Diperbaharui pada Selasa, 17 Mei 2022 | 14:10

Jangan Ketipu! Ini Ciri dan Harga PS4 Bekas Murah dengan Kualitas Terbaik

Harga Sony PS4Foto: PlayStation

Sony memang sudah mengedarkan kabar keberadaan konsol game terbaru mereka yaitu  PlayStation 5. Meski demikian, di pasar lokal PlayStation 4 masih jadi game console yang menjanjikan penjualannya. Apalagi harga PS4 kini juga terus mengalami penurunan.

Nah, bagi kamu yang belum berkesempatan mencicipi kehebatan PS4 mungkin sekarang waktu yang pas untuk membeli. Tapi sebelumnya kamu juga harus tahu tipe-tipe PS4 yang ada di pasaran.

Tapi bila kamu masih ingin memiliki PS4 dengan harga yang lebih terjangkau, tidak ada salahnya untuk membeli PS4 bekas. Untuk harga PS4 bekas sendiri bervariasi, tergantung pada kondisi fisik dan fungsinya.

Sebelum membeli PS4 bekas, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sbb:

1. Pilih Model PS4 Paling Baru

Mungkin sebagian dari konsumen belum tahu kalau PlayStation 4 memiliki banyak model. Kamu bisa menemukan model CUH-1006, CUH-1106, CUH-1206, CUH-2006 hingga yang paling baru, CUH-7006.

Dengan membeli PS4 bekas model paling baru, kamu tentunya akan mendapatkan perangkat gaming yang lebih bagus dalam hal kualitas, karena kemungkinan masa pakainya lebih rendah dari model-model lainnya.

2. Beli Model yang Rilis Resmi di Indonesia

Barang elektronik bekas sejatinya terbagi dalam dua jenis yakni resmi dan tidak resmi. Barang bekas resmi merupakan rekondisi yang dilakukan oleh resmi pihak Sony.

Unit konsol PS4 bekas versi resmi ini biasanya berwarna putih dan bersegel. PS4 ini sudah melewati proses pengecekan dan perbaikan yang memenuhi standar, sehingga memiliki kualitas mendekati PS4 baru.

3. Jangan Berpatokan Pada Ex-Jepang

Untuk menjual dengan harga tinggi, beberapa penjual nakal sering menggunakan kata-kata barang ex-Jepang atau sejenisnya. Yang perlu diperhatikan, tidak semua barang bekas asli Jepang memiliki kualitas yang baik.

Jadi jangan terburu-buru dalam membeli karena berrpatokan pada embel-embel jepang. Cek kondisi konsol dengan seksama dan mendetil, kalau perlu, tes mesin dengan memainkannya terlebih dahulu.

6. Beli PS4 dengan Kode Wilayah SEA (Asia Tenggara)

Bila kamu membeli PS4 bekas, cek nomer SKU (Stock Keeping Unit) yang ada pada bodi unit konsol PS4 tersebut. Nomor ini berbeda untuk tiap wilayahnya, dan Indonesia masuk kode wilayah SEA dengan akhiran 06.

Hal ini cukup penting, pasalnya, jika konsol PS4 tidak sesuai dengan wilayahnya, maka PS4 bekas yang kamu beli tersebut tidak akan bisa mendapatkan layanan garansi resmi dari Sony Indonesia.

7. Cek Garansi

Unit konsol PS4 yang dijual dipasaran memiliki garansi resmi selama satu tahun penuh. Untuk mengeceknya, kamu bisa masuk ke situs Sony.

Bila kamu membeli PS4 bekas versi resmi dan memiliki garansi yang mulai habis, kamu bisa membayar perpanjangan garansi hingga selama 3 tahun.

Namun ada kalanya garansi sudah habis atau toko tidak menyediakan garansi resmi, maka yang dapat kamu lakukan adalah meminta garansi dari toko tersebut.

8. Pastikan Nomer Seri PS4 Sama dengan Dus

Bila kamu membeli PS4, terutama yang bekas, maka salah satu hal yang wajib diperhatikan ialah pengecekan nomer seri. Pastikan dus bawaan PS4 bekas memiliki nomer yang sama dengan unit PS4 tersebut.

Kenapa hal ini menjadi penting? Karena nantinya akan sangat berguna saat kamu mengklaim proses garansi bila unit PS4 tersebut rusak.

