Diperbaharui pada Jumat, 26 November 2021 | 15:15
Cara Menggunakan Windows 10 untuk Pemula

cara menggunakan windows 10 untuk pemulaFoto: Set As Wall

Windows 10 adalah salah satu sistem operasi Microsoft yang paling populer selain WIndows 7. Walau pun sekarang sudah ada Windows 11, namun masih banyak pengguna PC dan laptop yang belum mau mengganti sistem operasi Windows 10 pada perangkatnya.

Kemudahan penggunaan dan banyaknya fitur menjadi keunggulan dari Windows 10, sehingga sistem operasi ini pun masih digunakan pada komputer dan laptop jadul.

Dengan segala kelebihannya tersebut, tentunya masih ada orang yang belum familiar dengan Windows 10, kemungkinan orang tersebut lebih terbiasa dengan Windows 7. Nah, bagi Anda yang baru pertama kalinya menggunakan WIndows 10, berikut panduannya.

1. Cara Akses Windows Lebih Cepat

cara menggunakan windows 10 untuk pemula

Untuk menggunakan Windows 10 dengan lebih cepat, Anda bisa menggunakan fitur gesture pada touchpad. Untuk memastikannya, masuk ke Settings > Change PC Settings > PC and Device > Mouse and touchpad.

Pastikan fitur Gesture pada laptop sudah aktif. Untuk mengetahui apakah fitur ini sudah aktif dan bisa dipakai, maka Anda akan menemukan tulisan “your PC has a precision touchpad.”

Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa mencoba swipe tiga jadi ke atas untuk melihat task view. Tiga jari swipe ke bawah untuk melihat desktop, tiga jari ke kanan atau ke kiri untuk masuk ke halaman berikutnya atau aplikasi lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan gerakan lain seperti men-tap tiga jari pada touchpad, dimana gerakan ini akan mengaktifkan fitur pencarian Cortana secara otomatis.

2. Cara Memindahkan Windows ke Kiri atau Kanan Layar

cara menggunakan windows 10 untuk pemula

Langkah ini membuat window (jendela) yang Anda buka, memisahkan diri ke kanan atau ke kiri layar. Fitur ini sangat bermanfaat bagi Anda yang kerap menggunakan laptop atau komputer untuk beberapa aktivitas berbeda.

Untuk meangaksesnya, Anda hanya perlu menekan tombon Windows yang memiliki simbol jendela, lalu tekan panah kiri atau kanan untuk memindahkan jendela yang terbuka di layar dengan cepat.

Tidak hanya 2 jendela yang bisa Anda pisahkan, namun hingga 4 jendela berbeda sekaligus. Fitur ini sangat berguna untukmelakukan multitasking.

3. Cara Berpindah Jendela dengan Cepat

cara menggunakan windows 10

Untuk berpindah dari satu jendela ke jendela aktif lainnya pada laptop atau PC, Anda bisa menekan tombol ALT+Tab atau tombol Windows+Tab untuk mengaktifkan fiturnya.

Dengan melakukan ini maka akan membuka semua Windows pada layar dengan tampilan thumbnail. Tekan Tab secara berulang untuk berpindah jendela, lalu lepaskan tombol Tab untuk membuka jendela yang dipilih.

4. Cara Membuat Virtual Desktop di Windows 10

cara menggunakan windows 10 untuk pemula

Fungsi virtual desktop di Windows 10 ini adalah untuk memberikan Anda desktop lain sesuai kebutuhan. Misal, desktop untuk kerja dan desktop untuk keperluan pribadi.

Anda bisa membuat 4 virtual desktop sekaligus di Windows 10. Untuk mengaktifkan virtual desktop, Anda cukup menekan Ctrl+Windows+D. Untuk menghapus virtual desktop, Anda cukup menekan tombol Windows+Ctrl+F4

5. Cara Mengaktifkan Hey Cortana

cara menggunakan windows 10 untuk pemula

Kalau Anda mengucap Hey Cortana dan sistem tidak merespon, berarti fitur tersebut belum aktif, adan Anda bisa menyalakannya dengan cara masuk ke Settings > Cortana and Search.

Anda bisa mengaktifkan fitur Cortana pada pengaturan ini. Namun saran kami, jangan selalu mengaktifkan Cortana setiap Anda menggunakan laptop tanpa kabel, karena akan sangat boros baterai.

6. Cara Menonaktifkan Fitur Update Windows

cara menggunakan windows 10 untuk pemula

Salah satu keunggulan Windows 10 bila dibanding dengan sistem operasi Windows generasi sebelumnya adalah adanya fitur update yang akan berjalan secara otomatis.

Namun keunggulan ini kadang bisa juga menjadi tidak menguntungkan karena akan mengganggu ketika kita sedang menggunakan laptop atau PC untuk bekerja.

Untuk mematikannya, Anda cukup masuk ke Settings > update and security > windows update > advanced options > chose how update are delivered dan matikan pilihannya.

7. Cara Menggunakan Ask Cortana

cara menggunakan windows 10

Bila Anda sedang browsing di internat dan menemukan sesuatu yang menarik dan Anda ingin tahu lebih jauh, klik kanan pada mouse atau touchpad pada bagian tersebut dan pilih Ask Cortana.

Nantinya, Cortana akan secara otomatis menyajikan berbagai informasi lain yang berkaitan hal tersebut. Namun sayangnya, fitur ini baru tersedia dan dapat digunakan hanya pada browser Microsft Edge.

8. Gunakan PIN untuk Akses Masuk

cara menggunakan windows 10

Windows 10 menambahkan fitur PIN sebagai proteksi untuk akses masuk ke perangkat laptop atau PC, selain dari fitur Password yang juga masih ada dan bisa dipilih oleh pengguna.

Kalau biasanya Anda menggunakan password yang mungkin menyulitkan, di Windows 10 Anda bisa menggunakan PIN yang tentunya lebih gampang diingat. Anda cukup tekan tombol Windows, ketik PIN dan klik Set up PIN sign-in lalu enter.

9. Cara Menampilkan Full Screen Start Menu

cara menggunakan windows 10 untuk pemula

Kalau Anda terbiasa menggunakan Windows 7, Windows 8 atau Windows 8.1, Anda akan menemukan full screen start menu. Nah di Windows 10 ini Anda juga bisa mengaktifkan fitur ini.

Untuk mengaktifkannya, cukup dengan cara klik tombol Windows, lalu ketik 'full screen' dan pilih 'Use Start full screen', kemudian tekan enter dan aktifkan 'Use Start full screen'.

Nah, itu dia cara menggunakan WIndows 10 untuk pemula yang sangat mudah untuk dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin belajar menggunakan Windows 10 untuk pertama kalinya, ya.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

924 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.