapa orang akan langsung terbawa suasana panik dan histeris. Terlebih ketika sedang dalam kondisi yang tidak tepat, seperti saat macet di jalan raya, sedang dalam urusan penting, atau yang lebih parah saat sedang berada di tanjakan.

Nah, ada beberapa tips ketika mobil mogok di jalan yang wajib dilakukan.

1. Tenang

image via pond5

Pertama, tetap tenang dan jangan panik karena sikap ketenangan akan membuat kita berpikir rasional dalam mencari solusi. Jangan saling menyalahkan dan jadikan masalah mogok itu sebagai kesempatan antara anggota mobil sebagai bentuk kerjasama.

2. Cari Tempat Aman

Kedua, pastikan mobil Anda berhenti di tempat yang aman dan posisi di bahu jalan serta tidak menganggu arus lalu lintas. Kemudian, Anda tinggal menyalakan lampu tanda darurat (hazard) dan pasangkan segitiga pengaman kira-kira 2 meter tepat di belakang posisi kendaraan untuk memberikan isyarat kepada pengguna jalan lain bahwa Anda mobil mogok.

3. Lihat Panel Indikator

Ketiga, kenali penyebab mogok dengan melihat panel indikator. Masing-masing masalah memiliki banyak solusi berbeda. Ada beberapa indikasi yang dapat dikenali secara umum dan solusi yang mungkin dapat dilakukan.

Penyebab Mobil Mogok

penyebab mobil mogok

Setelah melakukan tips ketika mobil mogok di jalan seperti yang di atas, pastikan Anda mengetahui apa penyebab mobil mogok di jalan. Sebagai pemilik paling tidak sedikit banyak tahu tentang kondisi mobil pribadi yang Anda gunakan sehari-hari.

Untuk lebih jelasnya, kami merangkum hal lumrah yang biasanya menjadi penyebab mobil mogok di jalan.

1. Bahan Bakar

penyebab mobil mogok

Pastikan volume bahan bakar dalam kondisi cukup. Jika volume bahan bakar sudah melewati batas penggunaan biasanya ada lampu indikator yang menyala (lampu yang bergambar pompa bensin).

Apabila volume bahan bakar kurang, solusinya Anda harus mencari penjual bahan bakar atau pompa bensin terdekat. Tekanan bahan bakar dapat diketahui dengan melihat pergerakan kepala baut yang terdapat pada pulsation dumper.

Coba putar kunci kontak ke posis "START", bila baut bergerak ke arah luar dapat dipastikan ada tekanan bahan bakar.

2. Saringan Mampet

Bila saringan bahan bakar mampet, tekanan yang dikirim ke mesin akan berkurang. Jika saringan mampet, gejala awalnya adalah laju kendaraan akan tersendat-sendat dan menyebabkan mesin mati.

3. Pompa Mati

Gejala pompa bahan bakar yang mati akan menyebabkan suplai bahan bakar tidak mengalir ke mesin sehingga mati. Untuk memastikan pompa bahan bakar bekerja, Anda bisa buka tutup tangki dan dalam waktu bersamaan "START" mesin.

Umur pompa bensin itu dapat diperpanjang dengan cara membiasakan tangki bahan bakar selalu dalam kondisi penuh sehingga dapat mencegah timbulnya korosi pada tangki.

4. Selang Bocor

penyebab mobil mogok

Apabila selang bahan bakar bocor atau pecah akan mengakibatkan bahan bakar yang dikirim ke mesin akan berkurang baik tekanan maupun jumlahnya.

5. Arus Listrik

Penyebab utama mobil mogok adalah tegangan arus listrik ke koil yang merosot drastis sehingga proses pembakaran tidak terjadi karena pemantik api (ignition) tidak mendapatkan aliran listrik.

Karena itu, Anda harus mendeteksi dan memeriksa kabel distributor pada bodi mobil dan menyalakan mobil. Jika, ada percikan api, berarti arus listrik masih ada.

Bila tidak ada arus listrik maka periksalah sambungan kabel untuk memastikan apakah ada kabel yang tidak tersambung dengan baik. 

Arus listrik aki yang lemah bisa karena kabel di terminal plus atau minus aki yang kendur, alternator atau dynamo ampere yang aus. Pastikan kabel aki mobil Adna terpasang dengan baik. Bila ternyata kendur, maka segera kencangkan.

Sebelumnya, bersihkan dulu terminal tersebut dengan menggunakan kertas amplas atau (bila Anda membawa sikat gigi) sikat hingga bersih.

Jangan lupa periksa volume air aki sudah cukup. Jika kurang dan hampir habis, segera tambah jika kurang dari takaran. Bila aki sudah aus, maka Anda mau tidak mau harus menggantinya.

6. Alternator Aus

Alternator aus berfungsi untuk mengisi arus listrik ke aki. Karena itu, bila alternator rusak maka aki akan kehabisan cadangan listrik dan mengakibatkan mobil mogok.

Beberapa kerusakan yang kerap terjadi di perangkat ini antara lain putusnya gulungan kawat tembaga, putusnya diode di alternator, dan kabel pengisian listrik dari alternator ke aki sangat rentan berkarat.

Hal itu disebabkan letak alternator yang berada di bagian bawah mesin sangat rawan terkena kotoran dan air akibatnya kabel menjadi getas atau korosi. Bila itu terjadi, maka aliran listrik ke aki tidak maksimal dan mobil pun berpotensi mogok.

7. Karburator bermasalah

Penyebab mobil mogok adalah karburator yang bermasalah karena semburan bahan bakar yang terlalu sedikit sehingga proses pembakaran tidak sempurna dan mesin sulit dihidupkan.

Cara mendeteksi masalah itu cukup gampang. Anda bisa melepas selang bahan bakar dan masukan ujungnya ke botol. Setelah itu, Anda men-starter mobil, bila bahan bakar masih mengalir, berarti bahan bakar masih berfungsi baik, dan sebaliknya.

11. Mesin Over Heating

mesin mobil overheat

Salah satu penyebab mesin mati tiba-tiba adalah kenaikan temperatur mesin mobil yang berlebihan atau overheating. Anda dapat mengetahuinya dengan melihat posisi jarum indikator temperatur mesin pada intrumen panel. Jika jarum penunjuk melebihi posisi ½ bisa dipastikan mesin mengalami over heating (kelebihan panas).

Itulah beberapa tips untuk mengatasi dan memberikan pertolongan pertama kepada mobil yang mogok, semoga bisa membantu dan tetap jaga keselamatan selama berkendara.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1665 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.