Cara Mengetik 10 Jari Bagi Pemula Melalui Aplikasi Seru

Oleh Arini Putrie updated Senin, 18 Mar 2019 | 17:11

Belajar cara mengetik 10 jari sekarang sangat menyenangkan. Buat Anda yang memang membutuhkan skill ini ada baiknya menjajal game mengetik 10 jari atau aplikasi mengetik 10 jari. Mendapatkannya juga mudah, silakan Googling di internet ataupun bergerilya lewat PlayStore di Android.

So, bila Anda seorang pekerja yang dekat dengan dokumen. Seperti Microsoft word, excel, dan lainnya, menambah skill mengetik sudah jadi keharusan. Terutama menyoal kecepatan yang harus dinaikkan untuk menyelesaikan beragam pekerjaan sekaligus.

Nah, bagi Anda masih mempunyai masalah dengan kemampuan teknis mengetik ini, aplikasi mengetik 10 jari bisa jadi solusi. Karena jika tidak kemampuan mengetik yang dimiliki tidak meningkat. Pekerjaan pun akan lebih lama terselesaikan.

Jika saat ini Anda masih mengetik dengan hanya memaksimalkan jari telunjuk, sudah saatnya mulai mempelajari teknik mengetik 10 jari yang akan membawa banyak keuntungan.

Aplikasi Mengetik 10 Jari dan Game mengetik 10 jari yang bisa dijajal;
Mengetik bisa menjadi hal yang kurang menyenangkan bila kamu tidak terbiasa mengetik cepat. Apalagi bila mengetik di keyboard komputer. Beberapa orang terkadang kesulitan dalam mengetahui posisi dan fungsi jari pada keyboard. Padahal bila bisa mengetik 10 jari, pekerjaan dengan alat komputer bisa cepat selesai.

Saat ini sudah banyak aplikasi mengetik 10 jari dengan cepat secara gratis yang bisa dijadikan sarana latihan. Sebelum memulai berlatih, perlu diketahui kebanyakan website dan software belajar mengetik akan mengajari teknik dasar mengetik, di mana seseorang harus mengetik dengan 10 jari tanpa melihat ke arah keyboard.

Teknik mengetik ini memang menjadi cara cepat untuk melatih kecepatan dan keakuratan. Namun, bisa juga menggunakan teknik lainnya sesuai kemampuan. Sebut saja teknik “Hunk and peck” yang memungkinkan penggunaan lima jari untuk mengetik sambil melihat keyboard.

Ada juga teknik “buffering” yang memungkinkan pengguna untuk mengingat beberapa kata sebelum mengetik kata di keyboard. Berikut ini aplikasi, game dan sofware belajar mengetik 10 jari terbaik layaknya pro yang bisa dicoba.

Aplikasi

1. Typesy

Mungkin Anda pernah mendengar software Ultimate typing? Kini software tersebut telah berganti nama menjadi Typesy. Walaupun berganti nama, tidak ada perubahan besar dalam aplikasi ini. Cukup banyak inovasi dan fitur baru untuk memudahkan belajar mengetik lebih cepat dan menyenangkan.

Pada Typessy terdapat berbagai variasi latihan mengetik yang menyenangkan. Petunjuk mengetik yang benar hingga cara mudah mengetik cepat bisa dipilih. Selain itu, aplikasi ini menyediakan video tutorial yang berisi instruksi tahap demi tahap mengetik dengan cepat.

Agar tidak membosankan, aplikasi juga menyediakan beberapa game yang berkaitan dengan mengetik. Typesy juga sudah support beberapa keyboard layouts seperti US, UK, Australian, Spanish hingga Brasil.

Download Typesy

2. Typing Instructor Platinum

 

Aplikasi belajar mengetik 10 jari dengan cepat ini menawarkan sejumlah fitur keren. Ada 20 kursus mengetik, game mengetik berkualitas tinggi, latihan mengetik yang bisa diatur dan beberapa tantangan mengetik yang seru. Aplikasi ini juga bisa digunakan sesuai skill mengetik, misal sebagai pemula atau profesional.

Hal menarik lainnya, aplikasi belajar mengetik ini menghadirkan feedback sehingga bisa mengetahui perkembangan mengetik dengan lebih mudah. Sama seperti aplikasi mengetik lainnya, bila berhasil, Anda akan mendapat sertifikat khusus.

Download Typing Instructor Platinum

3. Ultrakey

Aplikasi ini menjadi aplikasi mengetik yang cukup populer. Aplikasi ini bahkan menghadirkan update terbarunya yang membuat kinerjanya semakin baik untuk memudahkan belajar mengetik. Aplikasi ini tersedia untuk semua kalangan, baik pekerja, pelajar hingga kalangan keluarga sekalipun.

Menurut data dari aplikasi ini, Anda bisa belajar mengetik selama 20 menit sehari atau setidaknya 8 jam dengan aplikasi ini untuk mengetik layaknya pro. Dalam aplikasi Ultrakey ini terdapat berbagai pelajaran dengan instruksi yang efektif, tes mengetik yang seru dan masih banyak lagi.

