Diperbaharui pada Rabu, 6 September 2023 | 14:50

12 Action Cam Full HD Harga Murah

action camera harga murah

Sedang merencanakan sebuah liburan untuk akhir tahun, atau sekedar menikmati ngabuburit saat puasa nanti dengan mengabadikan momen diluar rumah sambil bersepeda?

Apapun jenis liburan dan kegiatan kamu, sebuah action camera tak boleh lepas dari tangan. Rugi dong kamu sudah jauh-jauh dan mahal-mahal buat liburan namun nggak mengabadikannya.

Sebuah action camera adalah yang paling cocok jika kamu berencana menghabiskan liburan kamu dengan kegiatan ekstrim seperti panjat tebing, selancar, tracking di hutan, menyelam atau bahkan ski.

Ada beberapa macam merk dan jenis action camera yang bisa kamu gunakan untuk merekam semua aktivitas liburan kamu ataupun untuk mengambil foto. Pricebook telah memilihkan kamu beberapa action camera  terbaik untuk liburan kali ini, check this out!

GoPro HERO4 Black

GoPro HERO jelas paling direkomendasikan untuk liburan kali ini. Kamera GoPro memang sudah terkenal paling bandel dan juga paling lengkap fiturnya.

Tak hanya tahan air, tahan goncangan, namun GoPro akan menjadi kamera yang paling tahan terhadap kondisi paling ekstrim dibandingkan kamera aksi yang lain.

GoPro HERO4 mampu merekam dengan resolusi 4K, namun tentunya ada pilihan resolusi yang sedikit lebih rendah agar baterai awet.

Selain video, kamera ini juga mampu menangkap foto dengan resolusi 12MP. Fitur-fitur yang ada pada kamera ini antara lain adalah setting untuk white balance, image sharpness, dan juga pengaturan ISO.

Tak hanya itu HERO4 juga mampu terhubung ke perangkat lain seperti iOS, Android, dan Windows dengan sangat mudah berkat konektivitas WiFi, USB, microHDMI dan slot memory card hingga 64GB.

Untuk baterai, dalam penggunaan standar, HERO4 mampu dipergunakan hingga 3 jam dalam sekali charge.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk HERO4 Black Edition
Camera Resolution 8 MP
Video Resolution 3840x2160, 2704x1520, 1920x1440, 1920x1080, 1280x960, 1280x720, 848x480
Max Resolution 4000 x 3000 Pixels
Screen Size -
Screen Resolution -
Dimension 59 x 41 x 29 mm
Weight 84 g
Battery Life 185 mins
Tabel dapat digeser kiri atau kanan  

Garmin VIRB Elite

Action camera merk Garmin juga salah satu yang direkomendasikan oleh Pricebook. Kenapa? Karena Garming VIRB Elite ini mampu merekam video dengan resolusi full HD 1080p dan punya baterai dengan daya tahan sebanding HERO4, yaitu 3 jam.

Garmin melengkapi video ini dengan built-in low powered viewfinder sehingga tak saja mudah mendapatkan fokus pada objek namun juga menghemat baterai. Untuk mode pengambilan foto kamera ini bisa menangkap objek foto dengan resolusi hingga 16MP.

Garmin VIRB Elite  juga punya built-in GPS yang bisa memberikan data lokasi pada video dan foto yang diambil serta berbagai mode perekaman cerdas yang merekam secara detail tanpa blur saat kamu bergerak cepat seperti saat menuruni bukit dengan sepeda dan berhenti merekam saat kamu tenang atau hanya sedikit bergerak.

Dilapisi dengan lapisan tahan air dan tahan guncangan, kamu bisa membawa kamera ini untuk beraksi di mana saja dan kapan saja.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk VIRB Elite
Camera Resolution 16 MP
Video Resolution -
Max Resolution -
Screen Size -
Screen Resolution -
Dimension 53.0 x 32.0 x 111.0 mm
Weight 176 g
Battery Life -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

SJCAM SJ4000

Action camera yang ini tergolong agak murah, namun jangan ragukan kualitasnya karena ia mampu merekam dengan resolusi hingga 1080p, foto 12MP, dan punya sudut lensa 170 derajat sehingga luas area yang bisa direkam semakin luas.

Untuk menyimpan semua foto dan video yang telah kamu buat, ada slot memori yang mampu menampung hingga 32GB. Sebagai sebuah action camera, SJ4000 juga anti air, ada pula housing untuk menyelam.

Yang paling menarik adalah baterai yang removable, sehingga walau daya tahan baterai hanya 100 menit pada posisi WiFi OFF, namun kamu bisa mengganti baterai kosong dengan yang sudah terisi sehingga keasyikan kamu tak akan terputus.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk SJ4000 Wi-Fi
Camera Resolution 12 MP
Video Resolution 1080p, 720p, 480p
Max Resolution 4000 x 3000 Pixels
Screen Size 1.5 Inch
Screen Resolution 960 x 240 pixels
Dimension 41 x 24.7 x 60 mm
Weight 84 g
Battery Life -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

iON Air Pro 3

Action Camera dengan konsep sederhana ini mampu merekam video dengan kualitas 1080p pada 60fps dan menangkap objek foto dengan resolusi 12MP.