9. Pastikan Kondisi Dus Tidak Rusak

Bila kamu membeli perangkat gaming bekas, kamu juga perlu mengecek kondis dus. Hal ini penting untuk memastikan kalau unit konsol game yang kamu beli tersebut dapat disimpan dengan aman di daam kotaknya.

Kondisi dus yang tidak baik atau rusak, dapat mengakibatkan kerusakan pasa unit konsol PS4, terutama ketika tanpa sengaja kotak terjatuh ketika proses memindahkan. Kotak yang kondisinya baik akan melindungi isinya dengan baik juga.

10. Pastikan Stiker Segel Tidak Rusak

Untuk mendapatkan PS4 bekas yang berkualitas, ada baiknya kamu periksa juga stiker segelnya. Bila tidak rusak, artinya PS4 masih dalam kondisi asli atau bukan rekondisi dan belum pernah dibongkar.

Jika stiker garansi rusak, bisa jadi konsol PS4 tersebut pernah rusak dan pernah dibongkar. Hal ini menandakan kondisi konsol sudah tidak asli lagi. Tidak hanya itu, segel garansi yang rusak tentu membuat perangkat ini tidak bisa diservis secara resmi.

11. Cek Semua Aksesoris

Memang aksesoris PS4 saat ini sudah banyak dijual di pasaran dan kamu bisa membeli yang baru, namun, tidak ada salahnya kamu mengecek setiap aksesoris bawaan pada PS4 bekas yang kamu beli tersebut.

Bila aksesoris lengkap, mulai dari joystick hingga kartu garansi, kamu bisa lega, karena harga aksesoris PS4 yang original masih tergolong cukup mahal, walau pun secara umum harganya sudah turun karena sudah ada PS5.

Jika semua aksesoris lengkap, ada hal lain yang perlu kamu cek, yakni keaslian aksesoris mulai dari kabel hingga joystick. Jangan sampai ada aksesoris yang ternyata sudah bukan bawaan (buatan pihak ketiga).

12. Cek GamePad dan PS4

Bila memungkinkan, cobalah untuk mengecek semua bagian PS4 dan GamePad. Pastikan kedua komponen ini bisa bekerja dengan baik. Untuk konsol, cek bagian-bagian penting, mulai dari fisik luar, tiap port, BD Drive dan lain-lain.

Sekali lagi, pastikan semua bagian tersebut bisa bekerja dengan baik. Bila ada bagian yang rusak, sebaiknya urungkan niat untuk membeli PS4 bekas bila ada bagian yang rusak.

Pasalnya, belum tentu biaya perbaikannya murah. Untuk GamePad, pastikan komponen ini bisa tersambung dengan baik. Pastikan juga setiap tombol bekerja dengan baik.

Harga PS4 Semua Tipe

tips membeli ps4

Setiap tipe PS4 akan mempengaruhi harga PlayStation 4 itu sendiri, misalnya harga PlayStation 4 dan PlayStation 4 Slim, akan sangat berbeda dengan harga PlayStation 4 Pro yang jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan dua tipe PS4 tersebut.

Harga PlayStation 4 menjadi yang termurah, karena menjadi varian pertama yang dirilis Sony. Untuk harga PS4 saat ini masih berada di kisaran Rp 3-4 juta.

Kemudian harga PlayStation 4 Slim sekarang bisa dibeli dengan rentang harga Rp 4-5 jutaan. Yang paling mahal adalah harga PlayStation 4 Pro yang dibanderol pada kisaran Rp 6-7 jutaan. 

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar harga baru PS4 yang ada di pasaran saat ini.

Tipe PS4 Harga PS4
SONY PlayStation 4 500GB Rp 2-3 jutaan
SONY Playstation 4 Slim 500GB Rp 3-5 jutaan
SONY PlayStation 4 Pro 1TB Rp 5-7 jutaan
SONY Playstation 4 Party Bundle Rp 4 jutaan
SONY Playstation 4 Slim Party Bundle Rp 4-6 jutaan
SONY Playstation 4 Pro 1 TB Party Bundle Rp 6-8 jutaan
SONY PlayStation 4 FIFA 20 Bundle Rp 3-4 jutaan
SONY PS4 Slim 1 TB Mega Pack 2 Rp 4-6 jutaan
SONY PS4 Slim 1 TB Starter Pack Rp 6-7 jutaan

Semoga dengan tips membeli PlayStation 4 bekas ini, kamu menjadi lebih paham akan apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli PS4 bekas, ya. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1239 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.