Tak heran aplikasi ini digunakan di sekolah dan perusahaan. Aplikasi ini juga sudah support berbagai layouts keyboard.

5. Rapid Typing

Dengan aplikasi mengetik 10 jari Rapid Typing, Anda harus mengatur keyboard sesuai bahasa yang digunakan. Pun, jumlah huruf dan platform yang digunakan harus disesuaikan. Via  aplikasi ini, Anda bisa belajar mengetik dengan satu tangan atau dua tangan sekaligus.

Aplikasi ini bahkan dibekali kursus mengetik dasar yang lengkap. Ada juga beberapa tes yang bisa dipilih seperti beginner, Experienced , Advanced hingga testing. Aplikasi Rapid Typing sudah support 24 bahasa termasuk Inggris, Belanda hingga Spanyol.

Hadir juga dalam versi portable, sehingga kamu bisa menyimpan aplikasi portable di Flashdisk dan menggunakannya di perangkat lain dengan mudah. Aplikasi ini hadir secara gratis dan support berbagai platform.

Download Rapid Typing

5. GS Typing Tutor

Aplikasi GS Typing Tutor juga termasuk salah satu yang terpopuler untuk belajar mengetik dengan mudah. Aplikasi ini bisa digunakan diberbagai negara karena sudah support berbagai bahasa termasuk Inggris, Yunani, Jerman dan Arab. Lewat GS Typing Tutor Andak akan mendapatkan penawaran program latihan mengetik satu tangan atau dua tangan. Ada juga mode Beginner dan mode Performa yang siap melatih skill mengetik yang sudah dimiliki.

Salah satu fitur yang diandalkan aplikasi ini ialah fitur tes mengetik hingga latihan mengetik yang cukup lengkap. Aplikasi ini juga hadirkan 24 keyboard layouts termasuk QWERTY, Latin, Amerika dan Perancis. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis dan bisa digunakan hingga sistem Windows 10.

sistem Windows 10.

Download GS Typing Tutor

6. KeyBlaze

 

Dengan KeyBlaze belajar mengetik jadi menyenangkan, karena aplikasi mengetik ini cukup lengkap dan bisa digunakan semua keluarga termasuk anak-anak. Aplikasi ini akan memungkinkan untuk mengetik lebih mudah dan cepat dengan variasi tes untuk anak-anak, pemula hingga profesional.

Aplikasi ini juga menghadirkan mode latihan lengkap, game dan tes kecepatan mengetik. Aplikasi ini juga sudah support berbagai keyboard layouts.

Download KeyBlaze

7. Typing Master 10

 

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang konsisten membantu pengguna mengetik layaknya pro. Aplikasi ini support berbagai keyboard layouts US, Eropa, Kanada, Belgia hingga Perancis. Aplikasi ini juga menghadirkan berbagai tes mengetik dengan tingkat kesulitan berbeda, ada juga fitur game.

Untuk mengetes seberapa cepat ketikan dengan lebih akurat melalui aplikasi ini silakan dijajal beberapa fiturnya. Aplikasi ini hadir dalam versi berbayar dan gratis.

Download Typing Master 10

Game

8. Air Typer

Air Typer merupakan jenis game mengetik 10 jari dengan genre adventure education. Aplikasi ini berguna bagi yang doyan bermain dan mengembangkan kemampuan mengetik cepat.

Cara bermainnya mudah, tinggal menggunakan pesawat yang memiliki tugas menghancurkan pesawat musuh hanya dengan mengetik setiap tulisan atau huruf yang tertera pada badan pesawat musuh.

Download Air Typer

9. Typer Shark Duluxe

Air Typer merupakan jenis game mengetik 10 jari dengan genre adventure education. Aplikasi ini berguna bagi yang doyan bermain dan mengembangkan kemampuan mengetik cepat.

Cara bermainnya mudah, tinggal menggunakan pesawat yang memiliki tugas menghancurkan pesawat musuh hanya dengan mengetik setiap tulisan atau huruf yang tertera pada badan pesawat musuh.

Download Typer Shark Duluxe

10. Z-Type

mengetik 10 jari

Z-Type adalah sebuah game flash ringan yang dapat dimainkan lewat browser. Misinya masih hampir sama seperti Air Typer dan Typer Shark Duluxe, yaitu menghancurkan pesawat asing dengan mengetikan huruf.

Setiap huruf yang diketik akan menembakan peluru ke musuh, akan tetapi satu pesawat musuh dapat mengandung sebuah kata yang panjang. Game ini cukup direkomendasikan bagi yang ingin belajar mengetik 10 jari.

download Z-Type

Software

11. 10 Fast Fingers

10 Fast Fingers

10 Fast Fingers adalah situs yang bisa digunakan untuk mengetes sampai sejauh mana kemampuan mengetik 10 jari kamu. Di 10 Fast Fingers, kamu akan disuguhkan beberapa kata yang harus dietik. Kemudian 10 Fast Fingers akan menyajikan nilai yang telah didapatkan dari hasil tes tersebut.