Kamu bisa melakukan perekaman dengan hanya menggeser sebuah tombol yang akan bergetar sesaat menandakan proses perekaman telah dimulai.

Menariknya, Air Pro 3 punya microphone anti air sehingga kamu bisa merekam suara di bawah air dan tak lupa ada fitur anti berisik yang mengurangi noise atau suara berisik saat perekaman.

Sony FDR-X1000V 4K

Sony menghadirkan action camera dengan fitur perekaman 4K yaitu FDR-X1000V. Kamera ini sangat keren karena Sony membekalinya dengan lensa ZEISS dan Steady Shot System yang membuat perekaman dan foto menjadi 3x lipat lebih stabil dari action camera Sony sebelumnya.

Seperti action camera lain, FDR-X1000V ini dibekali dengan housing anti air, fitur noise reduction, microHDMI, micro USB dan juga slot memory card.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk FDR-X1000VR
Camera Resolution 8.8 MP
Video Resolution -
Max Resolution 3952 x 2224 Pixels
Screen Size -
Screen Resolution -
Dimension 24.4 x 51.7 x 88.9 mm
Weight 114 g
Battery Life -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Mobius HD ActionCam

Mobius menghadirkan action cam yang disebut sebagai budget camera dengan kemampuan merekam 1080p namun dengan ukuran yang sangat kecil, yaitu hanya 2 inci panjangnya, sehingga sangat pas untuk ditempelkan pada Drone.

Baterainya mampu bertahan selama dua jam dan ada slot MicroSD sebagai penyimpan data.

Replay XD Prime X

Salah satu alasan kenapa Pricebook merekomendasikan Replay XD Prime X adalah kapasitas baterainya yang besar yaitu 1.700mAh yang mampu menghidupkan kamera selama 3,5 jam.

Kemampuan yang dimiliki action camera ini antara lain adalah mode perekaman full HD 1080p, foto 16MP dan tersedia 20 macam setting untuk perekaman dan foto yang bisa dipilih.

Tak lupa ada fitur pengurang noise yang disebabkan angin, anti air, dan berbagai output video. Tersedia juga housing dengan material alimunium.

iVue Horizon

Jika semua action camera bisa diletakan di berbagai macam permukaan dengan aksesoris mounting, bisa dimasukkan ke dalam housing untuk dibawa menyelam, maka iVue Horizon diletakkan pada sebuah kacamata tahan benturan dan polarisasi.

Action camera ini mampu merekam video dengan resolusi 1080p dan foto 5MP yang disimpan pada microSD dengan kapasitas 32GB. Baterainya mampu menghidupkan kamera selama 1,5 jam dan bisa diaktifkan hanya dengan menyentuh satu tombol saja.

HTC Re Camera

HTC ternyata juga mengeluarkan produk action camera yang mampu merekam video dengan resolusi 1080p dan foto 16MP.

Pengoprasiannya juga sangat mudah hanya menekan sebuah tombol secara singkat untuk fungsi fotodan menekan agak lama untuk mode video.

Dengan perlindungan anti air, HTC Re Camera bisa juga dipergunakan untuk memfilmkan dengan gerak lambat.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk RE Action Camera
Camera Resolution 16 MP
Video Resolution 1920 x 1080
Max Resolution -
Screen Size 1 Inch
Screen Resolution -
Dimension -
Weight -
Battery Life -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Xiaomi Yi

Xiaomi tak hanya bermain dirana smartphone, tetapi ikut juga merambah ke action camera dengan menghadirkan Xiaomi Yi.

Kamera mungil ini hadir dengan resolusi kamera 16MP dengan kapasitas memori hingga 64 GB. Kapasitas baterai yang diusungnya sebesar 1010 mAh.

Dengan berbekal asesoris anti air, Xiaomi Yi juga bisa digunakan untuk merekam video di bawah air.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk Yi 1080p
Camera Resolution 16 MP
Video Resolution -
Max Resolution 1920 x 1080 Pixels
Screen Size -
Screen Resolution -
Dimension 80 x 114 x 32 mm
Weight 135 g
Battery Life -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Brica Action Camera

Brica sudah terkenal dengan berbagai produk kameranya yang berkualitas. Sekarang Brica juga mencoba untuk merambah pasar action camera dengan memproduksi Brica B-Pro 5, salah satu action camera terbaik mereka.

Brica B-Pro 5 ini bahkan dibandingkan dan disandingkan denganGoPro HERO4 Silver. Jika ingin tahu perbandingan kekuatan mereka, kamu bisa baca artikel Brica B-Pro5 Alpha Vs GoPro Hero4 Silver.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk B-Pro 5 Alpha Edition Mark II
Camera Resolution 16 MP
Video Resolution 1080p, 720p, 480p
Max Resolution 3200 x 1800 Pixels
Screen Size 2 Inch
Screen Resolution 960 x 240 pixels
Dimension 60 x 41 x 22 mm
Weight -
Battery Life 100 mins
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Rollei Actioncam 400

Yang terakhir adalah Rollei Actioncam 400. Action camera ini bisa dikontrol melalui sebuah ponsel Android atau iOS dengan kemampuan merekam video 1080p dan foto 3MP.

Yang menarik, action camera ini mampu dibawa merekam dibawah air hingga kedalaman 40 meter. Namun baterainya hanya mampu bertahan selama 75 menit saja.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1665 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.