Diperbaharui pada Selasa, 29 Desember 2020 | 09:28

Cara Merawat Stik PS dan Xbox Agar Awet, Gak Gampang Rusak!

Foto: SoftPedia

Buat kamu para penggemar video game konsol yang berplatform Playstation (PS4 dan PS5) dan Xbox, biasanya sering kali mengalami kerusakan pada joystick.

Hal ini cukup menjengkelkan selain itu membuat kamu tidak dapat memainkan game favorit kamu dan juga pasti menguras isi dompet kamu dengan membeli stik baru.

Cara Merawat Stik PS dan Xbox

Akan sangat disayangkan apabila joystick yang harusnya masih bisa dipakai untuk waktu yang lama, harus diganti, padahal sebenarnya masih layak digunakan.

Berikut kami akan memberikan tips supaya joystick konsol favorit kamu tetap dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama.

1. Jangan Bermain Game Secara Kasar

Foto: Youtube

Bermain game memang menyenangkan dan kadang membuat kita terbawa suasana. Seringkali jika memainkan game yang bergenre fighting arcade kita ikut terbawa oleh karakter yang dimainkan.

Hal ini secara tidak sadar membuat kita sering menekan tombol joystick secara kasar. Tentu saja hal itu akan membuat joystick menjadi cepat rusak.

2. Jangan Dibanting

Foto: Youtube

Kalah dalam video memang menyebalkan, apalagi jika kalah dari teman main, sehingga kamu menjadi bahan tertawaan. Usahakan untuk sabar dan sebaiknya jangan terlalu emosional, apalagi sampai membanting joystick konsol ke lantai.

Kebiasaan membanting ini tidak baik dan dapat dipastikan bahwa joystick konsol kamu akan menjadi cepat rusak. Jadi ketika bermain, sebaiknya ditahan emosi, ya.

3. Selalu Beli Joystick Original

Agar joystick PS dan Xbox awet, tentu kita harus membeli produk original. Karena kualitas yang terjamin dan layanan purna jual yang juga memuaskan.

Bila akan membeli stik dari pihak ketiga, pastikan perushaan pembuatnya sudah memiliki nama dan reputasi yang baik. Misalnya seperti Logitech.

4. Jangan Letakkan Joystick di Dekat Air

Jika air masuk kedalam komponen pcb pada joystick/gamepad, maka akan menyebabkan korslet yang akhirnya merusak komponen secara permanen.

Karena joystick pada dasarnya merupakan komponen listrik, akan sangat berbahaya pastinya jika terkena air, bahkan bisa menyebabkan kebakaran.

5. Jangan Melilit Kabel Pada Joystick

Kebiasaan melilit kabel stik PS dan Xbox biasanya dapat membuat lapisan tembaga dalam kabel terputus, sehingga joystick/gamepad tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Gunakan tehnik melilit tali tambang sabut kelapa, bukan seperti melilit benang layangan atau sebaiknya kabel usb dipisahkan dengan joystick sehingga tidak membuat joystick mengalami kerusakan.

Hal ini tentunya tidak berlaku kalau kamu menggunakan stik wireless. Namun tetap bisa diterapkan pada kabel yang digunakan untuk charging.

6. Jika Rusak, Perbaiki di Dealer Resmi

Jika joystick kamu mengalami kerusakan, sebaiknya jangan langsung panik dan menggantinya dengan yang baru. Segera bawa ke tempat service di sekitar daerah kamu.

Namun pastikan kamu mendatangi tempat service khusus peralatan game, dan pastikan bahwa tempat service yang kamu datangi merupakan dealer resmi, atau setidaknya terpercaya.

7. Kurangi Main Game Action/Fighting

Sebaiknya kamu juga mengurangi untuk bermain game yang mengandung kekerasan, karena ditakutkan akan membuat kita terbawa suasana sehingga menjadi kasar dalam menggunakan stik.

Untuk itu, kita harus menyiasati jenis video game apa saja yang akan dimainkan, agar joystick konsol tetap awet dan nyaman digunakan.

8. Mengatur Waktu Bermain Video Game

Jika kita bermain video game secara terus menerus, tentu akan membuat joystick menjadi kurang sensitif dalam merespon perintah yang kita berikan.

Dalam jangka waktu yang lama, hal ini akan membuat joystick menjadi rusak total. Jadi, ada baiknya kamu menyiasatinya dengan mengatur waktu bermain video game.

Dengan begitu, joystick akan memiliki waktu untuk beristirahat, dan menjadikannya lebih awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

9. Membersihkan Joystick Secara Rutin

Foto: WebShadowNews

Joystick yang kotor memang tidak secara langsung dapat merusaknya, namun dengan membersihkan secara rutin, dapat membuat kamu merasa nyaman ketika menggunakannya. 

Nah, pastikan stik PS dan Xbox yang akan kamu gunakan, selalu ada dalam keadaan bersih, ya.

Selamat Bermain!

Setelah membaca tips dan trik diatas, semoga kamu dapat mengetahui bagaimana cara yang paling baik untuk dapat merawat joystick konsol kamu dengan cara yang mudah dan murah.

Harga stik PS4, PS5, dan Xbox lumayan mahal, tentunya kamu akan berpikir dua kali untuk membeli joystick baru dikarenakan hal tersebut.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu dan membuat joystick tetap nyaman dan awet untuk digunakan.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.