Penilaian sendiri akan didasarkan pada berapa hasil kata yang bisa diketik permenit. 10 Fast Fingers juga tersedia dalam banyak bahasa seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan lainnya.

12. Typing.com

mengetik 10 jari

Typing.com merupakan sebuah situs online yang menawarkan kursus online untuk mengetik dengan 10 jari. Program-program yang diberikannya juga mudah untuk diikuti sehingga Anda dapat menguasainya secara perlahan.

Manfaat Mengetik 10 Jari

mengetik 10 jari
ada banyak manfaat mengetik dengan 10 jari via strmer.net

Manfaat mengetik dengan 10 Jari diantaranya adalah:

  • Pekerjaan dengan komputer bisa lebih cepat selesai
  • Cepat mengerjakan tugas sekolah dan kampus
  • Membuat konten artikel dengan cepat
  • Lebih efesien waktu
  • Mudah membuat buku
  • Gampang mencari pekerjaan

Teknik Mengetik 10 Jari yang Perlu Diketahui


mengetik 10 jari via caraspot

a. Tugas Jari Tangan Kanan

  • Jari telunjuk: Untuk menekan tombol huruf : J, H, U, Y, M, N, 7, dan 6
  • Jari tengah : Untuk menekan tombol huruf : K, I, koma (,), tanda lebih kecil (<), dan 8 atau tanda bintang (*)
  • Jari Manis : Untuk menekan tombol huruf L, O, 9 atau tanda kurung kiri ( ( ), dan titik (.) atau tanda lebih besar (>), serta Alt
  • Jari Kelingking : Untuk menekan tombol keyboard di sebelah kanan, selain dari yang telah disebutkan di atas, mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku ( { } / [ } ), garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya ( ? ) atau tanda miring (/), klik kanan (tanda seperti dokumen), Shift, dan Ctrl kanan.
  • Jari jempol : Untuk menekan tombol spasi. Khusus yang ini baru digunakan kalau salah satu dari jari kiri yang terakhir kali menekan tombol. Jadi simpelnya jari jempol kerjanya dibuat bersilang dengan jempol kiri.

b. Tugas Jari Tangan Kiri

  • Jari telunjuk : Untuk menekan tombol huruf F, R, V, G, T, B, angka 4, dan 5.
  • Jari tengah : Untuk menekan tombol huruf D, E, C, dan angka 3.
  • Jari manis : Untuk menekan tombol huruf S, W, X, dan 2.
  • Jari kelingking : Untuk menekan tombol A, Q, Z, 1, Alt dan selain yang disebut, di ayas yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol jendela atau Windows.
  • Jari jempol : Untuk menekan tolmbol spasi. Rumusnya, bila jari di tangan kanan yang terakhir menekan tombol, maka setelahnya kita bisa menekan jempol kiri ini dan sebaliknya.

c. Aplikasi, Game, dan Praktek Online yang Perlu Diketahui

Sebenarnya ada banyak contoh aplikasi, game, atau situs praktik mengetik 10 jari online yang bisa digunakan saat ini. Tapi Kami memberikan satu contoh yaitu bila kamu mengunjungi situs typing.com, sejak pertama kali masuk kita akan disuguhi langsung sejumlah pilihan  latihan yang menarik.

Karena latihan ini disesuaikan banget dengan kebutuhan berbagai tingkat kemampuan, mulai dari Beginner, Intermediate, dan Advance.

Video Mengetik 10 Jari dengan Benar


cara mengetik 10 jari yang benar via youtube.com

Hal yang harus diperhatikan:

  • Pada saat ingin mengetik menggunakan sepuluh jari, mulailah dengan meletakkan dua jari telunjuk pada dua huruf yang ada tonjolannya yaitu F dan J. Jari telunjuk kiri pada huruf F dan jari telunjuk kanan pada huruf J. Hal ini berguna agar fungsi dan tugas tiap jari yang sudah dihafalkan pas dan tidak salah saat menekan tombol keyboard.
  • Tanda pada huruf F dan J juga berguna agar setelah tangan diangkat atau pindah karena menekan tombol yang jauh seperti Enter dan lainnya. Maka kita bisa dengan mudah mengembalikannya ke posisi awal hanya lewat meraba, tanpa menatap keyboard sama sekali.

Bisa Mengetik 10 Jari Banyak Manfaatnya

Dengan mengetahui cara mengetik 10 jari, akan ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan. Salah satunya adalah kita bisa bekerja lebih cepat, terutama bagi orang-orang yang selalu banyak bekerja di depan komputer. Selain itu, kita juga akan dianggap punya skill yang lebih baik.

 

Artikel Lainnya

Komentar