Diperbaharui pada Kamis, 26 Agustus 2021 | 13:05

3 Cara Merekam Layar Hp Paling Mudah di 2021

Cara merekam layar hp
Teknologi hp terus berkembang dan semakin memudahkan aktivitas kita. Selain screenshot, kini kita bisa merekam layar hp dengan mudah, baik untuk Android maupun iPhone.

Tapi jangan salah, merekam layar hp itu berbeda dari screenshot. Jika screenshot hasilnya berupa gambar, sedangkan merekam layar hasilnya berformat video, jadi hasilnya terlihat lebih nyata.

Kamu bisa merekam percakapan saat melakukan video call atau merekam tutorial langsung dari layar hp. Yang menarik, kamu juga bisa merekam skill game untuk di share ke Facebook atau Instagram.

Cara merekam layar hp ini cukup mudah kok. Ada dua cara rekam layar yang bisa dilakukan, yaitu dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Daripada penasaran, Pricebook akan berikan langkah-langkah untuk merekam layar.

Yuuk langsung simak cara merekam layar hp dibawah ini.

Cara Merekam Layar Hp Android

merekam layar hp android
Di hp Android dengan OS Android 9 ke atas, sudah terdapat fitur Screen Recorder yang terintegrasi. Untuk merekam layar, kamu cukup aktifkan fitur ini dan tidak perlu menginstal aplikasi apapun.

Berikut cara merekam layar hp Android :

1. Buka bilah panel dengan men-swipe layar dari atas ke bawah

2. Cari ‘Screen Recorder’ atau perekam layar lalu sentuh hingga ikon berwarna biru

3. Akan muncul menu baru (setiap merk hp berbeda menu)

4. Pilih rekam layar dengan ikon titik merah dan sentuh kembali untuk mengentikan perekaman

5. Cek ‘gallery’ untuk melihat hasilnya 

Tapi yang harus diingat, cara merekam layar hp diatas berlaku untuk hp Android 9 ke atas dan berbeda setiap merk hp. Khusus untuk hp Samsung harus dengan software terbaru yaitu One UI 2.0 atau diatasnya. 

Begitu juga hp Xiaomi, setidaknya sudah menggunakan MIUI 9 atau diatasnya. 

Cara Merekam Layar Hp iPhone

Cara Merekam Layar iPhoneSebelumnya, untuk merekam layar iPhone diperlukan aplikasi pihak ketiga. Namun setelah iOS 11, Apple telah menambahkan fitur perekaman layar tanpa harus install aplikasi.

Berikut cara merekam layar hp iPhone :

1. Masuk ke Settings > Control Center> Customize Controls

2. Pilih ikon (+) untuk menambahkan Screen Record di Control Center

3. Buka Control Center (swipe dari bawah layar)

4. Pilih dan tekan agak lama Screen Record, pilih Michrophone

5. Ada jeda waktu tiga detik sebelum perekaman

6. Di bagian atas layar akan muncul bar merah sebagai notifikasi jika perangkat sedang merekam

7. Jika ingin berhenti merekam, pilih bar merah di atas layar lalu pilih Stop. Proses perekaman layar selesai dan hasilnya tersimpan di galeri.

Yang harus diperhatikan dari cara merekam layar iPhone di atas hanya berlaku untuk perangkat Apple yang sudah menjalankan iOS 11 atau versi lebih baru.

Cara Merekam Layar Hp dengan Aplikasi

cara merekam layar

Jika hp kamu tidak bisa menggunakan cara rekam layar diatas, mungkin bisa mencoba menginstal aplikasi perekam layar yang banyak tersedia di Play Store maupun Apps Store.

Salah satu aplikasi perekam layar yang Pricebook coba adalah Xrecorder. Selain gratis, aplikasi ini juga sangat mudah digunakan untuk merekam layar hp.

Berikut cara merekam layar hp menggunakan aplikasi :

1. Instal aplikasi Xrecorder dari inShot Inc (pilihan aplikasi tergantung selera)

2. Ikuti semua petunjuk yang ada di layar

3. Untuk memulai merekam layar, klik tombol bulat merah

4. Tunggu 3 detik hingga siap merekam

Untuk berhenti merekam, usap bagian atas layar ke arah bawah hingga muncul bar Xrecorder. Lalu pilih tombol stop untuk menghentikan perekaman. Hasilnya akan langsung tersimpan di memori hp.

Yang harus diingat, cara merekam layar hp berbeda tiap aplikasi. Dan kami memilih Xrecorder karena aplikasi ini muncul paling atas dan memiliki rating yang bagus dari pengguna.

Itulah cara merekam layar hp yang bisa dilakukan dengan atau tanpa harus menginstal aplikasi. Kini, kamu sudah bisa pamer kemampuan gaming kamu ke orang lain.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2015 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.